Mengenal 4 Sosok Kartini dalam Industri Sepakbola Nasional

Tepat pada hari ini, 21 April 2020 masyarakat Indonesia merayakan momen emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh Raden Adjeng (RA) Kartini. Sosoknya yang cerdas, tegas dan berani mampu menjadikan inspirasi bagi kaum Hawa hingga sekarang ini.

Begitupun dalam dunia sepakbola tanah air, olahraga yang mayoritas diisi oleh kaum Adam juga memiliki sosok kartini tangguh. Tak cuman mengandalkan kecantikan, para Kartini ini memiliki peran penting dalam perkembangan sepakbola nasional.

Seperti halnya Kartini, mereka berjuang melawan stigma bahwa sepakbola tidak hanya milik kaum pria melainkan untuk semua gender. Nah, Berikut ini kami telah merangkum empat figur wanita dalam dunia sepakbola dengan peran yang berbeda satu sama lain. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ratu Tisha Destria

View this post on Instagram

Let's Rise Together!

A post shared by Ratu Tisha (@ratu.tisha) on

Nama Ratu Tisha sangat populer di kuping pecinta sepakbola nasional. Yak, Wanita cantik yang selalu tampil berkacamata ini merupakan Sekretaris Jenderal PSSI wanita pertama sepanjang sejarah. Ratu Tisha memegang posisi penting dalam induk sepakbola nasional itu selama tiga tahun yakni sejak 17 Juli 2017 hingga 13 April 2020.

Meski kini sudah tidak memegang posisi tersebut, Ratu Tisha mengatakan bahwa sepakbola merupakan bagian dari kehidupannya. Salah satu prestasi terbaik Ratu Tisha yakni dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi Piala Dunia U-18 tahun 2021.

“hati saya, kalau dibelah, isinya hanya sepakbola”. I have loved you for a thousand years, and I will love you for a thousand more,” ujar Ratu Tisha saat meninggalkan jabatannya belum lama ini.

2. Zahra Muzdalifah

View this post on Instagram

Bismillah (:

A post shared by Muzdalifah With “Z“ Not “S” (: (@zahmuz12) on

Terlahir sebagai wanita, tidak membuat impian Zahra menjadi pemain sepakbola profesional luntur. Wanita cantik berusia 19 tahun ini mengaku telah mencintai sepakbola sejak kecil. Meski mendapat berbagai hambatan, Zahra akhirnya sukses membuktikan bahwa Kaum Hawa bisa meniti karier dalam dunia kulit bundar. Hal itu dibuktikan dengan bergabungnya Zahra ke dalam tim Persija yang berlaga di Liga Putri. Diusianya yang masih belia, Zahra juga mendapat kehormatan untuk bermain di Tim Nasional Putri Indonesia.

3. Esti Puji Lestari

Ketimbang dua nama diatas, Esti Puji Lestari mungkin tidak terlalu familiar. Buat pecinta sepakbola yang belum tau siapa sosok Esti, dia adalah CEO dari klub Persijap Jepara. Dirinya mewakili sikap R.A Kartini dalam hal kepemimpinan selama menahkodai klub asal Jawa Timur ini. Esti memiliki peran penting atas perjalanan Persijap hingga tahun 2019.

Yak, setahun lalu Esti resmi mengundurkan diri dari klub yang dipimpinnya sejak tahun 2016. Aktivitas Esti juga tidak jauh dari kegiatan sepakbola meski sudah tidak lagi menjabat sebagai CEO Persijap. Istri dari pemain asal Spanyol Carlos Raul kini menjabat sebagai Direktur SDM Tira-Persikabo.

4. Katharine Wianna

Mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa wanita berparas cantik ini berkecimpung dalam dunia sepakbola. Bukan model atau penyanyi, Katharine memegang posisi penting yaitu Chief Operating Officer Bali United. Dirinya juga memiliki tanggung jawab atas strategi bisnis kedepan termasuk promosi di segala bidang media. Atas perannya, Bali United terkenal sebagai klub kreatif saat mengenalkan pemain-pemain barunya lewat video promosi yang cukup menarik.

Selain cantik, keempat figur diatas juga cerdas seperti sosok RA. Kartini. Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah menanamkan sifat RA. Kartini dalam dirimu?

Check Also

Timnas Indonesia (aseanfootball.org/)

Intip 6 Jersey Timnas Indonesia dalam Satu Dekade Terakhir

Segala hal tentang Tim Nasional (Timnas) Indonesia selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Kebetulan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *