Home » Film » Belum Banyak yang Tahu, Ini 10 Rekomendasi Film Korea Terbaik

Belum Banyak yang Tahu, Ini 10 Rekomendasi Film Korea Terbaik

Salah satu film korea terbaik adalah Parasite. Kesuksesan Parasite di ajang Piala Oscar 2020 membuat para pencinta sinema tak lagi memandang sebelah mata perfilman Asia, terutama Korea Selatan.

Jauh sebelum Parasite, Negeri Ginseng ini sebenarnya sudah memproduksi banyak film berkualitas, seperti yang Infodong.id rekomendasikan berikut.

Inilah Film Korea Terbaik

1. Pieta (2012)

film korea pieta 2012, film drakor terbaik
Film Korea Pieta (2012). (cinemapoetica.com)

Pieta adalah film garapan sutradara ternama asal Korea Selatan, Kim Ki-duk. Film ini bercerita tentang hubungan misterius antara seorang penagih utang sadis dengan seorang wanita paruh baya yang mengaku sebagai ibunya.

2. Village in the Mist (1983)

Film yang juga dikenal dengan judul Village of Haze ini disutradarai oleh Im Kwon-taek. Film ini menceritakan sosok Soo-ok, seorang guru yang tiba di sebuah desa misterius. Soo-ok kemudian mengungkap sebuah rahasia yang berhubungan dengan seorang gelandangan.

Village in the Mist mungkin bukan jenis tontonan yang mudah dicerna, tapi film ini memberikan pengalaman berbeda yang jarang ditawarkan oleh film-film Korea Selatan.

Baca juga ya: Film Tom Cruise Terbaik Berdasarkan Rating

3. Bedevilled (2010)

Bedevilled bukanlah film buat kamu-kamu yang mudah jijik. Film garapan Jang Cheol-soo adalah film brutal yang tak segan-segan menampilkan adegan kekerasan yang terlihat nyata.

Bedevilled bercerita tentang seorang wanita bernama Hae-won yang baru saja dipecat dari pekerjaannya lalu kembali ke pulau di mana ia dibesarkan. Di sana, ia berhubungan lagi dengan Kim Bok-nam, seorang perempuan korban penyiksaan yang bertekad untuk balas dendam.

4. Portrait of the Days of Youth (1990)

Portrait of the Days of Youth alias Passion Portrait berlatar belakang Korea Selatan 1980-an yang sedang bertransisi menuju demokrasi. Ada ketegangan di antara para murid-murid yang melakukan demonstrasi, kerap dibunuh oleh pemerintah.

Dengan latar belakang tersebut, Passion Portrait berfokus pada kisah pengalaman seorang mahasiswa yang berkutat antara hubungan asmaranya dengan ideologi politik.

5. Madame Freedom (1956)

Buat kamu yang senang menonton film-film klasik, Madame Freedom cocok untuk dicoba. Madame Freedom adalah melodrama yang menceritakan sepasang kekasih di luar nikah bernama Profesor Jang dan Oh Seon-yeong.

Namun kehidupan ‘sempurna’ pasangan tersebut hanyalah semu. Film ini juga menggambarkan Korea Selatan yang pelan-pelan berubah menjadi kebarat-baratan.

Baca juga ya: Film Detektif Terbaik

6. A Taxi Driver (2017)

Film Korea A Taxi Driver (2017)
Film Korea A Taxi Driver (2017). (rogersmovienation.com)

Film drama sejarah ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang supir taksi dari Seoul yang tak sengaja terlibat dalam peristiwa pergerakan demokrasi di Gwangju tahun 1980-an yang menelan korban hingga 2000 demonstran.

A Taxi Driver ini menyoroti interaksi antara jurnalis Jerman bernama Jurgen Hinzpeter dengan sang supir taksi yang diperankan oleh bintang film Parasite, Song Kang-ho.

7. Secret Sunshine (2007)

Film drama ini menceritakan seorang janda yang tengah berkabung dan berusaha untuk move on dengan hidupnya. Tak sampai di situ, wanita bernama Lee Shin-ae itu juga harus menghadapi tragedi lain saat anaknya diculik.

Secret Sunshine digarap oleh Lee Chang-dong novelis dan sutradara sukses yang pernah menjabat sebagai Menteri Kebudayaan Korea Selatan.

8. On The Beach at Night Alone (2017)

Film Korea On the Beach at Night Alone
Film Korea On the Beach at Night Alone (nytimes.com)

Film drama ini ditulis dan disutradarai oleh Hong Sang-soo. On the Beach at Night Alone bercerita tentang seorang aktris bernama Young-hee yang masa kejayaannya telah berlalu.

Ia kemudian pergi merenung ke pantai sendirian untuk mempertanyakan hubungan asmaranya dengan seorang pria yang sudah menikah.

9. The Age of Shadows (2016)

Film Korea The Age of Shadows (2016)
Film Korea The Age of Shadows (2016). (kosginnar.blogspot.com)

The Age of Shadows berlatar belakang Shanghai dan Seoul di era 1920-an. Film aksi garapan Kim Jee-woon ini menuai sukses di ranah internasional meskipun gagal masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di Piala Oscar.

The Age of Shadows bercerita tentang kapten polisi berpengaruh bernama Lee Jung-chool yang dituduh melaporkan anggota perlawanan kepada pemerintah Jepang.

Baca juga ya: Serial Komedi Paling Lucu

10. Mother (2009)

Film garapan sutradara Parasite, Bong Joon-ho ini bercerita soal seorang ibu yang berjualan jasa akupuntur kepada warga di kotanya. Ia dikenal over protektif terhadap putranya yang menderita kelainan mental.

Suatu hari, sang anak dituding membunuh seorang perempuan muda dan sang ibu harus putar otak untuk menghilangkan tuduhan itu meski dengan cara-cara tak pantas.

Penulis: AKD
Editor: AD

Leave a Comment