Home Film 10 Rekomendasi Film Horor Korea Terbaik Paling Seram

10 Rekomendasi Film Horor Korea Terbaik Paling Seram

674

Ada banyak sekali rekomendasi film-film horor Korea yang bisa ditonton bersama teman maupun keluarga untuk mengisi waktu luang, yuk simak ulasannya.

Industri hiburan Korea Selatan memang sangat sukses. Tak hanya terkenal dengan K-Pop dan K-Drama, industri film Negeri Ginseng juga sama terkenalnya.

Banyak sineas asli Korea yang sukses di Hollywood. Bahkan beberapa film Korea juga dilirik untuk dibuatkan reboot-nya di Hollywood. Apalagi dalam genre film horornya.

Industri perfilman Korea seperti tak pernah kehabisan ide untuk menakut-nakuti para pencinta film horor. Hantu-hantuan, monster, pembunuh kejam, hingga zombie siap memberikan Anda mimpi buruk.

Penasaran dengan film-film horor Korea tersebut? Inilah rekomendasi sepuluh film horor Korea paling seram yang sangat menegangkan, sekaligus membuat merinding dan deg-degan.

10 Film Horor Korea Terseram

1. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Film horor Korea, Gonjiam Haunted Asylum (2018).
Film horor Korea, Gonjiam Haunted Asylum (2018).

Jika Anda penggemar berat jenis horor seperti Paranormal Activity, Gonjiam adalah tontonan yang pas banget buat Anda. Dikemas dengan gaya found footage, film ini berkisah tentang sekelompok kru yang mengunjungi gedung bekas rumah sakit jiwa yang terlantar.

Dirangkum dari berbagai sumber, dahulunya rumah sakit jiwa ini adalah untuk menangani pasien dengan gangguan jiwa dan juga tentara yang mengalami depresi. Menurut cerita masyarakat setempat, rumah sakit jiwa Gonjiam dicap sebagai tempat terseram dan terangker di Korea Selatan.

Dilansir dari idntimes, Gonjiam sendiri terletak di kota Gwangju yang merupakan salah satu kota terbesar di Korea Selatan dan didirikan pada tahun 1950an. Rumah Sakit jiwa ini berada di wilayah perbukitan serta dikelilingi oleh hutan lebat. Pada tahun 1996 yang lalu, rumah sakit ini resmi di tutup.

Buat Anda yang ingin menonton film ini disarankan untuk tidak menonton sendirian, karena pastinya bikin deg-degan dan menegangkan sekali. Yakin masih berani untuk menontonnya? Trailernya aja serem banget.

Judul: Gonjiam: Haunted Asylum (2018)
Tanggal Rilis: 29 Mei 2018 (Indonesia)
Rating: 6.3 di IMDb
Durasi: 1 jam 35 menit
Genre: Horor

2. The Wailing (2016)

The Wailing (2016) merupakan rekomendasi film horor Korea yang wajib Anda tonton.
The Wailing (2016) merupakan rekomendasi film horor Korea yang wajib Anda tonton.

Film ini bisa disebut salah satu film horor tersukses Korea dengan pendapatan 50 juta dolar AS dan mendapat rating nyaris sempurna, yakni 9,9 di Rotten Tomatoes. The Wailing berkisah tentang sebuah pedesaan di gunung yang warganya terkena penyakit misterius dan mematikan. Seorang polisi setempat pun harus bekerja sama dengan dukun untuk mengusir penyakit aneh ini.

Filmnya mungkin akan terlihat sedikit aneh buat beberapa dari Anda karena temanya yang tak biasa. Anda mungkin bisa mencari beberapa bacaan penjelasan untuk memahami maksud dari film ini. Pasalnya, setelah selesai menonton, dijamin Anda pasti akan kepikiran terus.

Judul: The Wailing (2016)
Tanggal Rilis: 3 Juni 2016 (Amerika)
Rating: 7.5 di IMDb
Durasi: 2 jam 36 menit
Genre: Horor, Misteri, Thriller

3. Thirst (2009)

Film horor Korea, Thirst (2009).
Film horor Korea, Thirst (2009).

Jika Anda suka film horor dengan sentuhan erotika, Thirst wajib masuk dalam daftar tontonan Anda. Film garapan sutradara terkenal Park Chan-wook ini terinspirasi dari sebuah novel berjudul Therese Raquin karangan Emile Zola. Thirst menampilkan sosok seorang pastur yang jatuh cinta dengan istri temannya sendiri. Tenang saja, ini bukan sekadar film drama ya. Soalnya, si pastur berubah menjadi vampir karena kegagalan eksperimen medis!

Judul: Thirst (2009)
Tanggal Rilis: 30 April 2009 (Korea Selatan)
Rating: 7.1 di IMDb
Durasi: 2 jam 14 menit
Genre: Drama, Fantasi, Horor

4. The Host (2006)

Film horor Korea, The Host (2006).
Film horor Korea, The Host (2006).

The Host adalah rekomendasi horor yang cocok buat para penggemar monster. Ditambah dengan penceritaan yang mengerikan, tragis, dan kocak, Anda pasti gak akan berkedip saat nonton.

Inti ceritanya adalah anggota militer Amerika yang membuang limbah kimia berbahaya ke sungai di Korea. Akibatnya, muncul monster yang menyerang penduduk lokal. Sebuah keluarga pun mencoba menyelamatkan anak perempuan mereka yang diculik oleh monster sungai tersebut.

Judul: The Host (2006)
Tanggal Rilis: 27 Juli 2006 (Korea Selatan)
Rating: 7.1 di IMDb
Durasi: 2 jam
Genre: Action, Drama, Horor

5. A Tale of Two Sisters (2003)

Film A Tale of Two Sisters (2003) adalah film horor korea terbaik
Film A Tale of Two Sisters (2003) adalah rekomendasi film horor Korea terbaik.

Mengisahkan sepasang saudari yang mendapat teror seram dari hantu-hantu dan ibu tiri mereka, sepulangnya dari rumah sakit jiwa. Anda akan diajak mengupas masa lalu kelam dari keluarga ini. A Tale of Two Sisters sempat menjadi film dengan pendapatan tertinggi di masanya. Bahkan kisah ini difilmkan ulang dengan judul The Uninvited di Amerika Serikat.

Judul: A Tale of Two Sisters (2003)
Tanggal Rilis: 13 Juni 2003 (Korea Selatan)
Rating: 7.2 di IMDb
Durasi: 1 jam 54 menit
Genre: Drama, Horor, Misteri

 

6. Umma (2022)

Film horor Korea, UMMA 2022.
Film horor Korea paling baru adalah Umma (2022).

Film yang disutradarai Iris K. Shim ini mengisahkan tentang trauma Amanda (Sandra Oh) saat masih kecil dengan ibunya di masa lalu. Kemudian, hal itu berlanjut dihantui sosok ibunya sehingga menimbulkan ketakutan tersendiri ketika melihat barang-barang beraliran listrik. Amanda menetap bersama anaknya yang bernama Chrissy (Fivel Stewart) di sebuah pertanian di Amerika Serikat. Hal-hal aneh yang penuh misteri pun terjadi diperkebunan tersebut. Film ini dibintangi oleh MeeWha Alana Lee, Tom Yi, Odeya Rush, dan Dermot Mulroney sudah tayang di Indonesia pada tanggal 23 Maret 2022 lalu.

Judul: Umma (2022)
Tanggal Rilis: 18 Maret 2022 (Amerika)
Rating: 4.6/10 di IMDb
Durasi: 1 jam 23 menit
Genre: Drama, Horor, Misteri

 

7. Warning: Do Not Play (2019)

Film Horor Korea, Warning: Do Not Play (2019).
Film horor Korea, Warning: Do Not Play (2019).

Film horor Korea selanjutnya adalah Warning: Do Not Play. Film ini menceritakan sutradara film horor pemula bernama Mi Jung yang sedang menggarap film terbarunya, namun ditengah prosesnya, Mi Jung kehabisan ide-ide untuk produksi film tersebut. Kemudian disisi lain, Mi Jung mengetahui cerita tentang film horor terlarang 8 tahun silam yang konon dibuat oleh hantu. Mi Jung pun segera mencari tahu tentang film horor tersebut agar bisa menjadi rencana bahan dan menemukan ide-ide baru untuk film terbarunya. Hingga akhir cerita, penonton dibuat deg-degan karena film disutradarai oleh Kim Jin-won dan dibintangi oleh Seo Yea-ji, Jin Seon-kyu dan Kim Bo-ra ini penuh adegan menegangkan.

Judul: Warning: Do Not Play (2019)
Tanggal Rilis: 15 Agustus 2019 (Korea Selatan)
Rating: 5.3/10 di IMDb
Durasi: 1 jam 26 menit
Genre: Horor, Misteri

8. The Mimic (2017)

Film horor Korea, The Mimic (2017).
Film horor Korea, The Mimic (2017).

Rekomendasi film horor Korea yang wajib masuk dalam daftar tontonan Anda selanjutnya adalah The Mimic. Film ini menceritakan tentang arwah berwujud macan yang dapat menirukan suara manusia yang sudah meninggal dunia. Alur cerita semakin menarik karena arwah tersebut bisa menirukan suara manusia untuk tujuan menarik perhatian korban. Hal ini terjadi kepada Hee-yeon dan Min-ho yang baru saja pindah rumah yang dekat dengan gua Jangsanbeom. Semenjak menetap disana, Hee-yeon dan Min-ho menjalani hidup yang tidak tenang karena sering mendengar suara-suara hingga kejadian aneh tak terduga yang tidak terbayangkan sebelumnya. Hingga pada akhirnya, kondisi makin menegangkan dan menakutkan ketika Min-ho menemukan mayat seorang wanita di dalam gua.

Judul: The Mimic (2017)
Tanggal Rilis: 17 Agustus 2017 (Korea Selatan)
Rating: 5.6/10 di IMDb
Durasi: 1 jam 40 menit
Genre: Horor, Misteri, Thriller

 

9. The Closet (2020)

Film horor Korea The Closet (2020)
Film horor Korea The Closet (2020).

Siap-siap film horor Korea selanjutnya bikin merinding bulu kuduk. Ya, The Closet menceritakan tentang seorang pria yang bernama Sang-won baru saja kehilangan istrinya karena meninggal dunia. Tak mau berlarut-larut dalam kesedihan, Sang-won dan putrinya akhirnya memutuskan untuk pindah ke rumah baru demi bisa meninggalkan semua kenangan terhadap sang istri. Akan tetapi bukannya merasakan hidup tenang, namun sebaliknya. Hal – hal aneh pun terjadi di rumah baru tersebut. Cerita semakin menegangkan dan mencekam ketika suatu hari putri Sang-Won hilang secara misterius. Kemudian, Sang-Won memanggil pengusir setan untuk mencari tahu keberadaan putrinya. Dan alhasil, pengusir setan tersebut memberikan informasi bahwa sang putri berada di dalam lemari.

Judul: The Closet (2020)
Tanggal Rilis: 5 Februari 2020 (Korea Selatan)
Rating: 5.7/10 di IMDb
Durasi: 1 jam 37 menit
Genre: Horor, Misteri

 

10. Whispering Corridors 6: The Humming (2020)

Film horor Korea Whispering Corridors The Humming (2020).
Film horor Korea, Whispering Corridors The Humming (2020). (pic: IMdb).

Film yang dibintangi oleh Kim Seo Hyung, Choi Ri dan Kim Hyun Soo ini mengisahkan tentang kehidupan seorang wanita bernama Eun-Hee (Kim Seo Hyung) yang bekerja di sekolahnya dahulu. Di sekolah itu, Eun-Hee menjabat sebagai wakil kepala sekolah. Kejadian aneh pun dialami Eun-Hee ketika bekerja di sekolah tersebut. Dari bisikan gaib, hingga gangguan penglihatan pun ia rasakan. Hal aneh itu bersumber pada kamar mandi tertutup di sekolah.

Judul: Whispering Corridors The Humming (2020)
Tanggal Rilis: 10 Juli 2020 (Korea Selatan)
Rating: 5.3/10 di IMDb
Durasi: 1 jam 48 menit
Genre: Horor, Misteri

 

Nah, itulah rekomendasi film – film horor Korea yang bisa jadi tontonan Anda di waktu senggang. Apakah Anda sudah pernah menonton film horor tersebut? Sebelum nonton, siapkan cemilan terlebih dahulu agar Anda tidak terlalu tegang saat menonton film horor Korea tersebut. Setelah membaca ulasan ini, jangan lupa berikan komentar Anda di kolom komentar ya.

Baca juga:

15 Film Kanibal Paling Seram dan Sadis Disertai Ratingnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here