Home » Film » 10 Serial Antologi Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

10 Serial Antologi Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

Membanjirnya layanan streaming film dan serial membuat semakin banyak pula pilihan konten tontonan. Salah satunya yang kini banyak digemari adalah serial antologi horor.

Serial berformat ini memiliki cerita berbeda per episode atau per musimnya, tetapi masih memiliki satu benang merah yang sama. Penasaran dengan serial antologi horor ini?

Berikut ini Infodong.id pilihkan 10 serial antologi seru bernuansa horor yang bisa Anda tonton selama bersantai di rumah.

Serial Antologi Horor

1. Alfred Hitchcock Presents

Serial antologi satu ini dibuat, dinarasikan, dan diproduseri oleh filmmaker ternama, Alfred Hitchcock. Tayang pada 1962-1965 silam, serial ini memadukan kisah-kisah misteri bergenre thriller, drama, horor, dan kriminal.

Serial klasik ini berlangsung selama 10 musim dan terdiri dari 268 episode yang masih berformat hitam-putih.

2. The Twilight Zone

Sama seperti Alfred Hitchcock Presents, The Twilight Zone juga adalah serial antologi klasik yang terdiri dari kisah-kisah berbeda setiap episodenya.

Setiap karakter utama di episodenya diceritakan menghadapi kejadian-kejadian aneh dan tak biasa.

Genre utama The Twilight Zone sebenarnya adalah fiksi ilmiah, tetapi umumnya masih bernuansa fantasi dah horor.

Serial ini sudah beberapa kali dibuat ulang, mulai dari versi yang tayang era 1960-an, 1980-an, hingga yang terbaru pada 2019 lalu.

Baca juga: 15 Film Kanibal Paling Mengerikan

3. American Horror Story

Jika dua serial di atas memiliki kisah berbeda setiap episode, American Horror Story memiliki tema berbeda tiap musimnya.

Serial buatan Ryan Murphy dan Brad Falchuk ini sudah berjalan selama sembilan musim dan memiliki tema seperti rumah berhantu, rumah sakit jiwa, kaum penyihir, hingga sirkus.

Sejumlah pentolan dalam serial ini seperti Sarah Paulson dan Jessica Lange tampil dalam beberapa musim dengan karakter berbeda.

Namun ada pula sederet nama top lainnya seperti Lady Gaga hingga Angela Bassett yang ikut ambil bagian dalam American Horror Story.

4. Black Mirror

Black Mirror adalah serial televisi antologi buatan Inggris yang bertema fiksi ilmiah di dunia distopia. Setiap episode memiliki kisah berbeda, umumnya berupa konsekuensi mengerikan yang terjadi akibat kemajuan teknologi.

Episode yang berjudul Black Mirror: Bandersnatch pantang Anda lewatkan di Netflix karena menyajikan pengalaman berbeda, yakni Anda bisa menentukan jalan cerita si tokoh utama dengan memilih adegan selanjutnya.

5. Channel Zero

Berlangsung selama empat musim, Channel Zero adalah serial antologi asal Amerika Serikat bergenre horor supranatural.

Garis cerita dalam serial ini diangkat dari creepypasta, alias mitos-mitos horor yang pernah viral di dunia maya.

Keempat musim tersebut berjudul Candle Cove, No-End House, Butcher’s Block, dan The Dream Door. Sejak ditayangkan pada 2016 lalu, Channel Zero mendapatkan respons positif, bahkan mendapatkan rating 100% dari situs Rotten Tomatoes.

6. The Haunting

Serial Antologi yang tayang di Netflix ini mengangkat kisah-kisah horor dari novel-novel populer.

Musim pertamanya yang berjudul The Haunting of Hill House bercerita tentang lima kakak beradik yang harus menghadapi ‘hantu-hantu’ dari masa lalu mereka ketika tinggal di sebuah rumah besar.

Musim kedua dari antologi ini berjudul The Haunting of Bly Manor yang diadaptasi dari novela terbitan 1898 berjudul The Turn of the Screw karangan Henry James.

Kedua musim ini meskipun dibintangi oleh aktor-aktor yang sama, tidak memiliki keterkaitan satu sama lain.

7. Creeped Out

Serial yang bisa Anda tonton di Netflix ini adalah antologi buatan Inggris-Kanada. Berlangsung selama dua musim, setiap episodenya menghadirkan cerita berbeda, meski ada beberapa detail yang menghubungkan setiap episodenya.

Serial yang menggabungkan fantasi, fiksi ilmiah, petualangan, misteri, dan horor ini memang ditujukan untuk para remaja.

8. Castle Rock

Castle Rock adalah antologi horor psikologis yang mengambil inspirasi dari kisah-kisah karangan maestro horor Stephen King.

Serial ini berpusat tentang kehidupan sebuah kota fiksi bernama Castle Rock yang berada di Maine. Sayangnya, produksi serial ini dihentikan setelah berjalan dua musim.

9. Are You Afraid of the Dark?

Salah satu serial antologi horor tersukses ini sudah dibuat ulang sebanyak beberapa kali. Are You Afraid of the Dark berpusat pada petualangan sekelompok remaja yang menyebut geng mereka sebagai The Midnight Society.

Setiap episode, salah satu anggota geng itu akan menceritakan kisah menyeramkan ketika berkumpul di lokasi rahasia di hutan. Terkadang sejumlah kisah itu terinspirasi dari kejadian yang dialami langsung oleh si pencerita.

Baca juga: 10 Film Thriller Psikologis Paling Menegangkan

10. Folklore

Nah, kalau serial antologi satu ini datang dari karya para sutradara Asia. Folklore musim pertama tayang di HBO Asia pada Oktober 2018 lalu dan sudah mendapat lampu hijau untuk dibuatkan musim keduanya.

Folklore musim pertama berisi enam episode yang berasal dari Indonesia, Jepang, Singapura, Thailand, Malaysia dan Korea Selatan.

Episode perdananya berjudul A Mother’s Love adalah karya bikinan Joko Anwar yang mengangkat kisah tentang Wewe Gombel.

Penulis: AKD
Editor: Admin

Leave a Comment