Home Film 10 Film Tentang Pesawat, Dari Kecelakaan hingga Pembajakan

10 Film Tentang Pesawat, Dari Kecelakaan hingga Pembajakan

77

Banyak hal yang bisa terjadi di dalam sebuah pesawat, terutama dalam kisah-kisah garapan sineas Hollywood. Dari pembajakan, kecelakaan, atau plot konyol seperti lepasnya ratusan ular di dalam kabin, semuanya pernah dikemas menjadi tontonan menarik. Berikut ini adalah rekomendasi 10 film tentang pesawat terbaik.

film tentang pesawat, SNAKES ON A PLANE (2006).
Film tentang pesawat, SNAKES ON A PLANE (2006).

10 Film Tentang Pesawat

1. Air Force One (1997)

Barangkali adalah film paling populer tentang pesawat. Air Force One kerap diputar di televisi-televisi Indonesia. Film ini menceritakan sekelompok teroris yang membajak Air Force One, pesawat presiden Amerika Serikat.

Sang presiden yang diperankan oleh Harrison Ford pun berupaya untuk menyelamatkan seluruh penumpang dengan mengambil alih kendali pesawat dari para pembajak. Selain Harrison Ford, Air Force One juga dibintangi oleh Gary Oldman, Glenn Close, dan Wendy Crewson.

2. Sully (2016)

Sully adalah film biografi yang diangkat dari otobiografi berjudul Highest Duty. Tom Hanks berperan sebagai Chesley Sullenberger dan ditemani oleh aktor top lainnya seperti Aaron Eckhart, Laura Linney, dan Holt McCallany.

Sully menyoroti pendaratan darurat US Airways Flight 1549 di Sungai Hudson pada Januari 2009. Sullenberger pun harus menghadapi publisitas dan investigasi usai peristiwa tersebut.

Baca juga:

Film Kanibal Paling Seram

Film Horor Korea

3. Red Eye (2005)

Red Eye adalah film thriller action garapan sutradara spesialis horor, Wes Craven. Film ini menceritakan seorang manajer hotel yang terlibat dalam rencana pembunuhan oleh seorang teroris ketika terbang menuju Miami.

Meski tak terlalu realistis, tetapi film yang dibintangi Rachel McAdams dan Cillian Murphy ini cukup bikin deg-degan sekaligus menghibur.

4. Top Gun (1986)

Top Gun adalah film yang membuat karier Tom Cruise melejit dan bikin anak-anak di era 1980-an bercita-cita menjadi pilot. Top Gun menyoroti seorang jagoan yang mengikuti program pelatihan penerbangan elite.

Bertahun-tahun setelah Top Gun dirilis, film ini disebut-sebut masih memuat adegan penerbangan yang paling keren. Film ini pun dibuatkan sekuelnya berjudul Top Gun: Maverick, tapi hingga saat ini perilisannya ditunda karena pandemi Covid-19.

5. Airplane! (1980)

Airplane! adalah parodi dari film-film bergenre bencana. Film ini banyak mengandung humor absurd dan komedi slapstick. Tak heran jika hingga saat ini, Airplane! masih menjadi salah satu film terlucu sepanjang masa.

Film yang sukses secara komersial ini barangkali juga mirip dengan pengalamanmu naik pesawat terbang, dengan memuat adegan-adegan tentang penumpang lain yang mengganggu, makanan yang tidak enak, dan ketakutan akan pesawat yang tiba-tiba akan jatuh.

6. Flight (2012)

Denzel Washington berperan sebagai William Whitaker Sr, seorang pilot pecandu alkohol yang secara ajaib mampu menyelamatkan pesawatnya setelah kerusakan mesin. Film ini mengambil inspirasi dari kecelakaan pesawat Alaska Airlines Flight 261.

Film garapan Robert Zemeckis ini sukses secara komersial dan di mata kritikus, serta masuk dalam dua nominasi Piala Oscar ke-85.

7. Flightplan (2005)

Flightplan adalah film thriller psikologis yang dibintangi Jodie Foster, Peter Saarsgaard, dan merupakan debut akting Matt Bomer. Kisahnya menyoroti Kyle Pratt, janda teknisi pesawat yang terbang kembali ke AS bersama sang putri serta jenazah sang suami.

Namun di perjalanan, ia menyadari sang putri menghilang dan pilot pesawat pun meyakinkannya bahwa sang putri tidak pernah menginjakkan kaki di penerbangan tersebut. Ia lalu harus mencari anaknya sekaligus membuktikan bahwa dirinya tidak gila.

8. Snakes on a Plane (2006)

Film ini memang memiliki jalan cerita yang konyol dan adegan-adegan yang sangat tidak realistis. Namun penampilan Samuel L. Jackson dkk di sini ternyata cukup menghibur dan adegan-adegan konyolnya justru membuat film ini unik.

Snakes on a Plane bercerita tentang sekelompok penjahat yang melepaskan ular-ular berbahaya di sebuah penerbangan komersial demi membunuh salah seorang penumpang.

9. United 93 (2006)

Film bergaya dokumenter ini menggambarkan peristiwa di pesawat United Airlines Flight 93 yang dibajak selama penyerangan teroris 11 September 2001. Menurut klaim si pembuat film, kisah ini dibuat dengan berkoordinasi bersama para keluarga penumpang.

United 93 masuk dalam dua nominasi Piala Oscar, termasuk Sutradara Terbaik untuk Paul Greengrass, yang terkenal dengan film The Bourne Supremacy.

10. Alive (1993)

Ini bukanlah tontonan yang pas buat dinikmati selama penerbangan. Alive adalah film tentang kecelakaan pesawat Uruguayan Air Force Flight 571 pada 1972 dan upaya tim rugby Uruguay untuk bertahan hidup di pegunungan Andes.

Baca juga:

10 Rekomendasi Film Leonardo DiCaprio Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here