10 Tim Esports Terkaya di Dunia Tahun 2020

Akhir tahun 2020 lalu, majalah bisnis kenamaan, Forbes, merilis daftar perusahaan atau organisasi atau tim esports terkaya di dunia.

tim esports terkaya di dunia
Tim Esports Terkaya di Dunia (Pic: Olympic.org)

Meski dunia saat ini sedang diserang wabah pandemi Covid-19, turnamen-turnamen esports tidak berhenti dan terus bertarung secara online.

Harus diakui, pandemi ini cukup berdampak pada berbagai pihak dan bisnis pendukung pertandingan. Akibatnya, total hadiah yang ada tentu lebih sedikit dari tahun lalu yang kebanjiran dana segar dari para investor.

Di sisi lain, Forbes juga menyebut bahwa nilai rata-rata sepuluh perusahaan teratas dalam daftar ini mencapai USD 240 juta di tahun ini, atau setara mengalami kenaikan 54% dari tahun 2019. Dan berikut adalah kesepuluh perusahaan esports terkaya di dunia tahun 2020.

Deretan Tim Esports Paling Kaya di Dunia

1. Team SoloMid – USD 410 juta

Team SoloMid, Perusahaan yang berbasis di Los Angeles (LA), Amerika Serikat, ini menjadi perusahaan esports terkaya di dunia dengan total USD 410 juta (Rp5,81 triliun). Forbes mencatat jika estimasi pendapatan perusahaan ini mencapai USD 45 juta per tahunnya, atau naik sekitar 3% dari sebelumnya.

2. Cloud9 – USD 350 juta

Berbeda dari Team SoloMid, Cloud9 rupanya mengalami penurunan pendapatan dari tahun sebelumnya. Pada 2020 ini, perusahaan yang juga berasal dari LA ini mengalami penurunan sebesar -13%. Meski begitu, Cloud9 masih dapat bertahan di urutan kedua dengan total kekayaan sebesar USD 350 juta (Rp4,96 triliun).

Baca juga ya: Game Online Terbaik Android

3. Team Liquid – USD 310 juta

Di tahun ini, Liquid juga mengalami penurunan meski tak sebesar Cloud9. Team Liquid hanya mengalami penurunan sebesar -3% dari tahun sebelumnya. Kini, perusahaan ini memiliki pundi-pundi sebanyak USD 310 juta (Rp4,39 triliun).

4. FaZe Clan – 305 juta

FaZe Clan adalah sebuah perusahaan yang kekayaannya justru lebih besar di sektor pembuatan video seputar game. Hal ini didukung oleh salah satu atlet e-sports paling populer di Twitch, Nickmercs, yang berada di dalam perusahaan asal LA ini.

Kehadiran Nickmercs sangat berpengaruh lantaran ia mampu menghasilkan 80% dari USD 40 juta pendapatan perusahaan per tahunnya. Dengan total kenaikan hingga 27% di tahun ini, FaZe Clan memiliki harta sebanyak USD 305 juta (Rp4,32 triliun)

5. 100 Thieves – USD 190 juta

100 Thieves memiliki perjalanan yang cukup signifikan. Pasalnya, perusahaan yang didirikan oleh jawara Call of Duty (COD), Matt “Nadeshot” Haag, ini berada di posisi kesepuluh pada tahun sebelumnya.

Namun di tahun 2020 ini, 100 Thieves mampu menduduki peringkat kelima dengan total kekayaan sebesar USD 190 juta (Rp2,69 triliun) atau mengalami kenaikan kekayaan sekitar 19% dari tahun sebelumnya.

6. Gen.G – USD 185 juta

Jika perusahaan lain mengalami penurunan atau peningkatan dari tahun sebelumnya, Gen.G justru tidak mengalami kedua hal tersebut. Perusahaan ini tetap stabil dengan pendapatannya sebesar USD 14 juta per tahunnya. Kini, Gen.G memiliki total kekayaan hingga USD 185 juta (Rp2,62 triliun).

7. Enthusiast Gaming – USD 180 juta

Sedikit catatan, perusahaan ini mengakuisisi Omnia Media yang menjadikannya sebagai platform media game terbesar di Amerika Utara. Oleh karenanya, Enthusiast Gaming memiliki total kekayaan hingga USD 180 juta (Rp2,55 triliun).

8. G2 Esports – USD 175 juta

Perusahaan ini sangat mengandalkan sektor esports sebagai tumpuan kekayaan mereka. Pasalnya, esportsnya sendiri memiliki pendapatan total hingga 80% dari seluruh kekayaan perusahaan. Sedangkan, G2 Esports sendiri kini sudah mengantongi total harta sebanyak USD 175 juta (2,48 triliun) dengan pendapatan tiap tahunnya sebesar USD 19 juta.

9. NRG Esports – USD 155 juta

Perusahaan ini rupanya juga sangat mengandalkan streaming bersponsor di Twitch dan YouTube untuk segi pemasukan perusahaan. Untuk pendapatan dari esportsnya sendiri hanya berkisar 25% saja dari total USD 155 juta (Rp2,19 triliun) kekayaan yang dimiliki NRG Esports.

Baca juga ya: Hero Assassin Terbaik Mobile Legends

10. T1 – USD 150 juta

Perusahaan yang berbasis di Seoul, Korea, ini cukup terkenal akan kehebatannya di game Apex Legends, Fortnite, dan PUBG. Sejauh ini, T1 sudah mengoleksi total kekayaan sebesar USD 150 juta (Rp2,12 triliun) dengan estimasi pendapatan tiap tahunnya sebanyak USD 15 juta.

Nah itu dia deretan tim esports terkaya di dunia. Jangan lupa untuk memberikan komentar kamu di kolom komentar ya!

Penulis: AKD
Editor: AD

Check Also

Game Left 4 Dead 2

10 Game Zombie Terbaik untuk PC yang Seru Banget

Setidaknya ada 10 rekomendasi game zombie terbaik untuk PC yang bisa Anda mainkan. Game bergenre …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *