Home > InfoBola > Deretan Kota dengan Raihan Trofi Terbanyak di 5 Liga Top Eropa

Deretan Kota dengan Raihan Trofi Terbanyak di 5 Liga Top Eropa

Sebagai penikmat sepakbola internasional, kita paham betul bahwa terdapat lima liga terbaik di dunia saat ini. Entah disengaja atau tidak, lima liga terbaik di dunia ini semuanya datang dari Tanah Eropa. Mereka adalah Bundesliga Jerman, Ligue 1 Prancis, Serie A Italia, La Liga Spanyol, dan Liga Primer Inggris.

Namun, tahukah Anda dari kelima liga tersebut, kota mana saja yang memiliki jumlah gelar terbanyak dalam raihan gelar liga divisi utamanya? Berikut ini adalah ulasan kota terbaik dari lima liga top Eropa, dihitung berdasarkan jumlah raihan gelar liga divisi utama di negara yang bersangkutan.

Bundesliga Jerman

Sudah tidak diragukan lagi, Kota Munchen di Jerman sejak dahulu memang dikenal sebagai kota terbaik dalam ranah sepakbola. Klub-klub dari Ibu Kota Jerman itu terhitung telah 28 kali menjuarai gelar Bundesliga Jerman, liga terbaik di negara tersebut.

Tercatat, Bayern Munchen masih mendominasi dengan meraih 29 kali gelar juara Bundesliga Jerman. Sementara satunya lagi telah diraih oleh TSV 1860 Munchen pada tahun 1966.

LaLiga Spanyol

Kita mengenal bahwa hanya ada dua klub yang kerap mendominasi LaLiga Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona saja. Hal tersebut telah berlangsung lama, dan hanya terdapat beberapa klub saja yang dapat menyaingi mereka yakni Atletico Madrid, Deportivo La Coruna, hingga Valencia.

Namun, Kota Madrid masih menjadi yang terbaik dalam perebutan gelar LaLiga Spanyol di Negeri Matador tersebut. Tercatat, klub-klub di Kota Madrid secara keseluruhan telah meraih 43 gelar La Liga Spanyol, dengan Real Madrid 33 kali dan Atletico Madrid 10 kali.

Serie A Italia

Terhitung sejak 1898, terdapat 16 klub Italia yang berhasil meraih gelar juara Liga Divisi Pertama Italia (kini bernama Serie A Italia). Dari 16 klub tersebut, terdapat tiga kota besar yang mendominasi dengan total lebih dari 10 gelar mereka raih.

Seperti Kota Genoa, misalnya, yang berhasil meraih 10 gelar Liga Utama Italia dengan Genoa sebanyak sembilan kali dan Sampdoria satu kali. Lalu ada Kota Milan, yang berhasil meraih 36 gelar dengan AC Milan dan Inter Milan masing-masing 18 kali.

Sisanya adalah Kota Turin, yang menjadi kota tersukses dalam raihan gelar di Liga Divisi Pertama Italia. Terhitung, secara keseluruhan Kota Turin telah berhasil meraih 40 gelar, dengan Juventus 35 kali dan Torino tujuh kali.

Ligue 1 Prancis

Sebelum berganti nama menjadi Ligue 1, kompetisi teratas di Prancis itu menggunakan nama Liga Amatir sejak 1894 hingga 1929. Disebabkan oleh Perang Dunia, liga Prancis kembali digelar pada tahun 1932 hingga kini.

Sejak 1894, terdapat 28 klub yang berhasil menjadi nomor satu di Prancis. Salah satunya adalah Saint-Etienne, yang telah meraih meraih 10 kali gelar juara. Klub yang berasal dari Kota Saint-Etienne itu masih menjadi pemegang rekor dengan jumlah liga terbanyak di Prancis.

Lalu terdapat Kota Marseille yang memiliki 13 gelar juara. 13 gelar tersebut datang dari Olympique Marseille sebanyak 10 kali, dan Helvetique Marseille sebanyak tiga kali.

Namun hingga kini, Kota Paris masih menjadi kota tersukses yang berhasil meraih gelar liga teratas di Prancis tersebut. Tercatat, klub-klub dari Kota Paris telah memenangkan 17 gelar, diantaranya datang dari Paris Saint-Germain sebanyak enam kali.

Tak hanya PSG sebagai klub Kota Paris yang pernah menjuarai Liga Utama Prancis, terdapat pula Standard Athletic Club (5), RC Paris (2), Club Francais (1), CA Paris (1), Gallia Club Paris (1), dan Stade Francais (1).

Liga Primer Inggris

Liga Utama Inggris sebelumnya sempat berganti nama menjadi Liga Primer Inggris pada musim 1992/93. Namun sejak pertama kali Liga Utama Inggris dimulai hingga berganti nama menjadi Liga Primer Inggris, hanya terdapat tiga kota saja yang mendominasi Liga Utama Inggris tersebut.

Bila Anda berpikir bahwa Kota Manchester adalah yang terbaik di Tanah Inggris, Anda salah besar. Benar adanya bila Manchester United menjadi klub tersukses di Inggris dengan meraih 20 gelar juara, namun tidak untuk ukuran kota terbaik.

Tercatat, Kota Manchester hanya berhasil meraih 26 gelar juara divi utama liga Inggris sejauh artikel ini diturunkan, dengan 20 dari Manchester United dan enam  dari Manchester City.

Sementara Kota London hanya 21 gelar yang berhasil mereka torehkan, yakni 13 dari Arsenal, enam dari Chelsea, dan dua dari Tottenham Hotspur. Lalu, kota manakah yang berhasil meraih gelar liga divisi utama Inggris terbanyak?

Adalah Kota Merseyside yang hingga kini masih menjadi raja di liga divisi utama Inggris. Kota pelabuhan tersebut tercatat telah 27 kali berhasil meraih gelar, dengan Liverpool 18 kali dan Everton sembilan kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *