10 Pesepak Bola Muda Paling Mahal di Dunia

Siapakah pesepak bola muda paling mahal di dunia? Bibit-bibit baru di sepak bola dunia memang terus bermunculan. Kehebatan mereka membuat kita terpukau akan penampilannya di lapangan hijau.

Dari sekian banyak pemain muda yang bersinar, terdapat sepuluh pemain muda yang sudah berada di level teratas bahkan siap menyalip para seniornya dengan prestasi-prestasi yang mereka ciptakan.

Tak heran apabila mereka dihargai begitu tinggi untuk bisa memakai jasa mereka. Berikut adalah kesepuluh pesepak bola muda paling mahal di dunia menurut lembaga riset sepak bola, CIES Football Observatory, hingga akhir 2020 ini.

Inilah 10 Pemain Muda Termahal di Dunia

1. Alphonso Davies – 180,4 juta euro

Alphonso Davies, pesepak bola muda paling mahal di dunia.
Alphonso Davies, Pesepak bola muda paling mahal di dunia. (Foto: sport.detik.com)

Namanya memang menjadi fenomena tersendiri dalam semusim terakhir. Pasalnya, Alphonso Davies baru saja berhasil meraih Treble Winner bersama Bayern Munchen, yaitu gelar juara Liga Champions, Bundesliga, dan DFB Pokal di musim 2019/2020 kemarin.

Berkat kesuksesannya tersebut, pemuda 20 tahun ini juga dianugerahi penghargaan Atlet Pria Terbaik Kanada 2020 dalam acara Lionel Conacher Award pada Selasa (29/30) kemarin. Tak heran bila harganya kini melambung sangat tinggi dengan ditaksir mencapai 180,4 juta euro (Rp3,08 triliun).

2. Jadon Sancho – 125,6 juta euro

Ditempat kedua diisi oleh pemain muda Borussia Dortmund ini. Ya, namanya memang sudah cukup lama menjadi buah bibir pecinta sepak bola di dunia. Dengan usianya yang baru 20 tahun, Sancho menjadi pusat perhatian lewat aksi sepak bolanya yang memukau.

Wajar bila banyak klub elit dunia berusaha untuk mendapatkan jasanya, salah satunya adalah Manchester United yang rela mengeluarkan dana besar untuk Sancho. Kini, harga pemuda asal Inggris tersebut berkisar di angka 125,6 juta euro (Rp2,14 triliun).

Baca juga ya: 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

3. Ansu Fati – 122,7 juta euro

Ansu Fati mulai menghebohkan dunia sepak bola sejak masuk ke skuat Barcelona senior. Di sana, ia langsung menjadi salah satu pemain paling berharga di klubnya. Pasalnya, ia mampu menjadi pengganti sang megabintang, Lionel Messi, jika tak mampu mencetak gol untuk Barcelona.

Tak heran bila Fati langsung digadang-gadang menjadi penerus Messi di masa depan mengingat sang megabintang sudah mulai menua. Kini, Fati yang baru berusia 18 tahun tersebut telah dihargai mencapai 122,7 juta euro.

4. Erling Braut Haaland – 120,3 juta euro

Dalam dua musim terakhir, dunia sepak bola juga dihebohkan dengan kemunculan “wonderkid” lainnya, yakni Haaland. Ia sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai striker kelas dunia sejak masih berseragam Red Bull Salzburg. Berkat keganasannya dalam mencetak gol, kini ia direkrut oleh Borussia Dortmund.

Di klub barunya ini, ia tetap tampil gemilang, baik di level liga dalam negeri (Jerman) maupun di kancah Eropa. Saat ini, harga dari pemuda 20 tahun asal Norwegia tersebut dinilai seharga 120,3 juta euro (Rp2,05 triliun).

5. Mason Greenwood – 115,3 juta euro

Greenwood merupakan pemain asli akademi Manchester United. Selama berkiprah di level junior, namanya cukup diperhitungkan oleh pengamat sepak bola dunia. Kini, ia telah masuk di tim utama dan telah mencetak 11 gol dari 44 penampilannya sejak bergabung di level senior pada 2018 lalu.

Pesepak bola kelahiran 2001 ini juga merupakan pemain langganan yang dipanggil ke Tim Nasional (Timnas) Inggris, mulai dari U-15 hingga di level senior saat ini. Kini, ia dilabeli dengan harga sekitar 115,3 juta euro (Rp1,96 triliun).

6. Ferran Torres – 106 juta euro

Ferran Torres punya penampilan yang cukup menjanjikan saat masih berseragam Valencia. Melihat hal tersebut, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tertarik untuk merekrut pemuda 20 tahun asal Spanyol tersebut. Belum lagi, ia juga mampu tampil cukup konsisten di level internasional bersama Spanyol.

Sebelumnya, Torres bahkan sanggup melesatkan hattrick saat menumbangkan Jerman 6-0 di ajang UEFA Nations League pada pertengahan November kemarin. Saat ini, Torres memiliki harga di angka 106 juta euro (Rp1,81 triliun).

Baca juga ya: Selebrasi Gol Paling Kontroversial

7. Bukayo Saka – 95,8 juta euro

Saka memang baru berusia 19 tahun, namun perannya di Arsenal cukup impresif. Berkat kehadirannya di skuat utama, Saka mampu membuat Arsenal bangkit di beberapa laga terakhirnya.

Memang, sumbangan gol dan assistsnya tidak sebanyak wonderkid yang lain. Namun, Saka tetap bisa diandalkan untuk meraih kemenangan timnya. Kini, pemuda asal Inggris tersebut dianggap telah mencapai harga 95,8 juta euro (Rp1,63 triliun).

8. Dejan Kulusevski – 75,1 juta euro

Namanya mungkin kurang populer bila dibandingkan dengan pemain muda yang lain. Namun, ia mampu membawa Juventus merebut kemenangan. Dengan postur badan yang tinggi dan besar, pemain asal Swedia ini bisa ditempatkan di lini tengah atau depan.

Dari 12 penampilannya di musim 2020/2021 ini, pemain 20 tahun tersebut sudah mengemas tiga gol. Kulusevksi pun dinilai dengan angka sebesar 75,1 juta euro (Rp1,28 triliun).

9. Phil Foden – 70,3 juta euro

Foden merupakan pemain asli akademi Manchester City. Tidak hanya berhasil menembus skuat senior klubnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga telah masuk ke dalam skuat utama di Timnas Inggris senior.

Kebolehannya bermain bola telah ditunjukkannya saat ia berhasil meraih penghargaan Golden Ball di turnamen Piala Dunia U-17 pada 2017 lalu. Dengan nilai berkisar 70,3 juta euro (Rp1,2 triliun), pemain 20 tahun ini menjadi salah satu aset berharga bagi Manchester City di masa depan.

10. Rodrygo Goes – 69,9 juta euro

Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar telah terlihat saat masih bermain untuk klub asal Brazil, Santos. Dari 63 penampilannya, ia mencatatkan 13 gol. Hasil ini yang membuat Real Madrid tertarik untuk mendatangkannya pada 2019 lalu.

Kini, Rodrygo telah mengoleksi empat gol dari 33 penampilannya bersama klub raksasa Spanyol tersebut. Winger 19 tahun ini dilabeli dengan harga 69,9 juta euro (Rp1,19 triliun).

Penulis: Agustinus Galih
Editor: AD

Check Also

romelu lukaku dan jordan lukaku, kakak adik termahal di sepakbola dunia

10 Kakak Adik Termahal dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

Pemandangan kakak-beradik yang sama-sama menekuni profesi yang sama memang sudah tak asing lagi, khususnya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *