Aplikasi PeduliLindungi Untuk Deteksi Covid-19, Begini Fungsinya

Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Agar mata rantai penyebaran tersebut bisa diputus, pemerintah meluncurkan aplikasi canggih bernama PeduliLindungi yang bisa diunduh secara gratis di Android dan iOS. Mau tahu apasih fungsi utama dari aplikasi ini? Yuk simak ulasannya, infodong merangkum tentang aplikasi Peduli Lindungi ini dari mulai fungsi, cara kerja hingga link download aplikasi.

Aplikasi PeduliLindungi

ulasan aplikasi pedulilindungi
ulasan aplikasi pedulilindungi

Apa Fungsi Aplikasi Peduli Lindungi?

Secara umum, aplikasi ini nantinya akan membantu dalam mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berjemur

Hingga saat ini kasus positif di Indonesia bertambah 407 orang per 17 April 2020. Total kasus positif menjadi 5.923, pasien sembuh 607 orang, dan 520 orang meninggal.

Data tersebut menunjukan bahwa rasio kematian nyaris berada di angka 10 persen sehingga perlu adanya langkah strategis untuk memutus mata rantai penyebaran salah satunya lewat kemunculan aplikasi ini.

Aplikasi PeduliLindungi Untuk Lacak Virus Corona
Aplikasi PeduliLindungi Untuk Lacak Virus Corona

Bagaimana Aplikasi Peduli Lindungi Bekerja?

PeduliLindungi memiliki fitur aplikasi tracking yang memberikan data pergerakan orang terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi ini juga terhubung dengan operator ponsel sehingga dapat menghasilkan visualisasi yang seragam.

Dari hasil tracking dan tracing nantinya nomor di sekitar pasien positif Covid-19 akan diberikan warning untuk menjalankan isolasi diri atau protokol kesehatan yang berlaku.

Dengan mengandalkan fitur bluetooth, pengguna smartphone akan mendapat notifikasi jika ada orang di sekitar yang terpapar covid, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan) saat menginstall aplikasi ini.

Pengguna akan diminta menjauh dari lokasi tersebut meskipun tidak diinformasikan orang yang telah terpapar virus corona atau covid-19. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

Link Download

Nah, bagi kamu yang belum punya aplikasi ini disarankan untuk segera mengunduh secara gratis via playstore ataupun IOS. Jika aplikasi ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat, maka penyebaran virus corona mematikan ini dapat dicegah. Hingga artikel ini dibuat, Aplikasi PeduliLindungi telah diunduh sebanyak 1 juta lebih oleh masyarakat. Silahkan download aplikasi PeduliLindungi dibawah ini:

Untuk Android:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

Untuk iOS:
https://apps.apple.com/id/app/id1504600374

Yuk, bantu putus penyebaran Covid-19 dengan cara mudah, dimulai dari smartphone kamu! Setelah instal dan mencobanya, jangan lupa untuk berikan komentar kamu tentang aplikasi ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *