10 Game Asah Otak Paling Seru yang Bikin Kamu Penasaran

Bermain game biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau seru-seruan bareng teman-teman saat mabar. Selain banyak pilihan game-game kompetitif seperti balapan, ada juga permainan yang penuh teka-teki dan bikin kamu harus memutar otak yaitu game asah otak. Berikut Infodong.id pilihkan 10 game penuh tantangan yang bisa mengasah kemampuan berpikirmu.

Game Asah Otak Paling Seru yang Bikin Kamu Penasaran
Game Asah Otak Paling Seru

10 Game Asah Otak Seru

1. Brain Out: Can You Pass it

Game ini merupakan game yang ringan, namun mampu mengasah otak. Pasalnya, para pemainnya dituntut untuk berpikir logis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Pemikiran “out of the box” jelas punya peran besar dalam memainkan game ini. Game ini dibalut lewat grafis kartun sederhana yang penuh warna.

Dalam permainan ini, setiap pemain hanya perlu menjawab pertanyaan yang tersedia dengan menekan atau menggeser objek. Namun jangan salah, pertanyan-pertanyaan yang dihadirkan justru bisa menjebak kamu lewat jawaban yang tidak masuk akal. Belum lagi, game ini punya ratusan level yang bisa kamu mainkan.

Baca juga ya: Game Offline Terbaik Paling Seru

2. Unblock Me FREE

Game kali ini hanya berfokus untuk memainkan balok-balok saja. Ya, Unblock Me mengharuskan kamu memainkan balok berwarna merah untuk segera keluar dari halangan-halangan balok berwarna cokelat. Game ini membutuhkan konsentrasi dan logika yang baik agar balok merah terbebas dari himpitan balok cokelat.

Tugasmu adalah menggeser balok-balok cokelat tersebut sehingga balok merah bisa keluar. Di dalam game ini juga terdapat berbagai tingkatan level, di mana semakin tinggi level, tentu rintangan yang dihadapi akan semakin sulit.

3. 2048

2048 menampilkan game yang penuh dengan angka-angka. Kamu tak perlu khawatir karena game ini tidak menyuruhmu untuk menghitung sejumlah angka untuk mencapai angka 2048. Kamu hanya diminta untuk menggabungkan angka yang sama untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Cara bermainnya adalah kamu hanya perlu menggeser angka-angka yang ada. Yang perlu diperhatikan adalah setiap kamu menggeser sebuah angka, akan selalu muncul angka baru. Kamu perlu strategi agar angka-angka tersebut tidak memenuhi seluruh kotak. Jika nantinya kotak penuh dengan angka-angka baru yang tak bisa kamu gabung dengan angka lainnya, otomatis Anda akan kalah dari game ini.

4. Infinity Loop

Game ini adalah game yang bisa dimainkan di tiga platform yang berbeda, yaitu Android, iOS, dan Windows. Game ini menuntut Anda untuk berpikir cepat dan logis tentang bagaimana menyusun balok-balok yang ada.

Cara memainkannya adalah lewat dua cara. Pertama, Anda harus membuat semua balok tidak bersentuhan agar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Sebaliknya, cara kedua adalah Anda harus membuat semua balok bersentuhnya.

5. Brain It On!

Game ini juga memiliki banyak tingkatan level yang semakin tinggi jelas akan semakin sulit. Brain It On! Meminta Anda untuk peka terhadap garis, bentuk, warna, dan ruang agar bisa naik ke level selanjutnya. Dari fokus tersebut, Anda diharuskan untuk menggambar sesuatu agar bisa menyelesaikan di tiap misinya.

6. Brain Dots

Grafis yang ditampilkan game ini terlihat sederhana dan menarik, bahkan cara bermainnya pun terbilang cukup mudah. Oleh karenanya, game ini juga cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

Para pemainnya hanya perlu menggambar jalur untuk satu bola agar bola tersebut berbenturan dengan bola lainnya. Game ini memang tampak mudah, namun seiring bertambahnya level, tantangan yang dihadirkan jelas akan semakin sulit.

Baca juga ya: Game Online Terbaik di Dunia

7. Roll the Ball

Game ini tidak hanya menuntut para pemainnya untuk memaksimalkan cara kerja otak, tetapi juga mewajibkan keterampilan dari kecepatan tangan. Inti dari game ini adalah menggiring bola keluar lewat pipa-pipa yang ada untuk menuju ke level selanjutnya.

Caranya cukup simpel, Anda harus menyambungkan pipa-pipa tersebut agar sang bola bisa menggelinding menuju keluar. Meski begitu, game ini juga cukup mengasah otak Anda.

8. Kahoot

Membahas soal game mengasah otak, rasanya Kahoot memang wajib menjadi pilihan. Pasalnya, game ini termasuk yang “paket komplit” karena terdapat pertanyaan-pertanyaan yang bisa meningkatkan daya ingat dan memperluas pengetahuan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan berkaitan dengan beberapa ilmu pengetahuan, seperti matematika, sejarah, dan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Uniknya lagi, Anda juga bisa membuat kuis tersendiri, di mana materi kuisnya bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan bidang yang kalian kuasai.

9. Quick Brain

Bagi kamu yang senang akan soal hitung-hitungan, game ini merupakan game yang cocok. Quick Brain berisi permainan yang memiliki time out sehingga bisa membantu otak berpikir secara tepat dan cepat. Secara tidak langsung, game ini juga akan mengasah kemampuan Anda dalam berpikir kritis di tiap permasalahan dalam tempo waktu yang singkat.

10. Memorado

Game ini diklaim secara ilmiah dapat membantu Kamu meningkatkan aktivitas kognitif dan IQ Kamu. Tentu saja game ini mengandung unsur hitung-hitungan dan melatih daya ingat para pemainnya. Selain itu, game ini juga menghadirkan 24 jenis game dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Game ini menuntut kamu untuk terus fokus dan berkonsentrasi dalam tiap permainannya.

Baca juga:
Game Untuk Pasangan LDR
Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Penulis: AKD
Editor: AD

Tinggalkan komentar