Pentingnya Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda

Memiliki usaha di bidang fesyen, kuliner, peralatan rumah tangga, jasa, dan apapun bidang usaha yang Anda miliki pastinya dibutuhkan sebuah kegiatan marketing atau pemasaran.

Berkembangnya teknologi juga semakin memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya dengan cara yang lebih praktis dan efektif.

manfaat digital marketing untuk bisnis anda
manfaat digital marketing untuk bisnis anda

Dalam dunia marketing, kini dikenal dengan istilah digital marketing. Sebagian besar mungkin tidak asing dengan “apa sih itu digital marketing”,“apa sih manfaat digital marketing untuk bisnis”.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran sebuah produk atau merk melalui platform digital. Seperti melalui mesin pencarian Google dan sosial media Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn dan sejenisnya.

Apakah selama ini Anda sudah memasarkan produk atau brand melalui digital marketing? Atau metode pemasaran seperti apa yang Anda gunakan? Bila belum, kini saatnya beralih memasarkan produk Anda secara digital.

Sebelum beralih dari pemasaran secara konvensional ke digital marketing, berikut tujuan dan manfaat yang akan Anda dapatkan melakukan pemasaran atau promo secara digital marketing.

Tujuan Digital Marketing

Maksud dan tujuan digital marketing yang paling utama adalah mencapai suatu target untuk meningkatkan nilai dan pendapatan penjualan perusahaan. Selain itu, adapun tujuan digital marketing lainnya seperti:

  1. Memperbanyak database pelanggan.
  2. Memberi tahu kepada pelanggan jika ada promo terbaru dan tawaran menarik.
  3. Meningkatkan interaksi pada akun official social media merek atau produk.
  4. Dapat meningkatkan jumlah pengunjung website.

Manfaat Digital Marketing

1. Pemasaran Mudah dan Praktis

Manfaat Digital Marketing yang pertama adalah Mudah dan Praktis. Seperti yang telah disebutkan di paragraf awal, inti dari digital marketing adalah pemasaran merk atau produk melalui media digital. Artinya kegiatan promo dengan cara digital marketing tidak lagi menguras tenaga dan waktu.

Membandingkan dengan pemasaran secara konvensional, banyak persiapan yang harus dilakukan dan membutuhkan waktu lebih lama.

Sebut saja seperti membagikan brosur, mendatangi langsung customer, beriklan di majalah, koran, atau beriklan di papan billboard dan lainnya.

Dengan digital marketing, Anda hanya perlu menyiapkan konten pemasaran, biaya dan target market sesuai yang diinginkan.

2. Bebas Menentukan Biaya

Manfaat Digital Marketing yang kedua adalah bebas menentukan biaya. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh digital marketing ada bebas biaya.

Bukan gratis, tapi para pemilik produk atau brand yang ingin melakukan pemasaran secara digital marketing bebas menentukan biaya yang diinginkan.

Hanya dengan 10.000 saja Anda bisa mengiklankan iklanmu di media digital seperti social media.

Bila dibandingkan dengan beriklan secara konvensional seperti melalui televisi atau koran, tak hanya dari segi biaya saja yang jauh lebih mahal tapi hasil dari iklan yang dijalankan pun lebih efektif dengan cara digital marketing.

Selain itu chanel digital yang digunakan untuk beriklan lebih beragam dan bisa disesuaikan dengan produk atau brand.

3. Target Market yang Tepat Sasaran dan Hasil yang Sesuai

Manfaat Digital Marketing selanjutnya adalah tepat sasaran dan hasil yang sesuai. Digital marketing memberikan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pemasaran secara konvensional, yaitu menyediakan target market yang benar – benar sesuai dengan setiap produk atau brand.

Di dunia digital marketing Anda bisa memilih sasaran customer berdasarkan usia, tempat tinggal, ketertarikan, jangkauan wilayah sampai pekerjaan.

Keunggulan inilah yang akan membuat aktivitas pemasaran Anda jauh lebih efektif dan memberikan hasil yang benar – benar tepat sasaran.

Dengan digital marketing pula, Anda bisa mengontrol atau menentukan berapa lama durasi pemasaran produk atau brand yang diinginkan serta total biaya yang ingin dihabis semuanya sesuai keinginan pemilik produk atau brand.

4. Memiliki Data Valid

Pemasaran secara digital marketing akan menghasilkan sebuah data dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan.

Data itu mencakup jenis kelamis, usia, minat, lokasi, bahkan kontak telepon. Data ini penting sekali bagi para pemilik produk atau brand untuk dijadikan bahan tolak ukur kegiatan pemasaran ke depannya agar lebih efektif lagi.

Agar aktivitas pemasaran secara digital menjadi efektif yang diperlukan adalah strategi yang tepat. Digital marketing membutuhkan dua komponen yang penting yaitu konten digital dan penyebaran konten digital.

Konten digital ini merupakan identitas produk atau brand, seperti misalnya alamat website, akun sosial media, foto dan video produk atau brand dan brosur – brosur digital.

Sedangkan untuk penyebaran konten digital yaitu digital marketingnya sendiri. Adapun media – media digital yang bisa digunakan seperti Google Adwords, Google Display Network (GDN), YouTube Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, LindekIn, Twitter, SEO, dan SEM.

Bila Anda masih sangat asing dengan digital marketing, tapi ingin memulai menggunakannya untuk strategi marketing yang tepat, bisa memanfaatkan Jasa Digital Marketing di Indonesia yang sudah berpengalaman.

Para penyedia jasa marketing ini biasanya memberikan paket lengkap mulai dari pembuatan konten digital sampai penyebaran konten digitalnya (digital marketing).

Setiap penyedia jasa marketing memiliki paket – paket harga yang berbeda. Kelebihan lainnya selain produk atau brand Anda dikelola oleh para ahli di bidangnya, beberapa diantaranya bisa menyesuaikan budget yang dimiliki para pemilik produk atau brand.

Alat Melacak Hasil Digital Marketing

Jika strategi digital marketing sudah diterapkan, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melihat hasil dari penerapan digital marketing tersebut.

Ada alat gratis yang disediakan oleh Google yaitu Google Analytics. Bila Anda menerapkan strategi digital marketing berbasis website, Anda bisa menggunakan alat ini untuk melacak hasilnya.

Dengan alat Google Analytics, Anda bisa melacak pengunjung harian, produk atau konten terlaris hingga dari kota mana saja pengunjung Anda berasal.

Untuk melacak hasil dari penerapan digital marketing berbasis social media, Anda bisa melihat langsung laporannya di masing – masing dashboard platform tersebut. Bisa juga menggunakan Facebook ads Manager jika Anda menggunakan social media facebook dan instagram.

Bagikan:

Related Posts:


Admin

Official Admin Infodong.id, informasi menarik, unik, tutorial dan berbagai tips menarik.

Leave a Comment