Home > InfoFilm > 6 Film Kartun Termahal Sepanjang Masa, Sampai Triliunan Rupiah!

6 Film Kartun Termahal Sepanjang Masa, Sampai Triliunan Rupiah!

TOY STORY 3
(L-R) Bullseye, Mr. Potato Head, Mrs. Potato Head, Jessie, Hamm, Barbie, Woody, Rex, Slinky Dog, Buzz Lightyear, Aliens ©Disney/Pixar. All Rights Reserved.

Dibuatnya film kartun Snow White and the Seven Dwarfs pada 1937 silam, menjadi titik balik dunia perfilman animasi. Kesuksesan film tersebut membuka jalan bagi jenis film ini untuk sangat diperhitungkan.

Selain Disney sendiri, berbagai produsen film kini tak ragu membuat film kartun menjadi proyek ambisius. Bahkan biaya pembuatan film animasi ini bisa melampaui budget untuk film-film live action.

Penasaran? Langsung saja, ini dia enam film kartun termahal sepanjang masa, sebagaimana telah dirangkum infodong.id.

Monsters University (Rp2,8 triliun)

Butuh waktu produksi selama empat tahun penuh untuk membuat sekuel film Monsters, Inc ini. Pixar harus menggandakan teknologi yang dipakai hingga para krunya. Maka tak heran film ini menyedot biaya produksi hingga 200 juta dolar AS.

Pixar bahkan membuat sistem baru yang canggih, bernama global illumination. Ini adalah sistem pencahayaan yang membantu mereka beradaptasi dengan teknologi modern. Tujuannya, untuk membuat film ini serealistis mungkin.

Cars 2 (Rp2,8 triliun)

Kesuksesan sebuah film tentu amat menggoda produsen untuk membuat lanjutannya. Seperti film Cars yang kemudian melahirkan Cars 2 pada 2011 silam.

Baca Juga: Tayang November 2019, Simak Dulu Deretan Fakta Unik Film Frozen 2

Cars 2 juga menjadi salah satu film animasi dengan teknik pembuatan revolusioner. Prosesnya amat kompleks karena dibuat langsung oleh animator di komputernya (bukan simulasi) dan menjadi salah satu film CGI pertama yang melakukannya.

Toy Story 3 (Rp2,8 triliun)

Meski sempat mengalami kendala teknis sebuah adegan hingga harus mengulang dari awal, semuanya terbayar ketika Toy Story 3 menjadi salah satu film animasi tersukses.

Keuntungan film ini menyentuh angka 1 miliar dolar AS, mengalahkan penghasilan dua film pendahulunya jika digabungkan.

Frozen 2 (Rp2,8 triliun)

Berselang enam tahun perilisan, tentu biaya dan keperluan produksi meningkat tajam. Si produsen pun harus memperbarui semuanya, dari komputer hingga staf untuk meningkatkan kualitas film. Proses paling sulit dalam memproduksi Frozen 2 ternyata adalah bagian membuat salju.

Toy Story 4 (Rp2,8 triliun)

Kesuksesan franchise film Toy Story ‘memaksa’ Pixar Animation dan Walt Disney Studios untuk membuat film keempatnya. Namun karena Toy Story 3 sudah dianggap memiliki ending yang sempurna, film keempatnya ini akan menjadi film tersendiri dan bukan cerita lanjutan.

Melihat keuntungan film-film sebelumnya, maka tak sulit untuk Pixar dan Disney menggelontorkan biaya produksi hingga 200 juta dolar AS.

Baca Juga: 6 Film Paling Sedih yang Bikin Mewek, Siap-siap Tisu Ya!

Tangled (Rp3,6 triliun)

Mungkin kamu tak mengira film satu ini akan menyandang predikat film kartun termahal. Dengan budget 260 juta dolar AS, biaya produksinya bahkan mengalahkan film-film box office macam Captain America: Civil War dan Star Wars: The Force Awakens.

Kenapa biayanya bisa sangat mahal? Pasalnya, Tangled adalah film animasi pertama yang dibuat menggunakan animasi CG 3D. Padahal awalnya film ini mau dibuat dengan gaya 2D seperti animasi tradisional Disney lainnya. Namun, rencana berubah hingga mereka harus mengulang proses kreatifnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *