Home » Tutorial » 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Normal

8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Normal

Bagaimana cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang? Laptop lemot menjadi hal yang paling menyebalkan karena jika sedang mengerjakan pekerjaan kantor maupun tugas bisa menjadi tidak produktif dan waktu yang kurang efisien.

Akhirnya, pekerjaan yang seharusnya tepat waktu menjadi mundur akibat laptop lemot. Tak jarang juga laptop lemot bisa membuat mood Anda menjadi berubah, yang tadinya semangat menjadi malas gara – gara performa laptop yang lambat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Solusi laptop lemot.

Oleh karena itu, jangan biarkan laptop Anda menjadi lemot, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dengan mudah cara mengatasi laptop lemot agar perkerjaan tidak terganggu dan lancar.

Solusi Laptop Lemot

1. Uninstall Aplikasi

Cara Mengatasi Laptop Lemot, uninstall aplikasi
Cara Mengatasi Laptop Lemot, uninstall aplikasi

Pastikan aplikasi yang berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menunjang pekerjaan sehari – hari. Jika ada aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan sebaiknya Anda uninstall agar kapasitas penyimpanan pada Drive C tidak penuh.

Anda bisa uninstall aplikasi dengan cara sebagai berikut, klik Start kemudian pilih menu Setting, setelah itu pilih menu Apps & Features. Cari aplikasi yang tidak terpakai, kemudian klik uninstall.

2. Install Aplikasi Cleaner

Cara paling mudah mengatasi laptop lemot adalah Anda bisa menginstall aplikasi Cleaner. Jika ada file – file sampah atau file – file yang tidak terpakai, aplikasi ini dapat membersihkannya secara otomatis.

Aplikasi Cleaner ini banyak terdapat di Google, ada versi gratis maupun berbayar. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi Cleaner yang bisa Anda coba, seperti Disk Cleanup, CCleaner, Total PC Cleaner, IObit, dan lain lain.

3. Install Antivirus

Pastikan Anda menginstall antivirus di laptop supaya tidak ada sistem atau file yang terinfeksi virus berbahaya yang bisa mengakibatkan laptop Anda menjadi lemot.

Ada banyak sekali rekomendasi antivirus yang bisa kamu install antara lain Avast, AVG, Bitdefender dan lainnya. Tambahkan juga antivirus lapisan kedua atau pendukung yaitu Smadav.

4. Disk Defragment Tools

Disk Defragment Tools, cara mengatasi laptop lemot
Disk Defragment Tools

Anda bisa menggunakan alat yang berada pada Windows, yaitu Defragment and Optimize Drives. Alat ini berfungsi untuk mengetahui file sampah yang menjadi penyebab laptop lemot.

Caranya cukup mudah, Anda ke bagian Control Panel, kemudian pilih System and Security, lalu Administrative Tools. Setelah itu pilih Defragment and Optimize Drives. Kemudian Analyze dan juga optimize file yang berada di penyimpanan C or D.

5. Cek Startup Program

Startup program menjadi salah satu penyebab laptop lemot jika beberapa program berjalan sekaligus saat laptop dihidupkan.

Usahakan selalu mengecek bagian startup program ini dan bila ditemukan program yang membuat laptop lambat, segera matikan program tersebut menggunakan Task Manager.

Caranya, tahan tombol CTRL+ALT+Delete secara barengan, kemudian pilih Task Manager dan pilih tab Startup, kemudian cek di kolom tab tersebut, jika ditemukan program yang memberatkan segera menonaktifkannya (disable).

6. Cek Software

Jangan asal dalam memilih dan menginstall software karena bisa mengakibatkan laptop Anda menjadi lemot. Pilihlah software yang dibutuhkan saja dalam membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas Anda.

Lakukan pengecekan berkala untuk software dengan cara ke bagian Task Manager. Setelah itu matikan software yang tidak terpakai.

7. Tambah Kapasitas RAM

Jika laptop Anda masih tetap lemot, cara jitu lainnya adalah menambah kapasitas RAM. Bagaimanakah menambah kapasitas RAM?

Biasanya pada beberapa merek dan tipe laptop tertentu sudah terdapat sebuah slot RAM yang bisa Anda gunakan untuk menambah kapasitas RAM.

Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi RAM pada laptop sebelum Anda membelinya. Perhatikan juga maksimal kapasitas RAMnya.

Dengan menambah kapasitas RAM, otomatis laptop Anda menjadi lebih lancar karena semakin besar kapasitas RAM sangat mempengaruhi performa laptop tersebut.

8. Cek Sistem Operasi

Hal yang sering diabaikan namun penting adalah lupa mengecek sistem operasi. Update sistem operasi secara rutin agar performa kinerja laptop tetap lancar dan stabil.

Jika ada update sistem operasi biasanya akan muncul notifikasi, atau ketika kamu ingin mematikan laptop terdapat beberapa pilihan untuk mengupdate.

Nah, mulai sekarang tidak usah pusing lagi karena laptop lemot karena sudah ada solusinya. Jika ada saran untuk tutorial dan tips menarik lainnya, Anda bisa memberi masukan pada kolom komentar dibawah.

Leave a Comment