Home > InfoFilm > 3 Film Tokoh Olahraga Indonesia yang Menginspirasi, Bikin Ikutan Bangga!

3 Film Tokoh Olahraga Indonesia yang Menginspirasi, Bikin Ikutan Bangga!

Laura Basuki kala memerankan Susi Susanti.

Biopik atau film biografi merupakan dramatisasi kisah hidup seseorang. Biasanya yang menjadi subjek utamanya adalah tokoh-tokoh besar yang menginspirasi, termasuk juga atlet.

Indonesia sendiri tak pernah kekurangan tokoh-tokoh pahlawan olahraga yang mengharumkan nama bangsa. Kisah hidup mereka tentu menjadi menarik, karena di balik kesuksesan mengharumkan nama bangsa, tersimpan pula perjuangan yang menginspirasi.

Seperti halnya kelima pahlawan olahraga berikut yang kisah hidupnya diangkat menjadi sajian biopik yang menghibur dan sarat makna perjuangan.

Susi Susanti – Love All (2019)

Siapa tak kenal Susi Susanti. Wanita tangguh asal Tasikmalaya ini kerap mengharumkan nama bangsa lewat aksinya sebagai atlet bulutangkis. Tentu saja puncak raihan prestasinya ketika ia meraih medali emas Olimpiade untuk pertama kalinya bagi Indonesia, di tahun 1992 silam.

Aksinya yang membanggakan Tanah Air tersebut akhirnya diabadikan menjadi sebuah film biopik. Ya, film berjudul Susi Susanti – Love All yang dibintangi Laura Basuki dan Dion Wiyoko ini menampilkan sepak terjang Susi dari kecil hingga tampil di podium tertinggi.

Lewat film Susi Susanti, penonton bisa mendapat gambaran bagaimana sikap pantang menyerah, kedisiplinan, dan nasionalisme bisa membentuk seseorang menjadi juara. Selain dari sisi olahraga, kamu juga bisa dapat pandangan baru soal isu rasialisme yang sempat memanas di Indonesia.

6,9 Detik (2019)

Biopik satu ini menceritakan kisah hidup atlet panjat tebing, Aries Susanti Rahayu. Aries adalah atlet peraih medali emas Asian Games 2018. Aksinya yang bikin takjub sempat viral di internet dan membuatnya mendapat julukan Spiderwoman. Bahkan video aksi-aksinya tersebar ke media internasional dan mendulang banyak decak kagum.

Tak melulu soal prestasinya, film garapan Lola Amaria ini juga mengupas masa kecil Aries yang diwarnai perjuangan sang ibu.

Tak seperti film biografi lainnya dalam daftar ini, 6,9 Detik diperankan langsung oleh Aries sendiri. Pun ia masih aktif sebagai atlet panjat tebing yang wara-wiri di kejuaraan tingkat dunia.

Tiga Srikandi (2016)

Menampilkan kisah perjuangan tiga atlet panahan yang diperankan tiga aktris cantik, yakni Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani (Chelsea Islan), dan Kusuma Wardhani (Tara Basro).

Ketiganya memiliki pergulatan masing-masing dalam merintis karier menjadi atlet panahan. Ada yang terganjal restu orang tua hingga beratnya proses latihan dan tempaan untuk menjadi yang terbaik. Namun semuanya terbayar ketika mereka mampu mempersembahkan medali Olimpiade pertama untuk Merah Putih, tepatnya ketika Olimpiade Seoul 1988.

Nah, itu tadi sederet pahlawan olahraga Indonesia yang kisah hidupnya diangkat menjadi tontonan layar lebar. Karena tak hanya menginspirasi, film biopik atlet Indonesia ini juga sangat menghibur dan cocok ditonton bareng keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *