10 Film Detektif Terbaik yang Wajib Ditonton Pencinta Misteri

Film detektif adalah salah satu topik yang paling populer. Sepanjang film, kita bisa ikut merasakan ketegangan sambil memutar otak untuk menerka-nerka jawaban dari misteri yang disajikan.

Berikut ini Infodong.id pilihkan koleksi 10 film detektif terbaik dan seru yang tak boleh dilewatkan buat kamu pencinta misteri.

Inilah Film Detektif Terbaik

1. Vertigo (1958)

Karya-karya maestro Alfred Hitchcock memang wajib masuk daftar tontonanmu. Vertigo disebut-sebut sebagai film terbaik buatan Hitchcock yang tak akan lekang dimakan waktu.

Seorang mantan detektif bernama John ‘Scottie’ Ferguson yang menderita acrophobia atau fobia ketinggian, terobsesi dengan seorang wanita cantik yang misterius.

Dalam sebuah polling yang diadakan British Film Institute, Vertigo didapuk sebagai film terbaik sepanjang masa, mengalahkan Citizen Kane (1941).

Judul: Vertigo (1958)
Tanggal Rilis: 22 May 1958 (UK)
Rating: 8.3 di IMDb
Durasi: 2 jam 8 menit
Genre: Mystery, Romance, Thriller

2. Chinatown (1974)

Chinatown adalah film bergenre misteri neo-noir buatan sutradara ternama, Roman Polanski. Film ini juga sering masuk dalam jajaran film terbaik sepanjang masa.

Dalam Oscar 1975, Chinatown mendapat 11 nominasi dan menang di kategori Naskah Original Terbaik.

Chinatown berkisah tentang Evelyn Mulwray (Faye Dunaway) yang merekrut seorang detektif swasta bernama JJ Gites (Jack Nicholson) untuk menguntit suaminya yang dicurigai mempunyai selingkuhan.

Namun sang detektif malah terlibat dengan masalah-masalah lain seperti pembunuhan, korupsi, dan penipuan.

Judul: Chinatown (1974)
Tanggal Rilis: 20 June 1974 (USA)
Rating: 8.1 di IMDb
Durasi: 2 jam 10 menit
Genre: Drama, Mystery, Thriller

Baca juga: Film Jackie Chan

3. The Silence of the Lambs (1991)

Karya klasik ini adalah film horor pertama yang menang Oscar dan merupakan salah satu film terbaik yang kerap direkomendasikan.

Jodie Foster di sini berperan sebagai murid akademi FBI bernama Clarice Starling dan mentornya yang memburu pembunuh berantai dengan nama samaran Buffalo Bill.

Setiap kali nyaris tertangkap, Buffalo Bill sanggup melarikan diri. Akhirnya mereka terpaksa meminta bantuan dari psikopat bernama Hannibal yang sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup.

Judul: The Silence of the Lambs (1991)
Tanggal Rilis: 14 February 1991 (USA)
Rating: 8.6 di IMDb
Durasi: 1 jam 58 menit
Genre: Crime, Drama, Thriller

4. Seven (1995) / Se7en (1995)

Film buatan David Fincher bernuansa neo-noir ini berpusat pada kisah David Mills (Brad Pitt), seorang detektif yang berpasangan dengan detektif yang akan pensiun (Morgan Freeman) untuk memburu seorang pembunuh berantai.

Uniknya, si pembunuh berantai menggunakan tujuh dosa besar (seven deadly sins) sebagai motif. Hati-hati ya, karena film ini enggak cocok buat kamu yang gampang jijik karena adegan-adegannya cukup vulgar.

Judul: Se7en (1995)
Tanggal Rilis: 22 September 1995 (USA)
Rating: 8.6 di IMDb
Durasi: 2 jam 7 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

Baca juga: Film Brad Pitt 

5. L.A. Confidential (1997)

L.A. Confidential diangkat dari novel bernama sama karangan James Ellroy yang terdapat dalam seri L.A. Quartet. Film ini mengisahkan sekelompok polisi di Los Angeles pada 1953 silam.

Mereka harus menghadapi kasus antara korupsi di kepolisian dan selebritas Hollywood.

Judul: L.A. Confidential (1997)
Tanggal Rilis: 19 September 1997 (USA)
Rating: 8.2 di IMDb
Durasi: 2 jam 18 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

6. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder menceritakan kisah nyata tentang pembunuhan berantai pertama di Korea Selatan yang terjadi di antara 1986 hingga 1991 di Provinsi Gyeonggi.

Song Kang-ho dan Kim Sang-kyung berperan sebagai dua detektif yang ditugasi untuk memberesi kasus tersebut.

Memories of Murder merupakan film kedua garapan sutradara kenamaan Negeri Ginseng, Bong Joon-ho. Film ini menuai kritik positif atas sinematografi, editing, dan kualitas akting dari para pemainnya.

Judul: Memories of Murder (2003)
Tanggal Rilis: 2 May 2003 (South Korea)
Rating: 8.1 di IMDb
Durasi: 2 jam 12 menit
Genre: Action, Crime, Drama

7. Mystic River (2003)

Kehidupan tiga pria yang merupakan sahabat di masa kecil mereka tercabik-cabik saat salah satu dari mereka mengalami tragedi.

Film yang dikemas dengan apik ini memborong nominasi-nominasi bergengsi di Oscar. Clint Eastwood berperan sebagai sutradara. Sementara nama-nama top mengisi jajaran departemen aktingnya seperti Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon, Laurence Fishburn, hingga Laura Linney.

Judul: Mystic River (2003)
Tanggal Rilis: 15 October 2003 (USA)
Rating: 7.9 di IMDb
Durasi: 2 jam 18 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

8. Zodiac (2007)

Film ini mengangkat kisah nyata di era 1960 hingga 1970-an di San Fransisco. Kisahnya berpusat pada cerita pembunuhan berantai yang dilakukan oleh penjahat bernama Zodiac.

Dua detektif dan reporter berpacu dengan waktu untuk mengungkap identitas sebenarnya dari sang pembunuh berantai.

Sutradara David Fincher bersama penulis dan produsernya melakukan riset selama 18 bulan sebelum membuat film ini. Tak heran Zodiac menuai respons positif untuk kualitas akting, penyutradaraan, dan keakuratan sejarahnya.

Judul: Zodiac (2007)
Tanggal Rilis: 2 March 2007 (USA)
Rating: 7.7 di IMDb
Durasi: 2 jam 37 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

9. Gone Baby Gone (2007)

Gone Baby Gone merupakan debut Ben Affleck sebagai sutradara. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Dennis Lehane.

Dua detektif swasta bernama Patrick Kenzie (Casey Affleck) dan Angie Gennaro (Michelle Monaghan) bahu-membahu untuk memecahkan kasus penculikan bocah perempuan berusia empat tahun.

Gone Baby Gone juga dimeriahkan dengan penampilan aktor veteran Morgan Freeman. Di penghujung film, siap-siap dengan kejutan yang bakal membuatmu tercengang.

Judul: Gone Baby Gone (2007)
Tanggal Rilis: 19 October 2007 (USA)
Rating: 7.6 di IMDb
Durasi: 1 jam 54 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

Baca juga: Film Leonardo DiCaprio

10. Prisoners (2013)

Saat dua bocah perempuan berusia enam tahun menghilang di hari Thanksgiving, ayah mereka yang diperankan Hugh Jackman dan Terrence Howard berupaya untuk menemukan putri mereka dengan menghalalkan berbagai cara.

Jake Gyllenhaal berperan sebagai Detective Loki yang ditugaskan untuk memecahkan kasus ini. Namun upayanya semakin rumit karena Hugh Jackman memutuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian sang putri.

Judul: Prisoners (2013)
Tanggal Rilis: 20 September 2013 (USA)
Rating: 8.1 di IMDb
Durasi: 2 jam 33 menit
Genre: Crime, Drama, Mystery

Nah, dari 10 film detektif terbaik diatas mana film detektif favoritmu?

Penulis: AKD
Editor: AD

Tinggalkan komentar