Suka Bercocok Tanam? Inilah 10 Game Pertanian Terbaik yang Seru Abis

Seperti yang kita tahu, game pertanian memang tidak menjadi pilihan untuk kebanyakan orang saat ingin bermain game. Namun, game pertanian memiliki penggemarnya tersendiri, seperti yang terjadi pada game Harvest Moon di zamannya.

Meski begitu, game pertanian bisa menjadi alternatif kala para gamer sudah bosan dengan game pada umumnya, seperti game balap, peperangan, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, berikut adalah rekomendasi 10 game pertanian terbaik yang bisa Anda coba mainkan.

Inilah 10 Game Pertanian Terbaik Paling Seru

1. Stardew Valley

Game ini memiliki gameplay yang mirip dengan Harvest Moon. Namun, Stardew Valley menawarkan dunia yang lebih besar dari game pertanian legendaris tersebut. Di Stardew Valley ini, Anda bisa melakukan segala kegiatan bertani, seperti bercocok tanam, beternak, memelihara unggas hingga menambang dan memancing.

Anda juga bisa bertemu dengan berbagai karakter unik lainnya, di mana Anda juga bisa menerima request dari penduduk desa yang nantinya akan memberimu hadiah jika Anda melakukan permintaan mereka. Game ini juga punya fitur multiplayer sehingga Anda tidak merasa sendirian.

2. Voodoo Garden

Sesuai dengan namanya, game ini mengandung unsur gaib. Tetapi tenang saja, game ini tidak semenakutkan itu. Dalam game ini, Anda bisa menanam semua tanaman herbal, buah-buahan, dan sayuran yang bisa digunakan untuk produksi aksesoris gaibmu.

Game Voodoo Garden
Game Voodoo Garden

Selain itu, Anda bisa menangkap hewan rawa liar untuk dijadikan bahan ramuan sihir. Anda pun bisa memiliki hewan peliharaan yang nantinya bisa dikorbankan untuk mendapatkan keuntungan sihir tertentu.

Baca juga: Game Buatan Indonesia

3. Township

Game pertanian seru berikutnya adalah Township. Ya, game ini merupakan game dengan perpaduan kebun dan kota. Anda diberikan kebebasan untuk merawat ladang dan melakukan aktivitas seru guna menambah penghasilan.

Penghasilan yang didapatkan juga bisa berasal dari membuka kafe atau hotel di daerah perkotaan. Hal ini mengharuskan Anda harus sering-sering memainkan permainan ini untuk membuka seluruh tahapan yang ada.

4. Plantera


Grafik yang ditampilkan game ini begitu lucu. Di sini, Anda bisa menanam buah, pohon, dan memelihara hewan secara bersamaan. Alur game ini mengharuskan Anda terus meluaskan wilayah perkebunan yang dimiliki agar bisa mendapatkan pembantu yang akan mengurus tanamanmu.

Pembantu ini jelas membantu pekerjaanmu. Ia akan terus bekerja menanam dan memanen tanaman yang ada dan Anda bisa mendapatkan emas saat Anda login kembali ke game ini.

5. Garden Paws

Game buatan Bitten Toast Games ini memiliki tampilan grafis yang baik. Pasalnya, Garden Paws menghadirkan visual 3D sehingga membuat para pemainnya seperti merasakan suasana yang lebih nyata.

Game Garden Paws
Game Garden Paws

Dalam game ini, Anda memerlukan koin untuk bisa menanam dan membangun desa. Untuk mendapatkan koin tersebut, Anda perlu membuka toko sendiri. Berbagai barang bisa dijual di sana, seperti bunga hingga kotoran ternak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing dan menambang dalam game ini.

6. My Time at Portia

Anda akan memainkan seorang karakter yang berprofesi sebagai tukang pahat. Nantinya, Anda bisa membuat berbagai jenis produk dari aktivitas memahat tersebut. Game My Time at Portia ini menghadirkan konsep dan grafik nan unik yang bisa membuatmu betah memainkannya.

Game ini menceritakan seorang anak muda yang harus menggantikan mendiang ayahnya untuk mengembangkan workshop di Portia. Caranya adalah dengan memenuhi komisi, menanam tanaman, dan memelihara hewan. Game ini mengambil sudut pandang orang ketiga atau third-person perspective (TPS).

7. Animal Crossing: New Leaf

Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai seorang walikota di sebuah kota kecil di mana jarang didatangi oleh wisatawan. Melihat kondisi tersebut, sudah jelas bahwa tugasmu adalah dengan mengubah kota itu menjadi sebuah kota indah yang mampu menarik minat para wisatawan.

Membangun jembatan, pusat perbelanjaan, dan infrastruktur lainnya adalah cara untuk membuat kotamu kian ramai. Belum lagi, Anda juga bisa membuat peraturan tersendiri di kota. Tampilan grafik yang imut membuat Anda kian nyaman memainkan game ini.

8. Idle Farming Empire

Mencari dan menghasilkan uang adalah inti dari game ini. Anda bisa menghabiskan uang untuk meningkatkan kualitas pertanian yang dimiliki. Seiring berjalannya waktu, tentu ladangmu bisa menghasilkan uang yang lebih banyak lagi.

Tidak hanya tentang uang saja, Anda pun bisa mengontrol cuaca. Di sisi lain, game ini menawarkan alur permainan yang lebih santai dari game pertanian lainya.

9. Story of Seasons: Trio of Towns

Jika Anda tidak terlalu suka menunggu terlalu lama, game ini bisa menjadi alternatif yang tepat. Pasalnya, game ini memiliki alur yang lebih cepat dari game simulator pertanian lainnya. Otomatis, game ini bisa selesai dengan waktu yang lebih singkat.

Dalam game ini pula, Anda berperan sebagai petani muda yang tidak memiliki pengalaman apapun. Tugasnya adalah Anda harus berhasil mengolah lahan yang ada.

Baca juga: Game Offline Terbaik

10. Hay Day

Siapa yang tak mengenal Hay Day? Ya, ini adalah game pertanian yang sangat populer di kalangan game pertanian lainnya. Game ini berfokus tentang pengelolaan inventarismu.

game hay day, game pertanian terbaik
Game Hay Day, game pertanian terbaik.

Anda bisa menanam tanaman, merawat hewan ternak, memancing, dan berdagang di toko pinggir jalan. Anda pun dibebaskan untuk membangun kota sendiri.

Penulis: Agustinus Galih
Editor: AD

Tinggalkan komentar