10 Klub Sepak Bola dengan Followers Instagram Terbanyak di Dunia

Sepak bola menjadi salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia. Banyak pemain-pemain bintang lahir dari bidang ini dan juga klub-klub besar juga bermunculan. Berbagai prestasi sudah berhasil mereka dapatkan. Hal ini semakin menunjukkan magisnya untuk menjaring fans yang lebih banyak lagi dari berbagai pelosok dunia.

Di sisi lain, media sosial akhir-akhir ini juga menjadi “jembatan” antara fans dengan pemain dan klub favoritnya. Oleh karena itu, semua klub sepak bola dunia membuat berbagai platform media sosial untuk berinteraksi dengan fansnya, salah satunya adalah di Instagram. Berikut ini adalah sepuluh klub sepak bola yang memiliki followers Instagram terbanyak di dunia hingga akhir 2020 tahun lalu.

Inilah klub dengan followers terbanyak di dunia

1. Real Madrid – 94,3 juta

Di peringkat pertama ditempati oleh klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid. Dalam beberapa musim ke belakang, klub ini memang tampil begitu perkasa, baik di kancah liga lokal maupun di Eropa. Bahkan, klub ini masih memegang predikat sebagai satu-satunya klub sepak bola yang sukses menjuarai hattrick Liga Champions dengan total raihan 13 trofi di turnamen tersebut.

Prestasi tersebut didukung oleh banyaknya pemain bintang yang berhasil mereka dapatkan. Kedatangan pelatih-pelatih top dunia juga turut andil menyukseskan klub ini. Wajar bila klub ini sudah mengantongi followers terbanyak di dunia dengan total sebanyak 94,3 juta.

2. Barcelona – 92,2 juta

Masih dari klub raksasa Spanyol, Barcelona menempati posisi kedua dengan total followers sebanyak 92,2 juta. Sebagai rival abadi dari Real Madrid, kedua klub ini selalu bersaing dalam berbagai prestasi, termasuk dengan raihan jumlah followers.

Barcelona memang telah mendapatkan berbagai gelar bergengsi. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran megabintangnya, Lionel Messi, yang sudah bermain untuknya sejak kecil dan hingga saat ini.

Baca juga: Selebrasi Gol Paling Kontroversial di Dunia

3. Juventus – 45,4 juta

Di tempat ketiga diisi oleh klub raksasa Italia, Juventus. Klub ini memang sangat konsisten meraih gelar juara di Italia. Namun, hal tersebut berbanding terbalik jika mereka tampil di kancah Eropa. Klub berjuluk Si Nyonya Tua ini baru meraih dua gelar Liga Champions, itu pun tahun 1985 dan 1996. Setelahnya, prestasi terbaik mereka hanya sampai di babak final saja.

Selain prestasinya di dalam negeri, kepindahan megabintang Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada 2018 lalu turut mendongkrak jumlah followers Juventus di Instagram. Kini, klub ini sudah memiliki 45,4 juta followers.

4. Manchester United – 38,3 juta

Beralih ke Inggris, Manchester United menjadi klub dengan jumlah followers tertinggi keempat di dunia, yakni sebesar 38,3 juta. Raihan tersebut selaras dengan apa yang mereka dapatkan sejauh ini, yaitu dengan mendominasi berbagai kompetisi yang ada di tanah Inggris, terutama saat masih dilatih oleh pelatih terbaik mereka, Sir Alex Ferguson.

Berbagai gelar bergengsi telah mereka dapatkan. Namun, hal itu justru menurun setelah tidak dilatih lagi oleh Sir Alex. Perjalanan klub berjuluk The Red Devils ini cukup terseok-seok dengan penampilannya yang kurang konsisten.

5. Paris Saint-Germain – 32,4 juta

Selama satu dekade terakhir, Paris Saint-Germain menjelma menjadi klub raksasa Prancis. Ya, klub yang baru saja memecat pelatihnya, Thomas Tuchel, ini menempati posisi kelima di daftar ini. Meski dipecat, Tuchel punya peran besar dalam membawa klub ini merebut gelar-gelar terbaik di ranah Prancis.

Ia pun juga berhasil membawa klub ini ke prestasi tertingginya di kancah Eropa, yakni menjadi finalis Liga Champions 2019/2020 kemarin. Kedatangan Neymar Jr dan Kylian Mbappe ke klub ini tidak hanya membawanya meraih berbagai prestasi, tetapi juga mendatangkan banyak pengikut dengan jumlah hingga 32,4 juta.

Baca juga: Penyerang dengan Gaji Tertinggi di Liga Primer Inggris

6. Liverpool – 29,3 juta

Kembali ke tanah Inggris, Liverpool berada di tempat keenam dengan raihan 29,3 juta pengikut. Dalam beberapa musim ke belakang, Liverpool memang tampil begitu memukau dengan merebut gelar-gelar terbaik, seperti trofi Liga Primer Inggris dan Liga Champions.

Prestasi tersebut tidak datang begitu saja. Pasalnya, klub berjuluk The Reds ini perlu sebuah proses panjang untuk bisa meraih hasil tersebut. Sang pelatih, Jurgen Klopp, sukses membuat klubnya kembali menjadi raksasa Inggris bersama dengan pemain-pemain andalannya, seperti Mohammed Salah, Sadio Mane, dan Virgil Van Dijk.

7. Bayern Munchen – 24,7 juta

Pada musim 2019/2020 kemarin, Munchen baru saja kembali meraih Treble Winner untuk kedua kalinya. Klub raksasa Jerman ini sukses menjuarai Liga Champions, Bundesliga, dan DFB Pokal. Di ranah dalam negeri, Munchen juga merupakan jawara yang paling konsisten meraih trofi Bundesliga.

Hal ini mampu diraihnya berkat kerja sama dari pemain-pemain bintangnya, di mana Robert Lewandowski yang menjadi ujung tombak klub ini. Prestasi tersebut juga semakin terasa lengkap karena mereka menduduki peringkat ketujuh dalam daftar kali ini dengan total 24,7 juta pengikut.

8. Chelsea – 24,7 juta

Sejak kepemilikan klub dipegang oleh miliarder asal Russia, Roman Abramovich, prestasi Chelsea terus berkembang, setidaknya dalam 15 tahun terakhir. Klub asal London ini juga baru saja menjuarai Liga Eropa 2018/2019 lalu.

Saat ini, klub asuhan legendanya sendiri, Frank Lampard, mencoba terus membangkitkan potensi yang dimiliki klubnya dengan sokongan kemampuan banyak pemain mudanya. Kini, The Blues juga memiliki raihan followers yang mirip dengan Munchen, yakni sekitar 24,7 juta pengikut.

Baca juga: Rekor Sepakbola yang Sulit Dipecahkan di Liga Champions

9. Manchester City – 21,9 juta

Dalam sepuluh tahun ke belakang, nama Manchester City kian populer, terutama saat Pep Guardiola menjabat sebagai pelatih di klub ini. Sejak kehadirannya pada 2016 lalu, Pep telah mengubah klub ini menjadi klub yang mengerikan.

Berkat kepiawainnya dalam meracik strategi, Man City berhasil meraih sederet prestasi, meski sayangnya mereka masih belum bisa menjuarai Liga Champions. Di sisi lain, klub sekota dari Manchester United ini sudah berhasil mengumpulkan followers dengan jumlah 21,9 juta.

10. Arsenal – 18,7 juta

Arsenal memang tengah mencoba bangkit dari keterpurukannya di musim ini. Masa kejayaan terbaik mereka adalah saat masih berada di bawah asuhan Arsene Wenger, di mana klub ini menjadi satu-satunya klub di Inggris yang meraih penghargaan Invicibles di musim 2003/2004 lalu. Bahkan, rekor tersebut masih bertahan hingga musim ini.

Sayangnya, era keemasan tersebut sudah hilang meski sudah dibintangi oleh Pierre-Emerick Aubameyang dan pelatihnya, Mikel Arteta. Meski begitu, klub berjuluk The Gunners ini sudah mengumpulkan followers dengan total 18,7 juta di seluruh dunia.

Nah itulah 10 klub sepak bola dengan followers instagram terbanyak di dunia, semoga bermanfaat!

Penulis: Agustinus Galih
Editor: AD

Leave a Comment