Home > InfoFilm > Deretan Film Tentang Sekte Sesat, Bikin Ngeri dan Miris!

Deretan Film Tentang Sekte Sesat, Bikin Ngeri dan Miris!

Cuplikan film The Wicker Man.

Sekte sesat memang menjadi salah satu tema yang menarik untuk dikulik menjadi sebuah film bernuansa horor. Praktik manipulasi, pemujaan berlebihan, hingga ritual-ritualnya bisa menjadi bahan bakar kengerian dalam sebuah sajian horor.

Apalagi jika kamu sering mendengar berita tentang praktik-praktik dari sekte sesat yang sering menjadi fenomena di masyarakat. Untuk kamu yang senang dengan film horor bertema aliran sesat, berikut ini deretan rekomendasi menarik dari Infodong.id.

Rosemary’s Baby (1968)

Salah satu film horor klasik terbaik ini tak boleh kamu lewatkan. Karya sutradara kenamaan Roman Polanski ini bertema paranoia, isu perempuan, Kristianisme, dan okultisme.

Baca Juga: Siap-siap Bengong, Ini 5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik

Aktris Mia Farrow berperan sebagai Rosemary, seorang perempuan hamil yang mencurigai sekte pemuja setan mengincar bayinya untuk dimanfaatkan dalam ritual mereka. Berbagai kejadian aneh pun menimpa Rosemary, hingga membuatnya mulai sakit dan paranoid.

The Wicker Man (1973)

The Wicker Man barangkali menjadi pionir dalam film horor bertema cult atau sekte sesat. Film ini punya semua formula untuk membangun sebuah sekte yang sempurna: praktik mengerikan, kerahasiaan, dan para anggotanya yang solid dalam memanipulasi mangsa baru.

Neil Howie adalah seorang polisi yang berupaya mencari seorang anak gadis yang hilang di sebuah pulau terisolasi. Namun ternyata para penduduk pulau tersebut adalah penganut paganisme.

Martha Marcy May Marlene (2011)

Film bergenre drama thriller ini dibintangi oleh Elizabeth Olsen, John Hawkes, dan Sarah Paulson. Plotnya berfokus pada seorang perempuan muda yang mengidap delusi dan paranoia setelah kembali dari kultus di Catskill Mountains.

Kamu mungkin akan tenggelam dalam komposisi antara halusinasi dan realitas si tokoh utama. Namun film ini memang menitikberatkan pada proses kembalinya ia ke dalam keluarga dan kehidupan normalnya.

The Sacrament (2013)

The Sacrament merupakan film dengan gaya found footage atau yang juga sering disebut mockumentary. Film ini memang terinspirasi dari kisah nyata, tepatnya sekte sesat Jonestown.

Karya garapan sutradara spesialis horor Ti West ini bercerita tentang dua jurnalis, AJ Bowen dan Joe Swanberg yang berupaya menemukan saudari rekan kerja mereka. Wanita tersebut rupanya bergabung dengan sekte sesat yang berujung pada upaya bunuh diri massal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Midsommar (2019)

Midsommar sempat menggebrak industri layar lebar Indonesia pada tahun ini karena kontroversinya. Film garapan sutradara ‘gila’ Ari Aster ini nyaris batal tayang di tanah air, tapi akhirnya bisa dirilis meski harus disensor sana-sini karena muatan sadismenya.

Ya, Midsommar mungkin memiliki premis film sekte yang sudah sering diolah: sekelompok orang dijebak untuk dijadikan tumbal dalam sebuah sekte pagan. Namun yang berbeda adalah, kamu akan ‘dimanjakan’ dengan pemandangan yang cantik nan absurd, adegan sadis yang terpampang nyata, dan sentuhan musiknya yang keras dan mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *