Home Film 4 Fakta Menarik Film Avatar yang Harus Diketahui

4 Fakta Menarik Film Avatar yang Harus Diketahui

141

Fakta Menarik Film Avatar

Pada saat rilis Film Avatar 2009 James Cameron selaku Sutradara memutuskan untuk memecahkan rekor box office yang dibuat oleh Titanic dengan merilis film fitur CGI yang menghasilkan $2,9 miliar di box office.

Avatar merupakan sebuah lompatan besar pada film dengan teknologi sinematik, menampilkan visual bulan Pandora yang memanjakan mata, pepohonan yang rimbun dan juga tampilan dari makhluk-makhluk indah. Film memukau ini fenomenal di masanya dan inilah sederet fakta menarik film Avatar:

Fakta Menarik Film Avatar
Fakta Menarik Film Avatar

1. Menggunakan suara hewan asli

Skywalker sound yang bertanggung jawab atas pembuatan suara di Pandora dan juga makhluk-makhluk yang ada didalamnya.

Dikutip dari popularmechanics.com Juan Peralta mengatakan “Banyak mandat yang kami dapatkan berupa suara khusus untuk makhluk tertentu”.

Juan Peralta merupakan orang yang mengepalai suara pasca produksi di Skywalker dan juag bekerja sama dengan perancang suara di Avatar yaitu Christopher Boyce.

Baca juga:

Ringkasan Review Film Avatar 2009, Film Paling Apik

2. Sam Worthington tinggal di mobilnya saat mengikuti audisi Avatar

Pada awalnya Cameron menwarkan peran Sully pada Matt Damon, namun ia harus menolaknya karena serial Bourne. Cameron mendapatkan ide untuk menggunakan aktor pendatang baru untuk pemeran utamanya.

Pilihan itu jatuh pada Worthington yang cukup mapan di Negara asalnya Ausralia, ia pernah tampil di acara TV dan muncul juga di film. Ia dikabarkan tinggal di mobilnya saat mengikuti audisi untuk film Avatar.

Kemudian setengah tahun selanjutnya ia mendapatkan panggilan yang memberitahukan bahwa ia mendapatkan peran itu. Camero sangat terkesan dengan Worthington hingga ia membantunya untuk mendapatkan peran utama McG’s Terminator Salvation.

3. Bahasa suku Navi dipengaruhi dari berbagai bahasa

Bahasa dari suku Na’vi dipengaruhi oleh bahasa Amharik, Persia dan Cina, dan pencampuran dari bahasa lainnya. Paul Frommer pertama kali mendapatkan panggilan di tahun 2005 untuk membuat bahasa di film Avatar.

Na’vi berisikan juga suara dari bahasa pribumi tertentu didaerah Amerika dan Asia Tengah.

4. James Cameron menulis film pada tahun 1994

James Cameron menulis film Avatar pada tahun 1994 namun harus menunggu Gollum sampai ia dapat membuatnya. Cameron memilki 80 halaman pada saat itu untuk film Avatar, namun teknologi untuk dapat menghidupkan idenya sangat mahal pada saat itu.

Film ini bahkan masuk pada buku trivia sebagai film yang kemungkinan besar tidak akan pernah diproduksi karena harga yang diperkirakan untuk membuat film mencapai $400 juta.

Baca juga:

Mengenal Suku Bajo yang Menjadi Inspirasi Film Avatar 2

Durasi Film Avatar 3 Dilaporkan Mencapai 9 Jam