10 Film Natal Paling Ikonik yang Bisa Ditonton Bareng Keluarga

Masa liburan Natal biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Salah satu kegiatan untuk dilakukan bersama orang-orang tercinta tentu saja dengan menonton film bareng-bareng. Penasaran dengan filmnya? Berikut ini rekomendasi 10 film bertema Natal yang cocok ditonton bersama keluarga.

film natal paling ikonik
Film Natal Paling Ikonik

Rekomendasi 10 Film Natal

1. Home Alone (1990)

Seri film Home Alone tentu saja tak boleh dilewatkan setiap masa liburan. Inti ceritanya adalah Kevin, seorang bocah delapan tahun yang ditinggal sendirian di rumahnya, harus menghadapi dua pencuri bernama Harry dan Marv.

‘Latah’ dengan kesuksesan film pertama, Home Alone dibuatkan sekuelnya bahkan hingga film kelima meski dengan karakter dan aktor berbeda. Ayo ngaku, siapa nih yang sudah pernah menonton Home Alone lebih dari dua kali?

Baca juga ya: Film Kanibal Paling Seram

2. The Polar Express (2004)

Film animasi petualangan garapan sutradara Robert Zemeckis ini diadaptasi dari buku anak-anak berjudul sama yang terbit pada 1985. The Polar Express bercerita seorang anak laki-laki yang diundang naik kereta untuk mengunjungi Santa Claus di Kutub Utara.

Dibuat dengan teknik live-action yang dikolaborasikan dengan animasi, The Polar Express menelan biaya pembuatan hingga triliunan rupiah dan menjadi salah satu film termahal saat itu.

3. The Nightmare Before Christmas (1993)

Film stop motion ini merupakan film bertema Natal tapi dengan sentuhan fantasi gelap. Tak mengherankan, karena The Nightmare Before Christmas digarap oleh sutradara nyentrik, Tim Burton.

Jack Skellington, Raja di ‘Halloween Town’, nyasar ke ‘Christmas Town’ dan menjadi terobsesi untuk merayakan natal. Komposer kenamaan Danny Elfman menulis sejumlah lagu dan bahkan mengisi suara untuk si tokoh utama.

4. Klaus (2019)

Film animasi 2D yang dirilis di Netflix ini berkisah tentang plot alternatif dari asal mula Santa Claus dan bersetting di abad 19. Seorang petugas pengantar surat berteman dengan pembuat mainan anak-anak bernama Klaus.

Klaus menuai respons positif dan bahkan memenangkan kategori film animasi terbaik di British Academy Film Awards. Film yang dibintangi JK Simmons dan Rashida Jones ini juga menjadi film animasi pertama buatan Netflix yang masuk nominasi Oscar.

Baca juga ya: Film Jackie Chan Terbaik dengan Rating Tertinggi

5. Elf (2003)

Elf adalah film komedi Natal yang disutradarai Jon Favreau serta dibintangi Will Ferrell dan Zoeey Deschanel. Film ini berpusat pada sosok Buddy, seorang manusia yang diadopsi dan dibesarkan oleh para peri Santa.

Buddy lalu berpetualang ke Kota New York untuk bertemu ayah biologisnya sambil menebarkan semangat Natal. Film ini kerap disebut sebagai film Natal terbaik sepanjang masa.

6. A Christmas Carol (2009)

A Christmas Carol barangkali adalah kisah Natal yang paling populer hingga dibuatkan sejumlah film dan animasi serta serial televisi bertema sama. Film yang versi 2009 berformat animasi 3D buatan Robert Zemeckis.

A Christmas Carol diangkat dari novela klasik karya Charles Dickens yang diterbitkan 1843 silam. Di versi ini, ceritanya agak sedikit gelap. Jim Carrey berperan sebagai Ebenezer Scrooge, seorang pengusaha tua yang tak suka merayakan Natal. Ia lalu dihantui oleh tiga sosok arwah yang mengajaknya keluar dari kehidupan yang menyedihkan.

7. The Grinch (2018)

Film ini juga merupakan adaptasi dari kisah klasik terbitan 1957 berjudul How the Grinch Stole Christmas! karangan Dr. Seuss. The Grinch juga sudah banyak dibuatkan versi filmnya dan ini adalah yang versi terbaru.

The Grinch yang dibintangi Benedict Cumberbatch dan Pharell Williams ini menceritakan Grinch dan anjingnya bernama Max yang berencana untuk merusak perayaan Natal di Whoville dengan mencuri seluruh kado dan dekorasi kota tersebut.

8. It’s A Wonderful Life (1946)

It’s Wonderful Life cocok buat kamu yang gemar menonton film-film jadul. Film drama fantasi ini digarap oleh Frank Capra, berdasarkan booklet The Greatest Gift yang terbit tiga tahun sebelumnya.
James Stewart berperan sebagai George Bailey, pria yang menyerahkan mimpinya demi membantu orang lain dan berniat bunuh diri di malam Natal. Namun rencananya itu diusik oleh malaikat penjaganya, Clarence Odbody.

Baca juga ya: 10 Serial Seru Buatan Marvel Studios Ini Bakal Hadir di Disney+

9. Last Christmas (2019)

Last Christmas tak boleh dilewatkan oleh para pencinta film komedi romantis. Last Christmas dibuat berdasarkan lagu Natal populer berjudul sama, film ini berpusat pada seorang karyawan toko Natal (Emilia Clarke) yang menjalin hubungan dengan pria misterius (Henry Golding).

10. Jingle Jangle: A Christmas Journey (2020)

Film Natal terbaru buatan Netflix ini memiliki jajaran aktor keren seperti Forest Whitaker, Keegan-Michael Key, hingga Anika Noni Rose. Jingle Jangle bercerita tentang seorang pembuat mainan nyentrik bersama cucunya serta penemuan ajaib yang memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan mereka selama-lamanya.

Itu dia 10 film Natal pilihan Infodong.id. Mana nih yang mau kamu tonton duluan? Tulis di kolom komentar ya!

Penulis: AM
Editor: AD

Check Also

Film Leonardo DiCaprio Titanic (1997)

10 Film Leonardo DiCaprio Terbaik yang Harus Kamu Tonton

Salah satu aktor terbaik dalam beberapa dekade belakangan, nama Leonardo DiCaprio menjadi jaminan suksesnya film-film …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *