Home Film 16 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa Dengan Rating Tinggi

16 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa Dengan Rating Tinggi

447

Infodong.id telah merangkum deretan film korea terbaik sepanjang masa disertai dengan ratingnya yang wajib kamu tonton dari mulai genre aksi, drama, horor hingga Sci-fi.

Film Korea banyak diminati karena memiliki alur cerita yang menarik membuat penonton penasaran hingga mampu ikut merasakan emosi dalam film tersebut.

Tak hanya itu, wajah yang menarik dan fashionable yang diperankan oleh aktor dan aktris dalam film-film Korea tersebut juga menjadi alasan dan daya tarik utama sehingga film tersebut banyak diminati.

Selain itu, sinematografi, shoot dan efek juga memiliki peran penting dalam menggaet penonton. Jika sinematografi, shoot dan efeknya bagus, otomatis penonton akan terpesona dan terkagum-kagum dengan film tersebut.

Salah satu film korea terbaik adalah Parasite. Kesuksesan Parasite di ajang Piala Oscar 2020 membuat para pencinta sinema tak lagi memandang sebelah mata perfilman Asia, terutama Korea Selatan.

Negeri Ginseng ini sebenarnya sudah memproduksi banyak film berkualitas, penasaran? Berikut ini adalah rekomendasi film korea terbaik sepanjang masa.

16 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

1. Train to Busan (2016)

Film Korea Terbaik Train to Busan (2016)
Film Korea Terbaik Train to Busan (IMDb)

Film Train to Busan merupakan salah satu film Korea terbaik paling laris ditonton pada tahun 2016. Tak hanya itu, film ini berhasil memecahkan rekor film Korea pertama yang ditonton lebih dari 10 juta penonton.

Film yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu-mi dan Ma Dong-seok ini bercerita tentang cara bertahan hidup saat terjebak di Kereta dari serangan para zombie yang ganas.

Singkat cerita, Gong Yoo sebagai Seok-woo yang memerankan sosok seorang ayah dan putrinya yang hendak ingin pergi ke Busan untuk bertemu dengan ibunya, namun tidak disangka ketika diperjalanan malapetaka pun muncul.

Salah satu penumpang terinfeksi virus zombie kemudian menularkannya ke pramugari melalui gigitan. Tak butuh waktu lama virus zombie tersebut menyebar dengan cepat di dalam Kereta. Tak hanya di dalam Kereta, suasana dan kondisi di luar pun menjadi kacau dan tak terkendali akibat wabah zombie.

Film Train to Busan dari awal hingga akhir cerita, film ini menampilkan adegan – adegan yang menegangkan sekaligus membuat penontonnya merasakan deg-degan. Ingat, jangan nonton sendirian ya jika takut dengan zombie.

Informasi & Rating Train to Busan

Judul: Train to Busan
Tanggal Rilis: 20 Juli 2016 di Korea Selatan
Durasi: 1 Jam 58 Menit
Genre: Action, Horor & Thriller
IMDb: 7.6/10

2. A Taxi Driver (2017)

Film Korea Terbaik A Taxi Driver
Film Korea Terbaik A Taxi Driver (rottentomatoes)

Film A Taxi Driver merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tentang supir taksi dengan seorang jurnalis asal jerman di peristiwa yang terjadi di Gwangju tahun 1980.

Supir taksi yang bernama Kim Man Seob (Song Kang Ho) tidak mengetahui jika di Gwangju sedang terjadi demo besar-besaran. Tanpa berpikir panjang, Kim Man Seob saat itu langsung menerima tawaran 100,000 won dari jurnalis Jurgen Hinzpeter (Thomas Kretschmann) tersebut untuk mengantarkannya ke Gwangju karena sedang membutuhkan uang untuk keluarganya terutama anaknya.

