Home Lainnya 5 Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Retinol

5 Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Retinol

150

Retinol, bersama dengan Retinaldehyde, dan Asam Retinoat semuanya milik keluarga Retinoid. Keluarga ini semuanya berasal dari Vitamin A. Retinoid digunakan dalam perawatan kulit dalam konsentrasi yang berbeda dengan beberapa produk tersedia untuk dibeli sementara yang lain hanya tersedia dengan resep dokter.

Apa pun bentuk retinoid yang terkandung dalam produk yang kamu gunakan, tubuh kamu mengubahnya menjadi asam retinoat sebelum dapat bekerja. Asam retinoat meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat tubuh kamu dan mengencangkan kulit yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Retinol
Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Retinol (Ilustrasi, Foto: health.detik.com)

Mereka juga dapat mengurangi kemacetan pori, mengatur produksi sebum, dan juga mengurangi pigmentasi dan peradangan. Inilah alasan mengapa Retinol adalah superhero perawatan kulit.

Lalu bagaimana fakta tentang retinol itu sendiri, baca dibawah ini.

Fakta Tentang Retinol

1. Kamu tidak boleh menggunakan retinol di sekitar mata benar atau salah?

Salah, meski kamu perlu memastikan formula cocok untuk mata. Kamu masih bisa menggunakan retinol dibagian sekitar mata namun konsistensinya jangan terlalu tebal, tap tap tipis saja untuk bagian sekitar mata.

2. Retinol adalah kandungan yang sangat kuat, jadi harus mengharapkan hasil instan setelah menggunakannya?

Benar bahwa itu kuat tetapi salah bahwa hasilnya instan. Formula retinol murni sekitar 0,5-1% dianggap sebagai kekuatan tinggi untuk produk perawatan kulit. Kamu akan mulai melihat hasil kehalusan kulit dalam beberapa minggu, dengan hasil nyata dalam hal pengurangan garis dan kerutan selama periode 2-3 bulan penggunaan yang konsisten.

3. Retinol hanya boleh digunakan pada malam hari?

BENAR. Retinol adalah molekul yang cukup tidak stabil, mudah terdegradasi di bawah sinar matahari dan dengan paparan udara. Penggunaan retinol juga dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga untuk 2 alasan ini digunakan pada malam hari. Sangat penting untuk diingat untuk menggunakan SPF di pagi hari saat menggunakan retinol.

4. Apakah Retinol benar-benar memperlambat proses penuaan dan meningkatkan produksi kolagen?

Hingga pertengahan 30-an, kulit kita berubah dan beregenerasi setiap 28 hari. Namun setelah itu, pergantian kulit melambat dan sel-sel kita beregenerasi setiap 50-60-70 hari, yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering, kusam, dan keriput.

Sementara sebagian besar produk perawatan kulit anti-penuaan bekerja pada tingkat topikal, retinol menargetkan kulit pada tingkat sel – meresap ke dalam kulit kamu dan mempercepat pergantian sel untuk membantu tubuh kamu menghasilkan kulit baru yang lebih segar, halus.

Retinol juga meningkatkan produksi kolagen, yang bertanggung jawab untuk menghaluskan, mengencangkan, mengenyalkan, dan memperkuat kulit kamu. Saat kamu menggunakan retinol, tidak hanya melindungi diri dari pembentukan kerutan baru, tetapi juga merawat kerutan yang sudah kamu miliki.

5. Bakuchiol adalah alternatif alami paling trendi untuk retinol saat ini?

Bakuchiol adalah satu-satunya ekstrak tumbuhan – dan antioksidan – yang sangat mirip dengan retinol, merangsang produksi kolagen di kulit kamu untuk menghaluskan kerutan yang kamu miliki dan melindungi kamu dari keriput yang tidak dimiliki.

Tapi tidak seperti retinol, bakuchiol tidak akan menyebabkan kekeringan, iritasi, atau serpihan. Berkat tidak adanya retinoid, beberapa wanita hamil juga dapat menggunakan produk dengan bakuchiol (tetapi selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter).

Baca juga:

3 Kandungan Serum Yang Bantu Cerahkan Kulit Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here