10 Film yang Terkenal Paling Membingungkan, Pernah Nonton?

Alasan orang-orang menonton film pastinya karena ingin merasa terhibur. Namun ada pula beberapa film yang membuat para penonton malah pusing karena plotnya yang aneh. Ya, film yang bikin bingung ini sebaiknya Anda tonton bersama – sama agar mudah dipahami jalan ceritanya.

Berikut ini Infodong rangkum 10 film yang terkenal punya jalan cerita rumit dan menantang para penontonnya untuk berpikir keras.

Inilah 10 Film yang Membingungkan

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Film yang bikin bingung pertama adalah 2001: A Space Odyssey. Film ini merupakan karya salah satu sutradara terhebat sepanjang masa, Stanley Kubrick. Film tersebut mengambil inspirasi dari cerita pendek karangan Arthur C. Clarke berjudul The Sentinel.

2001: A Space Odyssey mengangkat tema tentang evolusi manusia, teknologi, kecerdasan buatan, hingga kehidupan di luar bumi. Film ini juga disebut-sebut sebagai salah satu film paling berpengaruh di dunia sinema.

2. Primer (2004)

Dari banyaknya film bertema mesin waktu, Primer barangkali adalah yang paling membingungkan. Debut penyutradaraan Shane Carruth ini dibuat dengan budget tipis dan aktor-aktor yang belum punya nama. Namun Primer sukses menuai pujian para pencinta film dan masuk dalam daftar tontonan wajib untuk film bergenre serupa.

Para penggemar film ini bahkan membuat video yang menjelaskan soal plot Primer yang bisa kamu pelajari di Youtube.

Baca juga: Film Bertema Kesepian

3. Mulholland Drive (2001)

Film misteri garapan David Lynch ini dibintangi oleh Naomi Watts, Laura Harring, Justin Theroux, hingga Ann Miller. Mulholland Drive bercerita tentang aktris bernama Betty Elms yang baru tiba di Los Angeles, yang bertemu dengan perempuan amnesia dalam masa pemulihan setelah kecelakaan mobil.

Mulholland Drive sering disebut sebagai karya terhebat David Lynch dan salah satu film terbaik di abad ke-21.

4. Donnie Darko (2001)

Donnie Darko adalah film fiksi ilmiah dan thriller psikologis yang dibintangi sejumlah aktor top seperti Jake Gyllenhaal, Jena Malone, Maggie Gyllenhaal, Drew Barrymoore, hingga Patrick Swayze.

Film ini menceritakan petualangan Donnie Darko dalam mencari makna di balik penglihatannya terkait kiamat. Pada 2004, sang sutradara kembali merilis film ini dengan versi yang lebih mudah dicerna, meski tetap saja endingnya pasti bikin kamu bingung.

5. The Tree of Life (2011)

Di awal film, The Tree of Life tampak seperti kisah tentang sebuah keluarga biasa di Texas tahun 1950-an. Namun tunggu dulu, The Tree of Life tiba-tiba saja jadi membingungkan karena sutradara Terrence Malick memasukkan adegan-adegan random seperti awal mula terbentuknya alam semesta.

Film eksperimental ini dibintangi oleh Brad Pitt dan Jessica Chastain yang memerankan suami-istri dengan kualitas akting jempolan.

Baca juga: Serial TV Tentang Pembunuh Berantai

6. Holy Mountain (1973)

Holy Mountain (1973) (mubi.com)

Film Meksiko bertema fantasi absurd ini ditulis, disutradarai, diproduseri, dan dibintangi oleh Alejandro Jodorowsky, yang terkenal suka membuat film-film yang sulit dimengerti.

Seorang pencuri memanjat sebuah menara untuk bertemu dengan seorang ahli alkimia, yang mengangkat si pencuri sebagai muridnya. Selama perjalanan, kedua karakter tersebut mengikuti berbagai ritual aneh untuk mentransformasi diri mereka.

7. Inland Empire (2006)

Setelah menggarap Mulholland Drive yang fenomenal, David Lynch kembali menggarap film yang bikin dahi penonton berkerut.

Inland Empire sarat dengan adegan-adegan membingungkan, gambar-gambar mengganggu, dan suara-suara yang tak enak didengar. Belum lagi jalan ceritanya yang bak mimpi buruk dan tak masuk di logika. Film ini sendiri mengangkat cerita seorang aktris Hollywood (Laura Dern) yang mulai mengambil kepribadian dari karakter yang ia mainkan dalam film.

8. Memento (2001)

Guy Pearce berperan sebagai seorang laki-laki amnesia dan kehilangan memori kira-kira setiap 15 menit. Ia pun menjalankan misi untuk mencari orang-orang yang menyerangnya dan membunuh sang istri, menggunakan foto polaroid dan tato untuk mengakali memori pendeknya.

Film garapan Christopher Nolan ini tampak membingungkan karena plotnya yang tak linear. Kuncinya, adegan yang berwarna hitam dan putih berjalan sesuai kronologi. Namun adegan yang berwarna berjalan secara sebaliknya.

9. Pi (1998)

Pi adalah film psikologis yang ditulis dan disutradarai Darren Aronofsky. Film ini mengangkat tema agama, mistis, dan hubungan alam semesta dengan matematika. Pi bercerita tentang seorang ahli matematika yang terobsesi mencari keteraturan angka dari dunia nyata.

Baca juga: Film Hollywood Paling Ditunggu di 2021

10. Eraserhead (1977)

Eraserhead merupakan film panjang pertama sutradara nyentrik David Lynch. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Henry Spencer dalam merawat putranya yang memiliki kondisi aneh. Tak hanya ceritanya yang bikin pusing, kamu juga harus siap merasa tidak nyaman dengan berbagai penampakan absurd dalam film ini.

Nah itulah rekomendasi film yang terkenal membingungkan dan rumit. Apakah kamu sudah pernah menonton salah satu film yang bikin bingung tersebut? Yuk ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Editor: AD

Tinggalkan komentar