Home » Game » Bangga! 10 Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Bangga! 10 Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Perkembangan dunia game memang tumbuh begitu pesat. Seakan tak mau kalah dari developer luar negeri, kini banyak bermunculan developer asal dalam negeri yang menciptakan berbagai game-game keren lainnya. Game yang dihasilkan pun tidak kalah bagus. Bahkan, game buatan Indonesia ini bisa populer ke berbagai wilayah dunia. Keren, bukan?

Sudah sepantasnya kita patut bangga dan mengapresiasi kerja keras dari developer dalam negeri yang sudah memperkenalkan game Indonesia ke wajah dunia.

Oleh karenanya, berikut adalah rangkuman 10 game buatan asli Indonesia yang sudah mendunia.

10 Game Buatan Indonesia

1. Tebak Gambar

Siapa yang tak kenal game ini? Ya, Tebak Gambar adalah game receh yang sangat digemari di Indonesia. Hingga saat ini, game ini sudah lebih dari 10 juta kali didownload oleh seluruh kalangan gamer. Tak ayal, game ini begitu populer.

Game ini dikemas dengan sangat baik, yakni dengan tampilan visual berupa kartun yang penuh warna. Memang terlihat sederhana, namun game ini bisa sangat menghibur Anda di waktu luang. Cara bermainnya pun mudah, Anda hanya harus menebak kosakata dari rangkaian gambar-gambar yang telah disusun. Klik disini untuk memulai memainkannya

2. Dreadout

Game Dreadout, Game Buatan Indonesia.
Game Dreadout, Game Buatan Indonesia.

Apakah Anda pecinta sesuatu yang berbau horor? Dreadout bisa menjadi pilihan yang tepat. Game yang dirilis pada 2014 ini mengisahkan seorang karakter bernama Linda yang terjebak di dalam sebuah kota angker.

Game ini juga menghadirkan detail-detail yang sangat Indonesia, yaitu Linda yang mengenakan seragam SMA serta hantu-hantu yang muncul dalam game ini, seperti pocong dan kuntilanak.

Baca juga ya: Game Balapan Terbaik

Game ini kian populer saat YouTuber Gamer dunia, PewDiePie, memainkan game ini. Pria asal Swedia ini pun sampai ketakutan dan mengapresiasi game ini.

Jelas hal ini sangat mengangkat derajat Dreadout. Selain alur cerita yang menarik, Dreadout juga memiliki visual game yang sama baiknya.

3. Sage Fusion

Game ini merupakan game yang berawal dari komik dan diangkat menjadi sebuah game. Game yang dikembangkan oleh Kidalang Studio ini merupakan game yang bergenre RPG dan adventure.

Alur game ini mengisahkan sebuah karakter yang menjelajahi kota Kapistad untuk memecahkan teka-teki yang ada di kota tersebut. Para pemain juga bisa menggunakan pilihan senjata untuk menghadapi peperangan.

Yang membuatnya kian terkenal adalah game ini sukses meraih gelar juara di ajang Tizen App Challenge dalam kategori role-play and strategy di Barcelona, Spanyol. Otomatis, game ini menjadi satu-satunya game asal Indonesia yang mampu menyabet gelar juara.

4. Cute Kill

Game ini rilis berbarengan dengan kemunculan Sage Fusion. Game yang dikembangkan oleh Touchten Games ini bisa dimainkan di perangkat Andoid dan iOS. Game ini menghadirkan visual kartun yang baik sehingga menarik untuk dimainkan.

Sesuai dengan namanya, Cute Kill mengisahkan seorang wanita lucu yang harus melarikan diri dari kejaran zombie. Sambil menggendong bayi kecil di punggungnya, sang wanita juga harus menembaki zombie-zombie tersebut untuk bisa lolos dari kejaran makhluk tersebut.

5. Fallen Legion

Sejauh ini, game ini sudah memiliki empat judul yang dikembangkan oleh Mintsphere bersama YummyYummyTummy. Ya, game ini merupakan game yang bergenre RPG.

