Home » Kesehatan » Manfaat Empon-Empon, Ramuan Khas Indonesia yang Bisa Cegah Corona

Manfaat Empon-Empon, Ramuan Khas Indonesia yang Bisa Cegah Corona

Seperti apa manfaat empon-empon untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya.

Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) sedang menjalar ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan data tercatat per 9 Desember 2020 telah terdapat 592.900 kasus positif (data Kementerian Kesehatan RI) dan telah menyebar hampir diseluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi DKI Jakarta adalah daerah dengan kasus positif COVID-19 terbanyak dan menjadi daerah paling rawan persebaran COVID-19.

Hal itu yang membuat sebagian besar masyarakat mulai mencari tahu berbagai informasi mengenai penyakit ini. Karena penyakit ini pula, sebagian orang sampai menjadi panic buying. Membeli barang dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi terjadinya suatu bencana. Sebenarnya hal itu juga sangat percuma kalau kita tidak tahu bagaimana cara pencegahannya.

Pencegahan virus ini cukup mudah, kita hanya menghindari kerumunan, mengurangi aktivitas diluar rumah, menjaga kebersihan, mengatur pola makan sehat dan meminum vitamin imunitas tubuh.

Selain vaksin dan obat – obatan yang sedang ramai diperbincangkan, sebenarnya ada ramuan khusus yang dapat menangkal virus corona di masyarakat. Kita pernah mendengar kata empon-empon? Katanya empon-empon disebut bisa menangkal virus corona loh. Apa sih itu?

Baca juga ya: 10 Manfaat Olahraga Secara Teratur Untuk Kesehatan Tubuh

Empon-empon merupakan ramuan yang terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, kencur, dan sereh. Nama empon viral karena pemaparan dari guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom. Seperti yang dilansir oleh detik.com, Nidom mengatakan bahwa empon-empon bisa menangkal virus corona.

Gak cuman Guru Besar Unair aja yang mengatakan seperti itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga bicara soal empon-empon yang merupakan imunitas yang bisa menjadi penangkal virus Corona. Kenapa empon-empon berkhasiat untuk mencegah corona? Bahas yuk satu-satu bahan yang ada didalamnya.

Manfaat Empon-Empon

1. Temulawak

Bukan jadi rahasia lagi kalau temulawak bermanfaat untuk menjaga kebugaran. Selain itu bisa dijadikan sebagai obat anti radang, anti bakteri, dan anti jamur.

2. Jahe

Di masyarakat, ada beberapa jenis jahe yang sering digunakan. Namun disini jahe yang dimaksud adalah jahe merah. Manfaatnya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jahe merah pada tubuh bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya. Dari situ kekebalan tubuh akan selalu meningkat.

3. Kunyit

Senyawa kurkumin pada kunyit bermanfaat sebagai antioksidan, antitumor, dan antikanker. Antioksidan bisa untuk menangkal senyawa-senyawa radikal bebas.

4. Kencur

Senyawa yang ada pada kencur ada juga dalam jahe dan kunyit. Biasanya kencur bisa jadi obat tradisional untuk batuk berdahak dan membuat pernapasan jadi lebih lega. Kencur biasanya digunakan oleh para penyanyi karena bisa membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega.

Baca juga ya: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

5. Sereh

Kandungan pada sereh diyakini bisa menurunkan demam dan membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

Itulah manfaat empon-empon yang bisa kita minum untuk mencegah corona, lebih tepatnya meningkatkan imun tubuh supaya virus tidak masuk tubuh kita. Jangan panik tapi tetap waspada.

Selalu konsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan lingkungan & tubuh serta selalu menjaga jarak. Jangan lupa selalu cuci tangan selama 20 detik dan gunakan alat Kesehatan (masker, hand sanitizer, face shield) dari Mysafe untuk membentengi diri kita dari berbagai virus.

Editor: Amal Rizaldy (Instagram: @amalrizaldi22)

Leave a Comment