Home Music Mengenal YOASOBI, Grup Musik Jepang yang Mendunia

Mengenal YOASOBI, Grup Musik Jepang yang Mendunia

80

Mengenal Yoasobi

Yoasobi adalah duo J-pop yang muncul di konser HITC Jakarta pada tahun 2022. Mereka mempunyai banyak sekali penggemar yang ada di Indonesia, padahal dapat diaktakan band ini merupakan band yang baru muncul. Tapi namanya kini sukses dan band ini menjadi mendunia. 

Dibentuk pada tahun 2019 Yoasobi terdiri dari Ikura sebagai vokalis dan Ayase sebagai produser musik. Ketika Ayase diminta untuk mendeskripsikan musik dari yoasobi ia hanya mengeluarkan satu kata yaitu “koneksi”. Ia melihat yoasobi yang terdiri dari dirinya dan Ikura sebagai sang penghubung lewat musik yoasobi.

Mengenal YOASOBI, Grup Musik Jepang.
Mengenal YOASOBI, Grup Musik Jepang. (twitter.com/ikutalilas )

Mereka membuat lagu berdasarkan novel fiksi dan cerita pendek kemudian menghubungkan makna dari cerita dengan melodi. Yoasobi merupakan pertemuan antara kata-kata tertulis dengan musik. Setiap lagu yang dibawakan merupakan novel merdu yang disampaikan kepada pendengarnya.

Sebelum pada akhirnya yoasobi terbentuk dan mendunia Ayase dan Ikura sudah menajani karir musik sejak lama. Ikura merupakan penyanyi yang sudah merilis dua album yaitu Rerise pada tahun 2017 dan Jukebox pada tahun 2019 ia juga menjadi salah satu dari grup akustik Plusonica.

Ikura dan Ayase mendapatkan inspirasi dari cerita yang ditulis pada laman monogatary.com, yang merupakan laman bagi penulis muda untuk membagikan karya mereka. Kemudian setelah salah datu cerita dipilih maka Ayase mulai membedah tema dari cerita, memilahnya menjadi potongan-potongan kecil lalu mengkonstruksikannya ke dalam musik. 

Ikura meneruskan dengan menyerap hasil dari yang Ayase buat dan menambahkan “rasa” didalamnya. Banyak tahap yang dilakukan, masing-masing saling mengisi dan memberikan nyawa pada lagu yang diciptakan. Lalu setelah Ikura dan Ayase selesai membuat lagu, tim lain bekerja untuk memberi warna pada lagu dengan animasi yang khas. Duo tersebut selalu menantikan proses itu karena mereka bahagia saat melihat musik yang mereka buat diinterpretasikan secara visual. 

Viral di TikTok

Tak dapat dipungkiri lagi banyak lagu-lagu viral yang digunakan untuk platform yang satu ini, termasuk yoasobi. Debutnya yang begitu fantastis membuat para tiktokers menggunakan lagu mereka untuk backsound dari video-video unggahannya. Judul lagu yang viral di tiktok adalah Yoru ni Kakeru, lagu ini terinspirasi dari cerita pendek Thanatos no Yuwaku karya Mayo Hasino, dan sampai sekarang lagu ini masih tetap populer.

Baca juga:

Tampil di Indonesia, Ini Jadwal dan Harga Tiket Arctic Monkeys