Home Ragam 9 Fakta Tentang Buaya yang Harus Diketahui

9 Fakta Tentang Buaya yang Harus Diketahui

112

Fakta Tentang Buaya

Buaya merupakan reptil terbesar di Asia, Afrika, Australia dan Amerika. Buaya hidup disana namun tidak menempati Eropa. Banyak sekali fakta tentang buaya yang harus kamu ketahui, salah satunya adalah Buaya dapat hidup hingga usia 100 tahun.

Hal yang paling menarik adalah hewan Buaya ini dapat menyesuaikan temperatur tubuhnya dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga dapat bertahan hidup di air yang sangat dingin maupun sangat panas. Selain itu, Buaya dapat menempuh jarak hingga 20 km/jam saat menyelam di air.

Lalu gimana sih fakta-fakta menarik lainnya tentang hewan reptil satu ini? berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang buaya.

Fakta Tentang Buaya
Fakta Tentang Buaya

1. Suka Makan Buah?

Dikutip dari factanimel.com terdapat studi pada tahun 2013 yang menyebutkan bahwa terkadang buah-buahan yang dikonsumsi oleh buaya secara tidak sengaja ia konsumsi dalam jumlah besar. Jumlahnya setara degan pola makan burung, ikan dan mamalia. 

2. Punya 4000 Gigi

Semasa hidup buaya ia mampu mengganti masing-masing 80 gigi mereka sampai 50 kali. Buaya memiliki 60-110 gigi, saat giginya hilang atau terlepas terdapat gigi kecil yang sudah siap mengganti gigi yang hilang tersebut.

3. Tidak Memiliki Kelenjar Keringat

Kamu pernah liat buaya mangap dengan waktu yang lama? Ya! Karena ia merupakan hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat saat ia sedang tidak mencari makan maka buaya akan berbaring diam dan membuka rahangnya sepertiyang sering terlihat.

4. Buaya dan Aligator Berbeda!

Cara paling mudah untuk membedakan buaya dan aligator adalah giginya. Saat buaya menutup mulutnya, semua gigi pada buaya akan terlihat semua, hal itu dikarenakan rahang atas dan bawah memiliki lebar yang kurang lebih sama.

5. Anti Peluru

Tau kan kulit buaya itu kerasnya minta ampun? Sangkin kerasnya buaya ini anti peluru loh! Sebagai keturunan dari dinosaurus buaya memang tangguh ya.

6. Buaya Makan Langsung Ditelan

Pernah liat temanmu makan cepet banget gak? Mungkin mereka keturunan dari buaya juga nih, soalnya makannya gak dikunyah. Buaya menelan daging yang mereka sobek dari mangsanya, mereka menelan potongan daging dalam bentuk besar. Karena ia tidak mengunyah makanan mereka maka untuk membantu mencerna makanan, buaya terkadang menelan batu-batu kecil untuk menghancurkan makanan didalam perut mereka.

7. Peran Buaya di Ekosistem

Fakta selanjutnya adalah Buaya merupakan hewan yang sangat penting bagi ekosistem, karena memainkan peran sebagai pemangsa yang membantu menjaga keseimbangan populasi hewan lain di ekosistem tersebut.

8. Durasi Napas

Bicara soal menyelam, buaya juga pandai menyelam. Ya, karena buaya merupakan hewan yang sangat lihai dalam menyelam, bahkan dapat menahan napas selama sekitar 7 menit lamanya.

9. Panjang 6 Meter

Wahh, ternyata Buaya dapat tumbuh hingga panjang 6 meter dan berat hingga 1 ton loh!

Nah itulah fakta-fakta tentang buaya, bagaimana menurutmu? Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

5 Tanda Kucing Menyukai Kita Bikin Gemes