10 Film Bertema Kesepian yang Bisa Menemani Waktu Luangmu

Film bertema kesepian atau kesendirian rupanya menjadi salah satu tema yang kerap dieksplorasi oleh film-film Hollywood. Rasa sepi ini sendiri bisa timbul dari berbagai alasan, seperti terpisah dari masyarakat umum, terdampar di suatu tempat asing, atau gara-gara masalah psikologis yang harus dihadapi.

Berikut ini Infodong.id rangkum 10 rekomendasi film seru yang bertema rasa kesendirian atau kesepian.

10 Film Tentang Kesepian

1. Her (2013)

Film Kesepian Her (2013)
Film Kesepian Her (2013) (indozone)

Film fiksi ilmiah garapan Spike Jonze berkisah tentang Theodore Twombly (Joaquin Phoenix), seorang pria yang ‘berpacaran’ dengan Samantha (Scarlett Johansson), asisten virtual yang dipersonifikasi melalui suara perempuan.

Her yang juga dibintangi oleh Amy Adams, Rooney Mara, Olivia Wilde, dan Chris Pratt ini menuai kesuksesan baik di box office maupun di ajang Piala Oscar dengan mendapat lima nominasi.

2. Mary and Max (2009)

Film Kesepian Mary and Max (2009)
Film Kesepian Mary and Max (2009) (IMDb)

Film animasi stop motion ini bukan untuk anak-anak. Mary and Max memiliki tema gelap yang menyedihkan. Film ini berpusat pada hubungan seorang perempuan Australia yang kesepian bernama Mary dengan teman penanya asal Amerika, Max, seorang pria obesitas dengan sindrom Asperger.

Baca juga: Film Leonardo DiCaprio

3. Repulsion (1965)

Film Kesepian Repulsion (1965)
Film Kesepian Repulsion (1965) (otdinf)

Film pertama berbahasa Inggris garapan Roman Polanski, Repulsion adalah film horor psikologis yang dibintangi Catherine Deneuve. Repulsion fokus pada seorang perempuan muda bernama Carol yang berubah menjadi gila gara-gara ditinggal sendirian di apartemennya.

Film ini mengambil sudut pandang Carol yang mengalami halusinasi dan mimpi buruk seiring ia melakukan kontak dengan para laki-laki.

4. Cast Away (2000)

Film Tentang Kesendirian Cast Away (2000)
Film Tentang Kesendirian Cast Away (2000)

Film bertema perjuangan bertahan hidup ini dibintangi oleh Tom Hanks dan Helent Hunt, serta disutradarai oleh Robert Zemeckis. Tom Hanks di sini berperan sebagai karyawan FedEx yang terdampar di sebuah pulau setelah pesawatnya mengalami kecelakaan.

Ia lalu menciptakan sesosok teman bernama Wilson, yakni sebuah bola voli. Cast Away seolah menjadi pengingat untuk menikmati kehidupan.

5. Solaris (2002)

Film Kesendirian Solaris (2002)
Film Kesendirian Solaris (2002) (basementrejects)

Solaris adalah salah satu film fiksi ilmiah garapan Steven Soderbergh yang diadaptasi dari novel berjudul sama karagan Stanislaw Lem. Film ini menggambarkan dampak psikologis terhadap orang yang terisolasi setelah sekian lama.

Solaris berlatar belakang stasiun luar angkasa yang tengah mengorbit planet Solaris dan menampilkan flashback dari kehidupan si tokoh utama ketika masih di Bumi.

Baca juga: Film Tentang Wabah dan Virus

6. Chungking Express (1994)

Film Tentang Kesepian Chungking Express (1994)
Film Tentang Kesepian Chungking Express (1994)

Sutradara kenamaan Wong Kar-wai membuat kesendirian dan melankoli terlihat romantis dalam filmnya ini. Chungking Express menampilkan dua kisah. Pertama, seorang polisi Hong Kong yang belum bisa move on usai putus dari perempuan ernama May, yang kemudian bertemu dengan seorang penyelundup obat-obatan terlarang misterius.

Kisah kedua menampilkan Tony Leung sebagai anggota polisi yang mencoba bangkit dari rasa suram karena kehilangan sang kekasih.

7. Christine (2016)

Christine (2016)
Christine (2016) (nytimes)

Christine merupakan film biografi garapan Antonio Campos. Film ini dibintangi oleh Rebecca Hall yang memerankan seorang reporter berita bernama Christine Chubbuck yang berkutat dengan depresinya.

Rasa kesepian dan depresi yang dialami Chubbuck menuntunnya kepada sebuah tragedi di mana ia bunuh diri saat sedang live di televisi pada 1974 silam.

8. Lost in Translation (2003)

Lost in Translation (2003)
Lost in Translation (2003) (directorsseries)

Film komedi romantis buatan Sofia Coppola ini berkisah tentang Bob Harris, seorang bintang film yang kariernya mulai meredup dan kemudian pergi ke Tokyo dalam rangka promosi sebuah produk. Di sana ia bertemu dengan Charlotte, perempuan muda asal Amerika yang baru saja lulus.

Lost in Translation mengeksplorasi tema kesendirian dan rasa asing dengan berlatar belakang budaya Jepang.

9. Magnolia (1999)

Magnolia (1999)
Magnolia (1999) (beautyrockin.blogspot.com)

Drama psikologis Magnolia adalah salah satu karya Paul Thomas Anderson yang memiliki jajaran bintang top seperti Jeremy Blackman, Tom Cruise, Philip Seymour Hoffman, hingga Julianne Moore.

Magnolia adalah sebuah mosaik dari para karakternya yang berjuang untuk menemukan kebahagiaan, pengampunan, dan makna hidup.

Baca juga: Film Thriller Psikologis Paling Menegangkan

10. Harold and Maude (1971)

Harold and Maude (1971)
Harold and Maude (1971) (eyeforfilm.co.uk)

Harold and Maude adalah film drama komedi tentang rasa kesepian yang dibumbui humor gelap. Plotnya menampilkan seorang laki-laki muda bernama Harold Chasen yang penasaran dengan kematian.

Harold lalu perlahan membangun persahabatan dengan wanita berusia 79 tahun bernama Maude, yang lama-lama berubah menjadi cinta.

Nah itulah rekomendasi film bertema kesepian, jangan lupa siapkan cemilan ya jika ingin menontonnya! 🙂

Penulis: AKD
Editor: AD

Leave a Comment