Film A Taxi Driver dirilis pada 2 Agustus 2017 yang disutradarai Jang Hoon menorehkan catatan epik dengan mencatatkan rekor menarik sebagai salah satu film terlaris di Korea yaitu berhasil tembus 12 juta penonton. Selain itu, film ini juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan bergensi, salah satunya sebagai pemenang Best Picture di Asian World Festival (AWF) ke-3.

Bintang dalam film A Taxi Driver adalah Song Kang ho, Thomas Kretschmann, Ryu Jun Yeol, Park Hyuk Kwon, Yoo Eun Mi, dan Uhm Tae Goo.

Informasi & Rating A Taxi Driver

Judul: A Taxi Driver
Tanggal Rilis: 2 Agustus 2017 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 17 Menit
Genre: Action, History & Drama
IMDb: 7.9/10

Baca juga:

10 Film Horor Korea Terbaik Paling Seram

3. Ode to My Father (2014)

Film Korea Terbaik Ode to My Father (2014)
Film Korea Terbaik Ode to My Father (IMDb)

Kisah yang mengharukan dari film Ode to My Father bisa membuat Anda menetaskan air mata. Ya, film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak bernama Dook-soo untuk keluarganya setelah berpisah dengan ayahnya di tengah evakuasi Hungnam pada tahun 1951 dalam perang Korea. Film yang disutradarai oleh Yoon Je kyoon ini bermakna mendalam tentang kehidupan yang harus diperjuangkan. Kerja keras dan usaha pantang menyerah, semua dilakukan untuk keluarga tercintanya.

Berkat alur cerita yang menarik dan mengesankan, film yang dibintangi oleh Hwang Jung-min dan Yunjin Kim ini menjadi salah satu film sejarah terlaris di Korea dengan penjualan tiket yaitu sebanyak 14,2 juta tiket terjual. Tak hanya itu, film ini juga memperoleh catatan luar biasa dengan meraih penghargaan untuk kategori Top 10 Films of the Year di Korean Association of Film Critics Awards ke 35 tahun 2015 lalu. Selain itu, film ini juga memenangkan penghargaan di Grand Bell Awards untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik.

Informasi & Rating Ode to My Father

Judul: Ode to My Father
Tanggal Rilis: 17 Desember 2014 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 6 Menit
Genre: Drama & War
IMDb: 7.8/10

4. Miracle in Cell no. 7 (2013)

Film Korea Terbaik Miracle in Cell no 7 (2013)
Film Korea Terbaik Miracle in Cell no. 7 (wikipedia)

Siap-siap banjir air mata untuk film drama yang mengharukan yang satu ini. Film yang dibintangi oleh Park Shin-hye, Ryu Seung-ryong dan Kal So-won ini menceritakan seorang ayah yang mengalami keterbelakangan mental yang memiliki masalah berat sehingga mengakibatkannya dipenjara dan divonis hukuman mati.

Ia dituduh melakukan pembunuhan, padahal ia tidak melakukan perbuatan itu. Hal yang paling mengharukan ialah ia harus terpaksa berpisah dengan putrinya.

Ketika mendekam di penjara, narapidana yang lain menjalin hubungan baik dengannya dan berusaha membantu mempertemukan dia dan putrinya. Film ini berhasil menorehkan catatan gemilang dengan memenangkan beberapa penghargaan diantaranya kategori Grand Prize for Film dan Most Popular Actress di 49th Paeksang Arts Awards.

Informasi & Rating Miracle in Cell no. 7

Judul: Miracle in Cell no. 7
Tanggal Rilis: 23 Januari 2013 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 7 Menit
Genre: Drama & Comedy
IMDb: 8.1/10

5. Parasite (2019)

Film Korea Terbaik Parasite (2019)
Film Korea Terbaik Parasite (2019)

Parasite disutradarai oleh Bong Joon Ho dan dibintangi oleh Song Kang-ho, Choi Woo-shik, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, dan Park So-dam menjadi film Korea terbaik sepanjang masa yang berhasil memenangi penghargaan Palme d’Or, salah satu penghargaan prestisius dalam industri film. Tak hanya itu, film ini juga mendapatkan berbagai penghargaan Piala Oscar, salah satunya dalam kategori Film Terbaik di Academy Awards 2020 . Film ini memiliki alur cerita yang menarik antara keluarga miskin dengan keluarga kaya yang berakhir dengan tragis.

Informasi & Rating Parasite

Judul: Parasite
Tanggal Rilis: 30 Mei 2019 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 12 Menit
Genre: Komedy, Drama & Thriller
IMDb: 8.5/10

6. Veteran (2015)

Film Korea Terbaik Veteran (2015)
Film Korea Terbaik Veteran (IMDb)

Film Veteran menceritakan tentang perjuangan seorang detektif yang bernama Seo Do Cheol dalam mengungkap sebuah kejahatan yang dilakukan oleh Jo Tae-oh, seorang pemuda jutawan yang merupakan pewaris generasi ketiga konglomerat Sinjin Group. Seo dan timnya tidak mudah dalam menangani kejahatan tersebut sehingga membutuhkan kerja keras. Pasalnya, pemuda kaya sombong itu selalu lolos karena didukung dengan kekayaan dan koneksinya. Film yang disutradarai oleh Ryoo Seung-wan berhasil menorehkan rekor apik dengan menjadi film pendapatan tertinggi ketiga sepanjang sejarah perfilman Korea Selatan dan juga memenangkan Casa Asia Award pada Festival Film Sitges.

Informasi & Rating Veteran

Judul: Veteran
Tanggal Rilis: 5 Agustus 2015 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 3 Menit
Genre: Action, Komedy & Crime
IMDb: 7.0/10

7. Flu (2013)

Film Korea Terbaik Flu (2013)
Film Korea Terbaik Flu (wikipedia)

Film yang disutradarai oleh Kim Sung-su dan dibintangi oleh Jang Hyuk, Min Ha, dan Soo Ae ini mengisahkan tentang penyebaran wabah yang begitu cepat di sebuah daerah di Korea Selatan. Akibat Pemerintah yang menganggap remeh dan tidak sigap mengambil langkah, akhirnya harus menerima konsekuensi berat ketika rakyatnya banyak yang terinfeksi. Pasalnya virus yang menginfeksi terbilang sangat mematikan, hanya dalam 36 jam setelah terinfeksi untuk menemui ajal. Film Flu berhasil masuk nominasi artis pendukung terbaik di Grand Bell Awards, Korea Selatan tahun 2013.

Informasi & Rating Flu

Judul: Flu
Tanggal Rilis: 15 Agustus 2013 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 2 Menit
Genre: Action, Drama & Sci-Fi
IMDb: 6.6/10

8. Bedevilled (2010)

Film Korea Terbaik Bedevilled
Film Korea Terbaik Bedevilled (IMDb)

Bedevilled bukanlah film buat kalian yang mudah jijik. Film garapan Jang Cheol-soo adalah film brutal yang tak segan-segan menampilkan adegan kekerasan yang terlihat nyata. Bedevilled bercerita tentang seorang wanita bernama Hae-won yang baru saja dipecat dari pekerjaannya lalu kembali ke pulau di mana ia dibesarkan. Di sana, ia berhubungan lagi dengan Kim Bok-nam, seorang perempuan korban penyiksaan yang bertekad untuk balas dendam.

Informasi & Rating Bedevilled

Judul: Bedevilled
Tanggal Rilis: 2 September 2010 di Korea Selatan
Durasi: 1 Jam 55 Menit
Genre: Drama, Horor & Thriller
IMDb: 7.3/10

9. Secret Sunshine (2007)

Film Korea Terbaik Secret Sunshine (2007)
Film Korea Terbaik Secret Sunshine (wikipedia)

Film drama Korea ini menceritakan seorang janda yang tengah berkabung dan berusaha untuk move on dengan hidupnya. Tak sampai di situ, wanita bernama Lee Shin-ae itu juga harus menghadapi tragedi lain saat anaknya diculik. Secret Sunshine digarap oleh Lee Chang-dong novelis dan sutradara sukses yang pernah menjabat sebagai Menteri Kebudayaan Korea Selatan. Film ini berhasil memenangkan penghargaan untuk Film Terbaik di Penghargaan Film Asia dan Asia Pacific Screen Awards.

Informasi & Rating Secret Sunshine

Judul: Secret Sunshine
Tanggal Rilis: 17 Mei 2007 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 22 Menit
Genre: Drama
IMDb: 7.5/10

10. On The Beach at Night Alone (2017)

film Korea terbaik On the Beach at Night Alone
Film Korea Terbaik On the Beach at Night Alone (nytimes.com)

Film drama Korea ini ditulis dan disutradarai oleh Hong Sang-soo. On the Beach at Night Alone bercerita tentang seorang aktris bernama Young-hee yang masa kejayaannya telah berlalu. Ia kemudian pergi merenung ke pantai sendirian untuk mempertanyakan hubungan asmaranya dengan seorang pria yang sudah menikah. Film ini terpilih sebagai salah satu peserta dalam Golden Bear perhelatan 67th Berlin International Film Festival.

Informasi & Rating On the Beach at Night Alone

Judul: On the Beach at Night Alone
Tanggal Rilis: 23 Maret 2017 di Korea Selatan
Durasi: 1 Jam 41 Menit
Genre: Drama
IMDb: 6.8/10

11. The Age of Shadows (2016)

Film Korea Terbaik, The Age of Shadows (2016)
Film Korea Terbaik The Age of Shadows (kosginnar)

The Age of Shadows berlatar belakang Shanghai dan Seoul di era 1920-an. Film aksi garapan Kim Jee-woon ini menuai sukses di ranah internasional meskipun gagal masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di Piala Oscar. The Age of Shadows bercerita tentang kapten polisi berpengaruh bernama Lee Jung-chool yang dituduh melaporkan anggota perlawanan kepada pemerintah Jepang.

Informasi & Rating The Age of Shadows

Judul: The Age of Shadows
Tanggal Rilis: 7 September 2016 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 20 Menit
Genre: Action, Drama & Thriller
IMDb: 7.1/10

12. Mother (2009)

Film Korea Terbaik Mother (2009)
Film Korea Terbaik Mother (IMDb)

Film garapan sutradara Parasite, Bong Joon-ho ini bercerita soal seorang ibu yang berjualan jasa akupuntur kepada warga di kotanya. Ia dikenal over protektif terhadap putranya yang menderita kelainan mental. Suatu hari, sang anak dituding membunuh seorang perempuan muda dan sang ibu harus putar otak untuk menghilangkan tuduhan itu meski dengan cara-cara tak pantas.

Informasi & Rating Mother

Judul: Mother
Tanggal Rilis: 28 Mei 2009 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 9 Menit
Genre: Crime, Drama & Mystery
IMDb: 7.8/10

13. A Moment to Remember (2004)

Film Korea Terbaik A Moment to Remember (2004)
Film Korea Terbaik A Moment to Remember (IMDb)

Siapkan tisu sebelum menonton film A Moment to Remember. Ya, pasalnya film yang dibintangi Son Ye-jin dan Jung Woo-sung merupakan salah satu film romantis legendaris Korea Selatan yang dramatis hinga menguras air mata. Film ini menceritakan tentang kisah cinta Kim Su Jin yang diperankan oleh Son Ye-jin dengan seorang pria beristri dan harus bertepuk sebelah tangan. Kemudian secara tak sengaja bertemu dengan Cheol-su, hingga pada akhirnya mereka saling mencintai. Cerita semakin sedih karena Kim Su Jin didiagnosa mengidap alzheimer. Film ini mendapatkan catatan menarik yaitu mendapat penilaian tinggi di beberapa situs informasi film, seperti IMDb dan Rottentomatoes.

