10 Klub Sepak Bola Indonesia dengan Followers Instagram Terbanyak

Di masa yang serba digital dan online seperti sekarang ini, berbagai klub sepak bola di dunia sedang gencar-gencarnya memoles dan meramaikan jagad media sosial klubnya. Hal ini juga disadarinya guna menjalin relasi yang lebih dekat lagi antara klub dengan para pendukungnya.

Persija Jakarta, Klub Sepak Bola Indonesia dengan Followers Instagram Terbanyak
Persija Jakarta (Foto: persija.id)

Peran suporter dalam sebuah klub memang sangat penting. Mereka sudah seperti pemain ke-12 di dalam klub. Oleh karenanya, berikut ada 10 klub sepak bola Indonesia dengan followers Instagram terbanyak hingga akhir tahun 2020 ini.

10 Klub Indonesia Followers Instagram Terbanyak

1. Persib Bandung – 4,4 juta

Di peringkat pertama ditempati oleh Persib Bandung. Klub papan atas di Indonesia ini memang memiliki basis suporter yang begitu banyak yang dinamakan Viking. Tak heran apabila klub berjuluk Maung Bandung ini juga memiliki followers terbanyak dengan total 4,4 juta.

Kiprahnya di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Klub ini juga memiliki banyak pemain yang masuk ke dalam Tim Nasional (Timnas) Indonesia, seperti Febri Hariyadi, I Made Wirawan, Victor Igbonefo, dan lain-lain.

Baca juga ya: Pesepakbola Wanita Tercantik di Indonesia

2. Persija Jakarta – 2,7 juta

Siapa yang tak kenal dengan Persija? Ketenaran klub Ibukota Indonesia ini memang sudah menyebar hingga ke berbagai pelosok negeri. Klub rival abadi dari Persib ini pun juga sukses berbagai prestasi. Mereka juga memiliki begitu banyak suporter yang dikenal dengan sebutan The Jakmania.

Hal tersebut didukung dari banyaknya pemain-pemain bintang yang berlabuh ke klub ini, seperti Andritany, Ismed Sofyan, Evan Dimas, dan Marko Simic. Tak ayal jika klub berjuluk Macan Kemayoran ini memiliki total sekitar 2,7 juta pengikut.

3. Persebaya Surabaya – 1,7 juta

Sama seperti Persib dan Persija, Persebaya juga memiliki basis suporter yang luas dengan dinamakan Bonek. Selain itu, Persebaya juga memiliki sejarah panjang dalam perjalanannya di liga lokal. Lika-liku perjalanannya pun sempat mengalami pasang surut.

Meski begitu, Persebaya baru saja berhasil memenangi turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 kemarin. Kini, klub berjuluk Bajul Ijo (Buaya Hijau) ini telah menampung 1,7 juta followers.

4. Arema FC – 1,3 juta

Jika di Jawa bagian Barat ada rival klasik Perib dan Persija, maka di Jawa Timur juga memiliki rival abadi yang juga sama kuatnya, yakni Persebaya dengan Arema. Ya, klub asal kota Malang ini memang sejak lama punya rivalitas tinggi dengan Persebaya.

Nama Arema sendiri sudah sering berganti, mulai dari Arema Malang, Arema Cronus, dan kini Arema FC. Meski begitu, nama julukan tim dan suporter tetap sama, yakni Singo Edan dan Aremania. Kini, Arema telah mengantongi sekitar 1,3 juta pengikut di Instagram.

5. Bali United – 1,1 juta

Di tempat kelima diduduki oleh sang juara Liga 1 Indonesia 2019 kemarin. Ya, nama Bali United langsung melejit sejak awal kemunculannya. Tidak hanya itu, klub asal Pulau Dewata ini jor-joran dalam mendapatkan pemain bintang, seperti Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic.

Belum lagi, klub ini juga mendatangkan Stefano Cugurra yang merupakan sosok pelatih yang juga sukses mengantarkan Persija menjuarai Liga 1 Indonesia 2018 lalu. Tak heran jika klub berjuluk Serdadu Tridatu ini mampu menarik 1,1 juta followersnya.

Baca juga ya: 10 Pesepak Bola dengan Followers Instagram Terbanyak di Asia Tenggara

6. PSM Makassar – 689 ribu

PSM tidak hanya tampil sebagai klub sepak bola tertua di Indonesia, tetapi juga sebagai klub yang memiliki performa paling stabil, yaitu dengan menjadi satu kali juara, delapan kali runner-up, dan hanya sekali gagal masuk putaran final.

Prestasi tersebut jelas dihasilkan dari banyaknya sosok bintang yang berada di klub asal Sulawesi tersebut, seperti Ferdinand Sinaga, Bayu Gatra, Rizky Pellu, dan Wiljan Pluim. Kini, klub berjuluk Juku Eja (Ikan Merah) ini telah memiliki followers sebanyak 689 ribu.

7. PSS Sleman – 519 ribu

Ada hal unik dari PSS Sleman. Ya, ultrasnya yang disebut Brigata Curva Sud (BCS) ini memang dikenal sebagai suporter klub yang sangat solid. Bahkan, BCS dinobatkan oleh situs Copa90 sebagai suporter klub sepak bola yang ada di Asia pada 2016 lalu, mengalahkan ultras dari Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Di sisi lain, klub yang saat ini diperkuat oleh mantan pemain Timnas senior, Irfan Bachdim, ini telah mengantongi followersnya sebanyak 519 ribu hingga akhir tahun 2020 ini.

8. PSIS Semarang – 410 ribu

Saat ini, PSIS Semarang sedang mengalami sedikit masalah. Pertama, klub ini bersedia untuk melepas pemain asingnya terkait ketidakjelasan operator liga dalam menyelenggarakan Liga 1 Indonesia 2020 yang sempat tertunda.

Kedua, PSIS melalui komunitas suporternya, Panser Biru, sedang menuntut Dinas Pemuda dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah untuk mengembalikan Stadion Jatidiri menjadi markas miliknya. Di sisi lain, klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini sudah meraup followers sejumlah 410 ribu.

9. Madura United – 326 ribu

Sejak kemunculannya, nama Madura United cukup menyita perhatian. Dengan berbekal pemain bintang seperti Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, dan Jaimerson, performa klub ini mampu mengacak-ngacak dominasi klub papan atas di Liga 1.

Namun sayang, petinggi Madura United berniat secara serius untuk membubarkan para pemainnya. Selain PSIS, hal ini juga rupanya dirasakan Madura United terkait ketidakjelasan Liga 1. Meski begitu, klub berjuluk Laskar Sape Kerrab ini sudah mengoleksi sejumlah 326 ribu pengikut.

Baca juga ya: 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

10. Persela Lamongan – 294 ribu

Bila berbicara soal Persela, tentu saja hal yang paling diingat adalah almarhum Choirul Huda. Ya, kiper utama dari Persela tersebut harus meregang nyawa usai bertabrakan dengan rekan setimnya, Ramon Rodriguez, pada 15 Oktober 2017 lalu. Tabrakan hebat yang berada di area sekitar dada dan rahang bawah itu menyebabkan kiper 38 tahun tersebut mengalami henti napas dan jantung hingga tak tertolong lagi.

Untuk mengenang jasanya, Persela resmi pensiunkan nomor punggung “1” milik sang kiper karena Choirul Huda telah setia menjadi “One Man One Club” hingga akhir hayatnya. Di sisi lain, klub ini juga berhasil mengemas 294 ribu followers.

Penulis: Agustinus Galih
Editor: AD

Check Also

Selebrasi Selfie Francesco Totti

10 Selebrasi Gol Paling Kontroversial di Dunia

Terdapat berbagai cara bagi pesepak bola untuk merayakan golnya. Mulai dari hal yang unik, konyol, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *