10 Game PC Terbaik dengan Spesifikasi Ringan

Game-game terbaik yang ada di pasaran saat ini berbanding lurus dengan spesifikasi Personal Computer (PC) yang tinggi pula. Hal inilah yang biasanya menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memainkan game-game tersebut.

Meski begitu, masih ada banyak game berkualitas yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. Jelas ini adalah sebuah harapan bagi mereka yang memiliki spesifikasi PC yang tanggung. Berikut adalah 10 game PC terbaik yang punya spesifikasi ringan.

Daftar 10 Game PC Terbaik Ringan

1. Grand Theft Auto: San Andreas

Siapa yang tak kenal dengan Grand Theft Auto (GTA)? Ya, seri game yang mengangkat latar kota San Andreas ini adalah game legendaris di PlayStation 2. Di sini, Anda akan memainkan seorang member Gang Groove Street Family, Carl Johnson, yang bebas berkelana demi menjalankan misi.

Karena ini merupakan game cukup jadul, maka tak heran jika game ini hanya membutuhkan minimum prosesor Pentium III untuk menjalankannya. Tentu itu adalah spesifikasi yang sangat ringan di saat ini, kan?

2. Call of Duty: Modern Warfare 2

Modern Warfare 2 adalah salah satu seri terbaik Call of Duty yang pernah ada. Game tembak-tembakan ini menawarkan permainan dengan sudut pandang orang pertama. Grafis yang ditampilkan pun begitu menggoda dengan detail yang baik.

Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat ingin memainkan game ini. Pasalnya, Anda hanya butuh PC dengan Operating System (OS) minimal Windows 7, prosesor Intel Dual Core, dan RAM 4 GB saja agar game ini bisa berjaln. Menarik sekali, bukan?

Baca juga: Game Horor Terbaik untuk PC

3. Left 4 Dead 2

Game survival yang mengusung tema zombie ini memang punya nama yang cukup besar. Game besutan dari Valve ini berfokus dalam misi menyelamatkan diri dari kejaran para zombie. Untuk menambah keseruan, game ini menawarkan mode co-op multiplayer secara online agar bisa dimainkan bersamaan dengan teman-teman.

Berbicara spesifikasi, game ini hanya perlu komputer dengan Windows 7, prosesor Intel Pentium IV, dan RAM 2 GB saja. Namun sayang, game ini butuh ruang penyimpanan (storage) yang sama besarnysa dengan CoD: Modern Warfare 2, yakni sebesar 13 GB.

4. Doom 3

Game yang rilis pada 2004 silam ini bercerita tentang seorang survivor yang harus mempertahankan dirinya dari serangan para monster jahat. Game yang juga bernuansa horor ini memiliki genre First Person Shooter (FPS) dan dibungkus dengan grafik 3D yang cukup baik.

Yang menarik adalah Doom 3 hanya perlu OS Windows 2000 atau XP, prosesor Intel Pentium IV, dan RAM yang hanya 384 MB saja. Doom 3 juga bisa dimainkan di VGA apapun, selagi masih mendukung DirectX 9.0b.

5. Far Cry

Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai Jack Carver, seorang freelancer yang harus bertahan hidup di sebuah pulau yang dipenuhi oleh orang-orang jahat. Anda bisa melawan mereka dengan berbagai macam persenjataan, seperti pistol dan granat.

Far Cry memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari Doom 3, yakni dengan minimal OS Windows 2000 atau XP, prosesor Intel pentium III, dan RAM yang hanya 256 MB saja. Game ini juga memakan storage yang ringan, yaitu sekitar 4 GB saja. Rendah sekali, bukan?

6. Limbo

Limbo membuat Anda berperan sebagai anak laki-laki yang terdampar di sebuah hutan misterius dengan latar hitam-putih. Garis besar dari game ini adalah dengan mencari keberadaan saudara perempuannya yang terjebak di hutan tersebut. Selama berproses, Anda akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang siap menghadangmu di tengah perjalanan.

Rintangan yang ada biasanya berupa teka-teki, jebakan, laba-laba raksasa, dan bahkan sesama manusia yang berniat mencelakaimu. Untuk memainkannya, Anda hanya butuh OS minimal Windows XP, prosesor Intel Pentium, dan RAM sekitar 512 MB.

7. Don’t Starve

Tinggal sendirian di sebuah hutan membuat Anda bisa memanfaatkan segala hal yang ada di sana. Anda pun ditugaskan untuk mengumpulkan berbagai sumber daya alam untuk dikonsumsi atau demi keperluan hidup lainnya. Game survival ini jelas akan menambah pengetahuanmu untuk hidup di alam liar.

Don’t Starve juga memungkinkan Anda untuk bermain secara online dengan banyak orang di dunia lewat game lanjutannya yang berjudul Don’t Starve Together. Untuk memainkannya, Anda hanya perlu komputer dengan minimal OS Windows XP, RAM 1 GB, dan kapasitas storage hanya 500 MB saja.

8. Age of Empires III

Game keluaran Ensemble Studio dan Microsoft ini memiliki genre Real Time Strategy (RTS). Game penerus dari Age of Empires II ini menyuguhkan aksi beberapa bangsa di era penjelajahan, seperti Prancis, Jerman, dan Turki. Tak hanya itu, Anda juga bisa memainkan suku Indian dalam game ini.

Dalam hal spesifikasi, game seri ketiga ini membutuhkan minimal OS Windows XP yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core 2 Duo dan RAM sebesar 2 GB. Sayang, game ini cukup memakan storage hingga 12 GB.

9. League of Legends

Game yang bergenre Role-playing Game (RPG) punya kurang lebih 100 hero yang bisa Anda mainkan. Nantinya, Anda dituntut untuk meracik strategi agar hero yang dimainkan bisa berkembang dengan baik. Ada tiga mode dalam game ini, yakni PvP, 3 vs 3, dan mode latihan dengan AI Bot.

Game yang sudah dipopulerkan sejak 2009 oleh developer Riot Games ini memang terus berjalan. Versi awal game ini punya spesifikasi yang cukup rendah, yaitu dengan OS Windows 7, 2 GB RAM, dan storage kosong 8 GB.

Baca juga: Game Perang Terbaik di Android Paling Seru

10. Minecraft

Minecraft adalah salah satu game paling populer di dunia. Anda bisa membangun apa saja yang diinginkan dalam game ini. Anda juga bisa berhadapan dengan berbagai monster yang dapat ditemukan di bawah tanah atau saat malam.

Hal yang paling diingat dari game ini adalah grafik ala lego yang jelas menambah keseruan game ini. Untuk memainkannya, Anda harus menyiapkan setidaknya komputer dengan spesifikasi minimal OS Windows 7, prosesor Intel Core i3, dan 4 GB RAM.

Penulis: Agustinus Galih
Editor: AD

Leave a Comment