Informasi & Rating A Moment to Remember

Judul: A Moment to Remember
Tanggal Rilis: 5 November 2004 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 24 Menit
Genre: Drama & Romance
IMDb: 8.1/10

14. My Annoying Brother (2016)

Film Korea Terbaik My Annoying Brother (2016)
Film Korea Terbaik My Annoying Brother (wikipedia)

My Annoying Brother disutradarai oleh Kwon Soo Kyung dan diperankan oleh bintang-bintang ternama seperti Jo Jung Suk, Park Shin Hye, dan Do Kyung Soo. Singkatnya, My Annoying Brother menceritakan tentang kisah haru kehidupan kakak dan adik. Sang kakak, Doo Shik (Jo Jung Suk) yang merupakan narapidana meminta pembebasan bersyarat beralasan karena ingin merawat adiknya, Doo Young (Do Kyung Soo) yang buta permanen akibat mengalami kecelakaan. Meski setiap hari Doo Young dan Doo Shik sering bertengkar, mereka diam-diam saling menyayangi. Cerita semakin mengharukan ketika Doo Shik didiagnosis menderita kanker stadium akhir. Film ini berhasil mendapat penghargaan Blue Dragon Film Awards untuk kategori aktor pendatang baru terbaik (2017) dan BaekSang Arts Awards untuk kategori aktor paling populer (2017).

Informasi & Rating My Annoying Brother

Judul: My Annoying Brother
Tanggal Rilis: 23 November 2016 di Korea Selatan
Durasi: 1 Jam 50 Menit
Genre: Drama, Komedi
IMDb: 7.2/10

15. The Call (2020)

Film Korea Terbaik The Call (2020)
Film Korea Terbaik The Call (IMDb)

Film The Call disutradarai oleh Lee Choong-hyun menceritakan tentang Seo-yeon (Park Shin-hye) yang menerima telepon dari sosok misterius dari masa lalu saat baru pindah rumah. Sosok misterius itu rutin menelepon Seo-yeon hingga berulang kali. Sosok misterius itu pun diketahui bernama Young-sook (Jeon Jong-seo) orang yang tinggal di rumah yang sama dengannya, akan tetapi pada 20 tahun yang lalu.

Informasi & Rating The Call

Judul: The Call
Tanggal Rilis: 31 Maret 2020 di Korea Selatan
Durasi: 1 Jam 52 Menit
Genre: Crime, Horor & Mystery
IMDb: 7.1/10

16. Memories of Murder (2003)

Film Korea Terbaik Memories of Murder
Film Korea Terbaik Memories of Murder (IMDb)

Film Memories of Murder ini disutradarai oleh Bong Joon-ho, yang juga menjadi sutradara film Parasite. Tak hanya itu, film ini juga bertabur bintang kenamaan Song Kang Ho, yang juga pernah membintangi film A Taxi Driver, Parasite, dan The Age of Shadow. Film ini menceritakan tentang perjuangan keras para detektif dalam mengungkap kasus pembunuhan berantai di kota kecil. Salah satu detektif tersebut bernama Park Doo Man (Song Kang Ho). Demi terungkapnya kasus pembunuhan berantai itu, Park Doo Man dibantu oleh detektif yang lebih berpengalaman bernama Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung). Film Memories of Murder sukses mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi yaitu Grand Bell Awards untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik dan aktor terbaik. Kemudian, Chunsa Film Art Awards untuk kategori film Terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik dan masih banyak lagi.

Informasi & Rating Memories of Murder

Judul: Memories of Murder
Tanggal Rilis: 2 Mei 2003 di Korea Selatan
Durasi: 2 Jam 12 Menit
Genre: Crime, Drama & Mystery
IMDb: 8.1/10

Nah itulah rekomendasi menarik tentang film-film Korea terbaik maupun drama Korea yang bisa menjadi tontonan yang asik di waktu senggang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here