Intip 6 Jersey Timnas Indonesia dalam Satu Dekade Terakhir

Segala hal tentang Tim Nasional (Timnas) Indonesia selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Kebetulan, Timnas Indonesia sendiri baru saja merilis jersey anyar untuk pertandingan resminya. Setelah resmi berpisah dengan apparel raksasa Nike, PSSI kini menggandeng produsen lokal bernama Mills.

Jersey tahun 2020 ini merupakan pertama kalinya Timnas Indonesia menggunakan aparel lokal dalam beberapa dekade terakhir. Selain brand asal Amerika Nike, sebelumnya Timnas juga pernah menggunakan aparel asal Jerman, Adidas di tahun 1990an.

Dari masa ke masa dengan aparel yang berbeda, Jersey timnas Indonesia selalu didominasi dengan warna merah yang memberikan kesan berani. Hanya saja, masing-masing apparel mempunyai corak tersendiri dalam membuat seragam timnas tanpa menghilangkan identitas Garuda yang identik dengan warna merah.

Nah, kami telah merangkum potret jersey Timnas Indonesia dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Seperti apa bentuknya? Simak ulasannya dibawah ini.

6 Jersey Timnas Indonesia

1. Jersey 2020 (Mills)

Pemilihan Milss semakin menegaskan bahwa apparel lokal kini punya kesempatan untuk mendunia. Tak tanggung-tanggung, Mills membawa enam teknologi terbaru untuk jersey yang mereka sebut sebagai baju perang. Keenam teknologi tersebut antara lain Anti Ultra Violet⠀, Anti Bacterial, Breathable, Mouisture Wicking, Anti Static dan Extra Light.

Baca juga: Pemain Sepakbola Termahal di Dunia

Dominasi warna merah masih dipilih dengan corak gradasi menyerupai sayap burung garuda pada bagian depan. Leher dibuat melingkar dengan warna putih di bagian belakang. Tak lupa, lambang garuda beserta logo Mills tetap bertengger di dada setiap pemain. Untuk celana dan kaus kaki masing-masing diberi warna putih dan merah dengan kombinasi menyerupai bendera Sang Saka Merah Putih. Jersey ini akan dikenakan pada pertandingan resmi untuk partai kandang, sementara jersey tandang belum dirilis.

2. Nike (2018-2020)

Jersey Timnas  2020 (foto: dok. AFFsuzukuicup.com)
Jersey Timnas 2020 (foto: dok. AFFsuzukuicup.com)

Nike membawa template pada jersey terakhir buatannya untuk Indonesia. Tidak ada corak, gradasi ataupun kombinasi pada jersey kandang timnas edisi ini dimana warna merah segar sangat dominan untuk jersey, celana dan kaus kaki. Nike memberikan kesan simpel namun tidak menghilangkan kesan elegan dengan logo garuda dan simbol emas nike pada bagian dada.

Setali tiga uang, pada jersey tandang juga didominasi warna putih dan hijau minimalis pada bagian leher dan belakang. Jersey ini dikenakan timnas pada ajang AFF 2018 dan kualifikasi Piala Dunia 2022.

3. Li-Ning (Asian Games 2018)

Jersey Timnas Indonesia, (Foto: kemenpora.go.id)
Jersey Timnas Indonesia, (Foto: kemenpora.go.id)

Jersey buatan Li-Ning dipilih timnas untuk menghadapi ajang Asian Games dua tahun silam. Dipilihnya Li-Ning bukan karena Asian Games tidak masuk kalender FIFA sehingga untuk sementara PSSI boleh ‘berpaling’ sejenak dari Nike.

Berbeda dengan jersey sebelumnya, Li-Ning membawa wrna baru pada timnas dengan kombinasi merah-hitam merah. Meski begitu, logo garuda tetap bertengger secara gagah di dada para pemain.

4. Nike (2014-2018)

Jersey Timnas Indonesia (foto: pssi.org)
Jersey Timnas Indonesia (foto: pssi.org)

Dengan jersey ini, timnas Indonesia hampir saja meraih Piala AFF tahun 2016 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Namun sayang, impian timnas harus kandas di tangan raksasa Asean, Thailand setelah kalah agregat 2-3.
Dominasi warna merah, putih dan hijau pada jersey timnas ini menjadi sebuah kombinasi yang pas. Logo nike berwarna putih, lambang garuda, serta nomor pemain masih menghiasi di dada. Selain memori manis AFF 2018, jersey ini juga punya kenangan buruk dimana Timnas gagal lolos grup dalam kejuaraan AFF tahun 2014. Jersey tandang didominasi putih dengan kombinasi kerah berwarna putih.

5. Nike (2012-2014)

Nike (2012-2014). (foto: pssi.org)
Nike (2012-2014). (foto: pssi.org)

Setelah hagemoni Piala AFF 2010, prestasi Timnas meredup di edisi AFF 2012 berkat adanya masalah dualisme kepengurusan dan liga. Jersey ini mengingatkan pada masa sulit tersebut padahal desainnya cukup bagus. Corak gradasi berlapis dengan kombinasi warna hijau pada bagian siku dan bawah terlihat sangat cocok dikenakan para pemain timnas.

6. Nike (2010-2012)

Nike (2010-2012). (foto: tribunnews)
Nike (2010-2012). (foto: tribunnews)

Bisa dibilang, ini merupakan salah satu jersey terbaik Timnas Indonesia yang diminati masyarakat. Jersey dengan kombinasi merah pada kaus, putih pada celana dan kaus kaki ini sangat melekat di ingatan masyarakat Indonesia. Di tahun 2010, kita bisa meraih Piala AFF jika Malaysia tidak bermain baik pada final leg kedua yang digelar di Jakarta.

Baca juga: Rumah mewah pemain sepak bola dunia

Dua kata untuk jersey ini yaitu Simpel dan Elegan! Nomor pemain berada di atas dada kanan jersey dengan ukuran yang agak besar. Gradasi lambang negara juga melekat pada jersey ini yang menambah kesan garang dan bangga saat mengenakannya.

Nah, dari sekian jersey diatas mana favoritmu? Tulis komen dibawah ini ya!

Check Also

Mengenal 4 Sosok Kartini dalam Industri Sepakbola Nasional

Tepat pada hari ini, 21 April 2020 masyarakat Indonesia merayakan momen emansipasi wanita yang diperjuangkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *