Home » Film » 10 Film Holocaust Terbaik yang Bikin Tegang dan Penasaran

10 Film Holocaust Terbaik yang Bikin Tegang dan Penasaran

Tertarik untuk menonton film Holocaust? sebelum Anda menontonnya, harus tahu terlebih dahulu tentang Holocaus. Holocaust adalah salah satu peristiwa paling kelam dalam sejarah dunia, yakni genosida terhadap jutaan penganut Yahudi selama Perang Dunia II.

Program pembunuhan ini dilakukan oleh Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Peristiwa memilukan ini pastinya menghadirkan berbagai kisah yang menjadi bahan menarik untuk diolah para sineas film dunia.

Berikut ini Infodong.id menghadirkan rekomendasi 10 film terbaik yang berlatar belakang Holocaust, dijamin bikin tegang sepanjang filmnya.

Film Inglorious Basterds (2009), Film Holocaust
Film Inglorious Basterds (2009)

Film Holocaust Terbaik

1. Schindler’s List (1993)

Film drama sejarah ini digarap dan diproduseri oleh Steven Spielberg dan ditulis oleh Steven Zaillian. Schindler’s List diangkat dari novel nonfiksi berjudul Schindler’s Ark buatan penulis Australia, Thomas Keneally.

Film ini menceritakan sosok Oskar Schindler, seorang warga Jerman yang bersama istrinya menyelamatkan lebih dari seribu imigran Polandia-Yahudi dari Holocaust. Schindler’s List akhirnya memenangkan tujuh dari 12 nominasi yang diterima di Piala Oscar.

Baca juga: Film Tentang Pesawat, Dari Kecelakaan hingga Pembajakan

2. The Pianist (2002)

Film biografi perang ini diangkat dari otobiografi berjudul sama yang terbit pada 1946 silam. The Pianist menceritakan kisah seorang pianis dan komposer bernama Wlaadyslaw Szpilman yang juga merupakan korban yang selamat dari peristiwa Holocaust.

Kisah pilu tersebut membuahkan beberapa penghargaan di Piala Oscar, seperti Sutradara Terbaik (Roman Polanski) dan Aktor Utama Terbaik (Adrien Brody).

3. The Diary of Anne Frank (1959)

The Diary of Anne Frank dibuat berdasarkan drama panggung pemenang Pulitzer berjudul sama. Seperti judulnya, kisah ini merupakan penggambaran dari buku harian Anne Frank, seorang gadis korban Holocaust.

Anne Frank adalah gadis Yahudi yang hidup dalam persembunyian bersama keluarganya selama Perang Dunia II. Seluruh tulisan dalam buku hariannya dipublikasikan setelah perang usai oleh sang ayah yang bernama Otto Frank.

4. The Boy in the Striped Pyjamas (2008)

The Boy in the Striped Pyjamas merupakan kisah persahabatan antara dua bocah yang amat menyayat hati. Film ini dibuat berdasarkan novel berjudul sama karangan John Boyne.

Berlatar belakang Perang Dunia II, drama Holocaust ini menggambarkan kengerian kamp Nazi melalui sudut pandang dua anak laki-laki berusia delapan tahun yang berbeda nasib. Bruno (Asa Butterfield) adalah putra komandan Nazi, sementara Shmuel (Jack Scanlon) adalah bocah Yahudi yang ikut ditawan Nazi.

5. Life Is Beautiful (1997)

Film drama komedi Italia ini disutradarai sekaligus dibintangi oleh Roberto Benigni. Ia memerankan Guido Orefice, seorang Yahudi Italia pemilik toko buku yang menggunakan imajinasinya untuk melindungi putranya dari kengerian kamp konsentrasi Nazi.

Film ini menuai kesuksesan dari kalangan kritikus dan di box office. Dengan keuntungan 230 juta dolar AS, Life Is Beautiful menjadi salah satu film non bahasa Inggris tersukses di dunia.

Baca juga: Film Tentang Wabah dan Virus Menular

6. Son of Saul (2015)

Film drama buatan Hungaria ini berlatar belakang kamp konsentrasi Auschwitz selama Perang Dunia II. Son of Saul menyoroti kehidupan Saul Auslander (Geza Rohrig), seorang anggota Sonderkommando, yakni tawanan Nazi yang dipaksa untuk bekerja demi menghindari masuk ke dalam kamar gas beracun.

Sutradara Laszlo Nemes sukses membuat para penonton ikut mengalami ngerinya situasi di kamp konsentrasi Nazi, bahkan meski tak benar-benar menampilkan adegan horor tersebut di layar.

7. Remember (2015)

Drama thriller ini adalah film buatan Kanada dan Jerman. Plotnya meliputi seorang penyintas Holocaust yang sudah lansia dan menderita dementia. Ia lalu menjalankan misi untuk membunuh seorang mantan penjahat perang di era Nazi.

Jalan ceritanya mirip seperti Memento buatan Christopher Nolan. Bersiaplah dengan kejutan mencengangkan yang ditaruh di akhir film. Remember dibintangi aktor pemenang Piala Oscar, Christopher Plummer.

8. Sophie’s Choice (1982)

Sophie’s Choice disebut-sebut merupakan penampilan terbaik dari aktris veteran, Meryl Streep. Ia berperan sebagai imigran Polandia yang memiliki rahasia gelap dari masa lalunya saat hidup bersama sang kekasih yang temperamen, Nathan, dan penulis muda bernama Stingo.

9. Inglorious Basterds (2009)

Inglorious Basterds merupakan penggambaran sejarah alternatif dari masa kekuasaan Nazi garapan sutradara Quentin Tarantino.

Film ini memiliki dua plot untuk membunuh kepemimpinan Nazi Jerman yang direncanakan oleh Shosanna Dreyfus dan sebuah tim dari tentara Yahudi Amerika pimpinan Aldo Raine.

Film yang masuk dalam delapan nominasi Piala Oscar ini dibintangi oleh parade aktor ternama, seperti Brad Pitt, Christoph Waltz, Michael Fassbender, hingga Diane Kruger.

Baca juga: Serial TV Tentang Pembunuh Berantai

10. Defiance (2008)

Di Belarusia, orang tua dari Bielski bersaudara dibunuh oleh anggota Nazi. Keempat kakak beradik itu pun kabur ke hutan untuk merancang aksi balas dendam.

Selama bertahun-tahun dalam persembunyian, mereka sanggup menyelamatkan lebih dari seribu warga Yahudi.

Film perang buatan Amerika ini dimeriahkan oleh penampilan apik dari para aktor ternama seperti Daniel Craig, Live Schreiber, Jamie Bell, dan Alexa Davalos.

Dari kesepuluh film tentang Holocaust tersebut, menurut kalian film manakah yang paling bikin penasaran?

Penulis: AKD
Editor: Admin

Leave a Comment