Home » Film » 10 Film Tentang Wabah dan Virus Menular Paling Seram

10 Film Tentang Wabah dan Virus Menular Paling Seram

Film tentang wabah dan virus menular yang berbahaya dulu masuk dalam kategori horor atau fantasi. Menariknya, film – film tentang wabah itu sudah tayang pada tahun – tahun yang lalu, namun akhir – akhir ini film tentang wabah tersebut kembali populer selama pandemi.

Film tentang wabah penyakit dan virus menular sangat cocok ditonton saat dirumah selama pandemi. Selain ceritanya yang menarik, film – film ini menyajikan berbagai aksi – aksi yang menegangkan.

Penasaran dengan film – film tersebut? Berikut ini rekomendasi film wabah dan virus  yang berbahaya paling seram yang bikin dag dig dug dan merinding.

Film Wabah dan Virus

1. Contagion (2011)

Film Contagion (2011), film tentang wabah
Film Contagion (2011). (Pic: IMDb).

Contagion barangkali adalah film tentang pandemi yang paling realistis. Film ini setidaknya mirip sekali dengan situasi ketika pandemi Covid-19 meluas ke seluruh dunia dan mendadak banyak ditonton oleh orang-orang.

Film garapan Steven Soderbergh ini dimeriahkan oleh para aktor ternama seperti Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Marion Cotillard, Matt Damon, Laurence Fishburne, hingga Jude Law.

Contagion menggambarkan perjuangan para peneliti, tenaga kesehatan, dan masyarakat dalam menanggulangi penyebaran virus misterius yang menyerang pernapasan.

2. 28 Days Later (2002)

Film 28 Days Later (2002), film tentang wabah
Film 28 Days Later (2002). (Pic: IMDb).

Drama horor asal Inggris ini dibintangi Cillian Murphy, Naomie Harris, Megan Burns, hingga Brendan Gleeson.

Plotnya menceritakan situasi masyarakat yang kacau balau usai penyebaran virus yang mudah menular dan berfokus pada perjuangan empat orang penyintas yang hidupnya hancur gara-gara pendemi tersebut.

Meski sutradara Danny Boyle tak mau menyebut filmnya sebagai film zombie, tetapi 28 Days Later kerap mendapat pujian sebagai film yang memberikan warna baru di genre zombie. Lima tahun kemudian, film ini dibuatkan sekuelnya yang berjudul 28 Weeks Later.

Baca juga ya: Film Tentang Kecelakaan Pesawat

3. World War Z (2013)

Film World War Z (2013), film tentang virus zombie
Film World War Z (2013). (Pic: theactionelite.com)

Film zombie ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Max Brooks. Brad Pitt berperan sebagai Gerry Lane, mantan penyelidik PBB yang berkeliling dunia mengumpulkan berbagai petunjuk untuk menanggulangi wabah zombie.

World War Z mendapat keuntungan luar biasa di box office seluruh dunia dan menjadi film zombie tersukses sepanjang masa. Brad Pitt pun mendapat pujian karena performanya.

4. Outbreak (1995)

Film Outbreak (1995)
Film Outbreak (1995)

Film Outbreak ini bermula dengan kisah penyebaran virus mematikan yang mirip Ebola dan dinamai Motaba.

Namun kisah ini kemudian berlanjut dengan upaya pencarian seekor monyet yang diduga sebagai induk pertama yang terinfeksi virus tersebut.

Meski virus itu diceritakan menyebar di Zaire, tapi kebanyakan latar belakang film ini mengambil set di institut penelitian militer Amerika Serikat.

Outbreak dimeriahkan dengan penampilan Dustin Hoffman, Morgan Freeman, Donald Sutherland, dan Kevin Spacey.

5. It Comes At Night (2017)

FIlm It Comes At Night (2017), film tentang wabah penyakit
FIlm It Comes At Night (2017). (pic: rogerebert.com)

Film horor satu ini berfokus pada satu keluarga yang bersembunyi di hutan ketika Bumi diambil alih oleh penyakit berbahaya yang mudah menular. Bersiaplah dengan endingnya yang tak terduga.

It Comes At Night dibintangi Joel Edgerton, Christopher Abbott, dan Riley Keough. Meski mendapat pujian dari para kritikus, film ini tak terlalu populer di kalangan penonton awam.

6. I Am Legend (2007)

Film I Am Legend (2007), film tentang virus
Film I Am Legend (2007). (Pic: letterboxd.com)

I Am Legend adalah film pasca apokaliptik yang terinspirasi dari novel berjudul sama karangan Richard Matheson.

Will Smith berperan sebagai ahli virus di militer AS bernama Robert Neville. Sebuah virus yang awalnnya dibuat untuk menyembuhkan kanker, malah membunuh nyaris seluruh manusia di muka bumi.

Robert Neville pun menjadi manusia terakhir yang bertahan hidup di New York. Ia harus berjuang menemukan obat sambil menghadapi para korban yang menjadi haus darah.

Baca juga ya: Film Detektif Terbaik yang Wajib Ditonton Pencinta Misteri

7. Zombieland (2009)

Film Zombieland (2009), film tentang virus zombie
Film Zombieland (2009). (Pic: themoviedb.org)

Film zombie yang satu ini bergenre komedi. Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone, dan Abigail Breslin memerankan empat karakter yang selamat dari serangan zombie.

Keempatnya bekerja sama untuk menemukan tempat di Amerika Serikat yang bebas dari zombie.

Setelah sukses di pasaran, Zombieland lalu dibuatkan sekuelnya yang berjudul Zombieland: Double Tap dan dirilis pada 2019 lalu.

8. Carriers (2009)

Film Carriers (2009), film tentang virus
Film Carriers (2009)

Dua orang kakak beradik dan teman-teman mereka berupaya untuk menghindari wabah virus yang merebak dengan cara berkelana di gurun sambil menunggu wabahnya berakhir.

Namun ternyata, bahaya yang mengintai datang dari gerombolan itu sendiri.

Carriers dibintangi oleh Lou Taylor Pucci, Chris Pine, Piper Perabo, dan Emily VanCamp. Semenjak pandemi Covid-19, film ini kembali mendapat perhatian masyarakat.

9. The Andromeda Strain (1971)

Film The Andromeda Strain (1971)
Film The Andromeda Strain (1971). (Pic: cinapse.co)

Film fiksi ilmiah ini mengadaptasi novel berjudul sama karangan penulis Jurassic Park, Michael Crichton.

Film The Andromeda Strain dibintangi Arthur Hill, James Olson, Kate Reid, dan David Wayne sebagai tim ilmuwan yang menginvestigasi organisme mematikan yang datang dari luar angkasa.

Meski wabah yang melanda di film ini bukan datang dari Bumi, Asosiasi Penyakit Menular Amerika Serikat menyebut film ini akurat dan sesuai dengan sains.

10. The Maze Runner (2014)

Film The Maze Runner (2014)
Film The Maze Runner (2014)

Di negeri distopia, virus Flare mengacak-acak kehidupan manusia dan nasib planet ini ada di tangan seorang pemuda bernama Dylan O’Brien.

Selanjutnya, si remaja tersebut harus bertahan hidup ketika terkurung di sebuah labirin raksasa bersama sejumlah remaja lainnya.

The Maze Runner diangkat dari novel laris karangan James Dashner. Dua sekuelnya sudah dirilis, yakni Maze Runner: The Scorch Trials (2015) dan Maze Runner: The Death Cure (2018).

Bagaimana menurutmu film tentang wabah dan virus menular ini? Yuk berikan komentar kamu di kolom komentar ya!

Penulis: AKD
Editor: Admin

Leave a Comment