Meski tampilan visualnya terlihat cukup sederhana, namun Fallen Legion masih menarik untuk dimainkan.
Jalan cerita game ini adalah petulangan seorang putri raja pemberani bernama Cecille, yang berusaha mengembalikan nama besar kerajaannya setelah ayahnya meninggal dunia.

Baca juga ya: Game Asah Otak Paling Seru

6. Mini Racing Adventures

Game berikutnya datang dari tema balapan. Game ini menghadirkan grafis kartun yang cukup baik, di mana Anda harus melintasi trek dengan berbagai rintangan, seperti tanjakan, turunan, hingga tong yang dapat meledak.

Namun, Anda harus fokus karena apabila kendaraan terjatuh, tersangkut, atau bensin habis, maka permainan langsung berakhir.

Dalam game ini terdapat beberapa mode yang bisa dimainkan, baik secara online maupun offline, yaitu Live Multiplayer, Play With Friend, Single Mode, Ghost Mode, dan Battle Mode. Penasaran? download klik disini.

7. Kode Keras Cowok dari Cewek

Game ini memiliki cerita yang sangat lokal. Bagaimana tidak, semua kejadian dari cerita game ini mirip dengan kondisi kisah asmara para remaja di Indonesia.

Dalam game ini, Anda bermain sebagai seorang cowok yang harus mengambil hati cewek. Namun, sang cewek kerap kali mengungkapkan rasanya lewat kode-kode terselubung. Di sinilah tugas Anda sebagai cowok harus bisa menangkap dan menerjemahkan kode-kode cewek tersebut. Untuk memainkannya, klik disini.

8. Cute Munchies

Game ini merupakan game yang developernya berasal dari Yogyakarta. Game ini menampilkan sebuah permainan puzzle dengan beragam level yang menantang. Anda harus menyelesaikan level dengan benar untuk bisa lanjut ke level berikutnya, tidak peduli berapapun skor yang Anda raih.

Game yang menghadirkan visual sederhana ini terbilang lucu dan cukup mudah. Anda akan mengendalikan berbagai karakter binatang dengan cara swipe kiri, kanan, atas, atau bawah. Lalu, Anda harus bisa mendapatkan item yang tersebar di sekitar Anda dan bisa mengumpulkan koin untuk membeli karakter lainnya di shop. Klik disini untuk memulainya.

Baca juga ya: Game Online Terbaik Android

9. Diponegoro – Tower Defense

Latar belakang game ini adalah peperangan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah zaman dulu, namun dikemas secara modern layaknya game Clash of Clans (CoC).

Dalam game ini, Anda berperan sebagai Panegran Diponegoro yang melindungi bangsa dari serangan 16 jenis musuh dengan 25 level yang berbeda. Uniknya, peta game ini adalah peta dari pulau Jawa.

Tugas utamanya adalah membangun menara dan membentuk barikade prajurit demi membuat lapisan pertahanan yang kuat.

Terdapat enam fitur untuk melindungi wilayahmu, yakni Tombak Bambu, Bunker Muddy, Panah Api, Ballista, Electric Bike, dan Bull’s eye shots. Ingin bermain game ini? klik disini.

10. Tahu Bulat

Dari namanya saja sudah Indonesia banget. Game ini diadopsi dari fenomena penjual tahu bulat yang sempat booming beberapa tahun lalu.

Dalam game ini, Anda akan menjelma menjadi pedagang tahu bulat yang berjualan di atas mobil pick-up. Anda pun bisa mengembangkan bisnis ini untuk mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

Baca juga ya: Game Offline Terbaik

Terdapat empat kategori dalam game ini, yakni Mobil, Resep, Promo, dan Barang. Anda harus memilih kategori mana yang harus diupgrade lebih dulu.

Tujuannya adalah untuk bisa mendatangkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Anda tertarik untuk mencobanya? Klik disini untuk bermain game Tahu Bulat.

Penulis: AKD
Editor: AD

Leave a Comment