Home Film Review Film Secret Sunshine (2007), Kisah Janda Muda yang Unik

Review Film Secret Sunshine (2007), Kisah Janda Muda yang Unik

80

Review Film Secret Sunshine

Film Korea Terbaik Secret Sunshine (2007), Review Film Secret Sunshine
Film Korea Secret Sunshine (2007)

Merupakan film karya Lee Chang-dong pada tahun 2007 lalu. Sebuah film melodrama yang menceritakan tentang keselamatan, penderitaan, dan garis antara sebuah kepercayaan.

Secret sunshine mengikuti seorang pahlawan wanita untuk menghadapi tantangan dalam hidupnya dan tantangan dalam caranya memandang dunia. 

Seorang janda muda dari Seoul yaitu Shin-ae (Jeon Do-yeon) memutuskan pindah bersama putranya yaitu Jun ke kampung halaman mendiang suaminya di Miryang (jika diterjemahkan akan menjadi “sinar matahari rahasia”).

Saat berkendara ke Miryang mobil Shin-ae mengalami kendala, mobilnya mogok ditengah jalan. Lalu ia bertemu dengan seorang mekanik bernama Jong-chan yang membantu untuk menderek mobilnya ke arah kota. 

Lalu film berlanjut kepada Shin-ae yang terlibat didalam interaksi yang aneh dari penduduk kota yang tidak suka akan kedatangannya. Penduduk merasa Shin-ae adalah penghuni kota besar bukan penduduk dari Miryang. 

Secret sunshine merupakan karya keempat dari Lee, ia juga sudah membuat yang kelima yaitu Poetry (2010). Lee lahir pada yahun 1954, terjun ke dunia film setelah ia berkarir sebagai guru dan penulis fiksi. Ia juga sudah menerbitkan dua novel terkenal apda tahun ‘80an. Kritikus film sering menyebut Lee sebagai “novelistik” karena mengingat latar belakangnya adalah penulis novel, dan itu merupakan cara mudah untuk memahami narasi yang dibuat Lee.

Review Film Secret Sunshine

Dikutip dari asianmoviepulse.com kesuksesan salah satu film korea terbaik yang mengeksplorasi agama kristen dengan lensa skeptis yang halus, berlawanan dengan lensa religius yang taat. 

Saat Shin-ae menangis di gereja adegan itu sunyi dan menakutkan, penonton diajak berpikir soal momen tersebut apakah sedih, bahagia atau sebuah gamabaran keputusasaan. Frame lain saat di gereka orang-orang berbaris di bangku dengan kepala tertunduk, namun adegan itu lebih menyerupai suatu lorong jiwa yang tersesat daripada sekelompok peminat agama yang mencari keselamatan di gereja. 

Secret sunshine adalah drama yang mengandalkan akting para aktor yang bersahaja dan juga keanehan karakter didalamnya. Para aktor inilah yang membawa upaya dari penyutradaraan Lee Chang-dong bersinar.

Jeon Do-yeon yang berperan sebagai Lee shin-ae, seorang ibu yang kebingunan dan mengembara melalui kehidupan yan penuh kekecewaan serta kesedihan. Perannya begitu mendalam dan meyakinkan, sehingga tidak heran jika Do-yeon mendapatan pengahrgaan aktris terbaik di Festival Film cannes 2007.

Terlepas dari keanehannya, film secret sunshine berhubungan dengan tragedi yang unik. Meskipun tidak terlihat namun emosi yang disampaikan pada film ini sangat terasa.