Home Quote 38 Kata-kata Bijak Nelson Mandela, Revolusioner & Politisi

38 Kata-kata Bijak Nelson Mandela, Revolusioner & Politisi

115

Kata Bijak Nelson Mandela

Nama: Nelson Rolihlahla Mandela
Lahir: Rolihlahla Mandela, 18 Juli 1918, Mvezo, Afrika Selatan
Meninggal: 5 Desember 2003 (umur 85), Johannesburg, Afrika Selatan
Catatan: Seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.

Penasaran dengan kata motivasi, kutipan – kutipan menarik, qoute dari Nelson Mandela? inilah kumpulan kata-kata bijak Nelson Mandela terbaik di dunia yang penuh makna mendalam. Yuk simak 38 kata-kata bijak Nelson Mandela berikut ini.

Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Kata-kata Bijak Nelson Mandela

1. “Untuk menjadi bebas bukan hanya untuk melepaskan belenggu seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain.” Nelson Mandela.

2. “Mengatasi kemiskinan bukanlah tugas amal. Ini adalah tindakan keadilan.” Nelson Mandela.

3. “Uang tidak akan menciptakan kesuksesan, kebebasan untuk membuatnya yang akan menciptakan kesuksesan.” Nelson Mandela.

4. “Tidak ada jalan mudah menuju kebebasan di mana pun, dan banyak dari kita harus melewati lembah bayang-bayang kematian lagi dan lagi sebelum kita mencapai puncak gunung keinginan kita.” Nelson Mandela.

5. “Saya tidak pernah terlalu peduli dengan hadiah pribadi. Seseorang tidak menjadi pejuang kemerdekaan dengan harapan memenangkan penghargaan.” Nelson Mandela.

6. “Kita berutang kepada anak-anak kita – warga negara yang paling rentan dalam masyarakat mana pun – kehidupan yang bebas dari kekerasan dan ketakutan.” Nelson Mandela.

7. “Kebencian itu seperti meminum racun dan kemudian berharap itu akan membunuh musuhmu.” Nelson Mandela.

8. “Ketika seseorang ditolak haknya untuk menjalani kehidupan yang dia yakini, dia tidak punya pilihan selain menjadi penjahat.” Nelson Mandela.

9. “Jangan menilai saya dari kesuksesan saya. Nilailah saya berapa kali saya jatuh dan bangkit lagi.” Nelson Mandela.

10. “Saya pada dasarnya adalah seorang yang optimis. Apakah itu berasal dari alam atau pengasuhan, saya tidak bisa mengatakannya.” Nelson Mandela.

11. “Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang, dan sampai akhir hayat saya.” Nelson Mandela.

12. “Semua orang bisa berdiri di atas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan.” Nelson Mandela.

13. “Anda akan mencapai lebih banyak di dunia ini melalui tindakan belas kasih daripada yang Anda lakukan melalui tindakan pembalasan.” Nelson Mandela.

14. “Tidak ada orang yang dilahirkan untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, atau latar belakangnya, atau agamanya.” Nelson Mandela.

15. “Tidak ada yang seperti kembali ke tempat yang tetap tidak berubah untuk menemukan cara di mana Anda sendiri telah berubah.” Nelson Mandela.

16. “Jika Anda berbicara dengan seseorang dalam bahasa yang dia mengerti, itu akan masuk ke kepalanya. Jika Anda berbicara dengannya dalam bahasanya, itu masuk ke hatinya.” Nelson Mandela.

17. “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.” Nelson Mandela.

18. “Kepala yang baik dan hati yang baik selalu merupakan kombinasi yang hebat. Tetapi, ketika Anda menambahkan lidah atau pena yang melek huruf, maka Anda memiliki sesuatu yang sangat istimewa.” Nelson Mandela.

19. “Saya bukan orang suci, kecuali jika Anda menganggap orang suci sebagai orang berdosa yang terus berusaha menjadi baik.” Nelson Mandela.

20. “Politik dapat diperkuat dengan musik, tetapi musik memiliki potensi yang menentang politik.” Nelson Mandela.

21. “Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama, harus lahir sebuah masyarakat yang membuat semua umat manusia bangga.” Nelson Mandela.

22. “Saya telah menempuh jalan panjang menuju kebebasan. Saya telah mencoba untuk tidak goyah; Saya telah membuat salah langkah di sepanjang jalan.” Nelson Mandela.

23. “Jika Anda ingin berdamai dengan musuh Anda, Anda harus bekerja dengan musuh Anda. Kemudian, dia menjadi pasanganmu.” Nelson Mandela.

24. “Kedamaian adalah senjata terbesar untuk pembangunan yang dapat dimiliki setiap orang.” Nelson Mandela.

25. “Saya hanya bisa beristirahat sejenak, karena dengan kebebasan datang tanggung jawab, dan saya tidak berani berlama-lama, karena perjalanan panjang saya belum berakhir.” Nelson Mandela.

26. “Tidak ada yang namanya kebebasan sebagian.” Nelson Mandela.

27. “Seorang anak dilahirkan bebas.” Nelson Mandela.

28. “Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi, untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain.” Nelson Mandela.

29. “Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti.” Nelson Mandela.

30. “Tujuan kebebasan adalah menciptakannya untuk orang lain.” Nelson Mandela.

31. “Saya telah menghargai cita-cita masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama secara harmonis dan dengan kesempatan yang sama.” Nelson Mandela.

32. “Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka kerana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang.” Nelson Mandela.

33. “Saya sangat menghargai kebebasan saya sendiri, tetapi saya lebih peduli pada kebebasan Anda.” Nelson Mandela.

34. “Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya bahwa mereka ada di depan.” Nelson Mandela.

35. “Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan atasnya.” Nelson Mandela.

36. “Kunci untuk bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang mengawasi dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan.” Nelson Mandela.

37. “Hal pertama adalah jujur ​​pada diri sendiri. Anda tidak akan pernah bisa berdampak pada masyarakat jika Anda tidak mengubah diri Anda sendiri.” Nelson Mandela.

38. “Hanya orang bebas yang bisa bernegosiasi; tahanan tidak bisa membuat kontrak.” Nelson Mandela.

Nah itulah kutipan – kutipan, kata-kata bijak Nelson Mandela. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

17 Kata-kata Bijak Charles Darwin, Ahli Geologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here