Home Tips & Trik 14 Fitur Rahasia di Whatsapp yang Wajib Diketahui, Banyak Manfaatnya

14 Fitur Rahasia di Whatsapp yang Wajib Diketahui, Banyak Manfaatnya

154

Fitur Rahasia di WhatsApp

Apakah Kamu sudah mengetahui semua fitur di WhatsApp? Jika belum, inilah fitur-fitur rahasia di WhatsApp yang wajib diketahui.

WhatsApp adalah aplikasi pesan yang populer di seluruh dunia. Sebagai pengguna, tentunya mengetahui fitur standar seperti pesan teks, panggilan suara, dan grup.

Menariknya selain fitur standar, ternyata di WhatsApp memiliki fitur rahasia loh, alias fitur tersembunyi yang jarang diketahui.

Apa saja fitur rahasia di WhatsApp tersebut? WhatsApp menawarkan beberapa fitur tersembunyi yang dapat membantu Kamu meningkatkan pengalaman chatting hingga dapat membantu mengerjakan tugas – tugas Kamu.

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang mungkin Kamu tidak tahu, langsung saja.

Fitur Rahasia di WhatsApp
Fitur Rahasia di WhatsApp

Tutorial Cara Mengaktifkan Fitur Rahasia WhatsApp

1. Pembaruan Status

Fitur rahasia di WhatsApp yang pertama adalah Pembaruan status. Pada fitur ini Kamu dapat menyembunyikan status Kamu dari orang yang Kamu tidak inginkan untuk melihatnya, atau bisa dibilang hanya orang-orang tertentu saja yang boleh melihatnya.

Caranya adalah mengklik tiga titik di sudut kanan atas pada halaman status dan memilih “Sembunyikan dari”, seleksi orang-orang yang ingin kamu sembunyikan.

2. Read Receipts

Tanda centang biru ialah tanda bahwa pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerimanya. Akan tetapi, dengan fitur ini, Kamu bisa membuat si pengirim pesan tidak mengetahui apakah pesannya telah Kamu baca atau belum.

Cara mengaktifkannya cukup gampang, klik Setting dan kemudian pilih Privacy, lalu matikan ‘Read Receipts’ dengan geser ke kiri.

3. Detail Pesan

Fitur rahasia WhatsApp selanjutnya adalah detail pesan. Fitur detail pesan ini memiliki fungsi dapat mengetahui pesan yang sudah terkirim oleh penerimanya dan telah dibaca.

Cara menggunakannya, tekan pesan Kamu yang ingin dicek, kemudian akan ada tombol menu, lalu pilih ikon (i) di menu atas untuk mengetahuinya.

4. Custom Notifications

Pada fitur ini kamu bisa membedakan pesan yang masuk, seperti mengatur notifikasi khusus pada setiap kontak yang ada di handphone Kamu.

Jadi, misalkan kontak keluarga, saudara, sahabat, teman, grup kerja, grup rt maupun grup-grup yang lainnya.

Cara menggunakannya adalah Kamu klik kontak atau obrolan terakhir, kemudian pilih View Contact dan pilih menu Custom Notifications dan centang kotak tersebut, dan sesuaikan kebutuhan.

5. Mode Do Not Disturb

Fitur WhatsApp yang jarang diketahui adalah Mode Do Not Disturb. Pada fitur canggih WhatsApp ini Kamu dapat mengaktifkan mode ini untuk menonaktifkan notifikasi saat Kamu tidak ingin ditangani pesan.

Cara mengaktifkan mode ini ialah buka pengaturan, kemudian pilih “Notifikasi” dan aktifkan “Do Not Disturb”. Bagaimana mudah bukan?

6. Disappearing Messages

Fitur Disappearing Messages berfungsi untuk menghapus pesan secara otomatis dalam periode waktu tertentu, dengan pilihan tiga opsi waktu untuk menghapus pesan ialah 24 jam, 7 hari dan 90 hari.

Secara default, fitur ini dalam keadaan mode off. Cara untuk mengaktifkan Fitur Disappearing Messages adalah pencet atau klik nama kontak yang ingin dipilih, lalu tekan pilihan Disappearing Messages dan tentukan opsi waktu yang diinginkan atau sesuai kebutuhan Kamu.

7. Mengetahui Kontak yang Sering Berkomunikasi

Tidak semua orang mengetahui fitur WhatsApp yang satu ini. Kamu bisa melihat siapa saja teman maupun keluarga yang paling sering chatting dengan Kamu.

Cara mengaktifkannya sebagai berikut, pilih Menu Setting, kemudian pilih Storage and Data, lalu pilih Manage Storage, kemudian akan terlihat daftar kontak yang paling sering berkomunikasi dengan Kamu. Untuk bisa melihat detailnya, Kamu bisa klik kontak tersebut. Selamat mencoba ya.

8. Pembaruan Otomatis

Memori handphone Kamu gampang penuh? Matikan pembaruan otomatis. Caranya Kamu dapat menonaktifkan pembaruan otomatis di WhatsApp, Kamu ke pengaturan, lalu pilih “Umum” dan matikan “Pembaruan otomatis”.

9. Export Chat

Jika Kamu memiliki percakapan penting yang harus di simpan, fitur ini adalah solusinya. Ya, fitur ini berfungsi memungkinkan untuk menyimpan chat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menekan atau klik tombol menu, lalu pilih More dan masuk ke Export Chat.

10. Menghemat Kuota

Salah satu fitur rahasia di WhatsApp yang paling bermanfaat yang bisa menghemat kuota maupun memori HP.

Ya, jika Kamu memiliki handphone dengan memori hp penuh atau tiba – tiba boros kuota karena dapat kiriman foto atau video yang otomatis terunduh, menerapkan cara ini adalah solusi terbaik.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, klik menu Setting, kemudian pilih Storage and Data, pada pilihan “Media Auto-Download”, Kamu bisa mengatur masing masing ijin download sesuai kebutuhan, dengan centang atau klik masing-masing dokumen tersebut.

11. Format Teks

Salah satu tombol rahasia di WhatsApp adalah fitur Format teks. Kamu dapat mengubah format teks dengan mengetik teks yang ingin Kamu format dengan tanda “*” di depan dan belakang. Hasilnya, ini akan membuat teks menjadi tebal. Bagaimana Kamu ingin mencobanya?

12. WhatsApp Web

Fitur WhatsApp Web ialah cara menggunakan WhatsApp di komputer maupun laptop. Cara mengaktifkannya sebagai berikut, buka WhatsApp di handphone Kamu dan kemudian pilih “WhatsApp Web” dari menu utama.

13. Starred Messages

Pernah mencari pesan penting tapi sulit untuk mencarinya? Tenang, gunakan fitur ini saja. Jika Kamu memiliki banyak pesan penting, dengan fitur ini Kamu bisa menandai pesan dan dapat dicari dengan mudah.

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, yaitu pilih pesan yang ingin ditandai, kemudian klik ikon bintang.

14. Dokumen

Pada fitur Dokumen ini Kamu dapat mengirim dokumen seperti file PDF, Word, dan Excel. Ini sangat berguna jika Kamu ingin berbagi dokumen dengan teman, sahabat, pacar atau rekan kerja.

Nah itulah fitur rahasia di WhatsApp yang wajib Kamu ketahui. Dengan fitur-fitur ini, Kamu dapat meningkatkan pengalaman chatting Kamu, menjadi lebih produktif dan tentunya menghemat waktu dengan aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga :