Home > InfoFilm > 3 Film Indonesia yang Bersaing untuk Dikirim ke Oscar 2020

3 Film Indonesia yang Bersaing untuk Dikirim ke Oscar 2020

Cuplikan film Kucumbu Tubuh Indahku.

Dunia perfilman Indonesia sudah mulai ikut meramaikan ajang penghargaan industri film Academy Awards atau Oscar sejak 1987. Meski belum pernah menang, Indonesia selalu berpartisipasi untuk unjuk gigi dengan karya-karya buatan sineas tanah air.

Kategori yang diikuti film Indonesia adalah Best Foreign Film atau kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Untuk gelaran Oscar 2020 pun, Indonesia juga tak ketinggalan. Tahun 2019 sendiri merupakan tahun yang luar biasa bagi penikmat film.

Pasalnya, kita dimanjakan dengan berbagai film bagus yang menghiasi layar lebar atau pun yang diputar di festival-festival. Sejumlah film sukses secara komersial, dan sederet lainnya sukses di mata kritikus hingga mendulang berbagai penghargaan hingga festival-festival di luar negeri.

Tahun ini pun ada 99 film yang diseleksi untuk dikirimkan ke Oscar 2020. Dari 99, dikerucutkan menjadi tiga dan kemudian Komite Oscar akan memilih satu film terbaik.

Baca Juga: Siap-siap Bengong, Ini 5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik

Ketiga film yang dimaksud adalah 27 Steps of May, Ave Maryam, dan Kucumbu Tubuh Indahku. Setelah melalui proses panjang penilaian, Kucumbu Tubuh Indahku dipandang layak untuk mewakili Indonesia di Oscar.

Namun apakah kamu sudah tahu tentang apa sih film-film ini? Berikut ini Infodong mengulas film-film Indonesia yang diseleksi untuk Oscar 2020.

27 Steps of May

May adalah seorang perempuan korban kekerasan seksual saat berusia 14 tahun. Karena trauma dari kejadian tersebut, ia mengisolasi dirinya dan berhenti bicara. Sang ayah pun menyalahkan dirinya sendiri dan mencoba menerima keadaan May hingga delapan tahun lamanya.

Namun suatu hari, sebuah lubang muncul misterius di dinding. Di baliknya, May menemukan seorang pesulap.

Di film yang ‘sunyi’ ini, kamu akan diajak ikut merasa sakit dan nyesek melihat trauma yang dialami korban pemerkosaan seperti May.

Akting yang solid dari para pemerannya seperti Raihaanun dan Lukman Sardi serta jalan kisah yang mampu membius penontonnya, membuat film ini sukses menyedot perhatian di berbagai festival, seperti di Busan International Film Festival dan Cambodia International Film Festival.

Ave Maryam

Film garapan Ertanto Robby Soediskam ini menyedot perhatian para penikmat film Indonesia karena temanya yang tak biasa dan gambar-gambarnya yang tertata sangat cantik.

Suster Maryam (Maudy Koesnadi) adalah seorang biarawati yang lahir dari keluarga Muslim. Ia lalu mengabdikan hidupnya dalam sebuah susteran di Semarang. Saat tengah merawat para biarawati lansia, Maryam bertemu dan jatuh cinta dengan seorang pastur bernama Yosef.

Film ini sempat diwarnai kontroversi karena mengangkat premis cinta terlarang para biarawan-biarawati di Gereja Katolik. Kedua, saat muncul di bioskop reguler, cukup banyak adegan signifikan dalam filmnya yang terpotong sensor.

Jangan lewatkan film ini jika suatu saat diputar lagi dalam film-film festival. Kapan lagi kamu akan mendapat suguhan cerita yang tak biasa dengan diiringi gambar-gambar cantik nan memikat.

Kucumbu Tubuh Indahku

Film Indonesia terbaik tahun ini juga tak lepas dari temanya yang kontroversial. Film garapan Garin Nugroho ini mengangkat penari Lengger yang menjadi gemblak (jejaka simpanan) seorang warok dalam tradisi penari Reog.

Baca Juga: 3 Film Tokoh Olahraga Indonesia yang Menginspirasi, Bikin Ikutan Bangga!

Film ini dibintangi oleh Muhammad Ikhsan, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, hingga Randy Pangalila.

Karena temanya itu, beberapa protes dan petisi sempat dilayangkan untuk menghentikan tayangannya di beberapa kota di Indonesia. Namun seolah membungkam rentetan protes, Kucumbu Tubuh Indahku meraup 12 nominasi di Festival Film Indonesia dan bahkan akan mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *