11 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai pusat bisnis dan keuangan, tetapi juga memiliki pesona pariwisata yang menarik. Kota ini menawarkan beragam tempat wisata yang dapat memuaskan berbagai selera pengunjung. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang patut Anda kunjungi yang telah dirangkum oleh tim infodong.id:

Tempat Wisata di Jakarta, Monas.
Tempat wisata di Jakarta, Monas.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

1. Monas (Monumen Nasional)

Monas adalah ikon Jakarta yang tidak bisa dilewatkan. Terletak di pusat kota, monumen setinggi 132 meter ini menjadi simbol kemerdekaan Indonesia. Pengunjung dapat naik ke puncak Monas untuk menikmati pemandangan megah kota Jakarta.

Bagaimana apakah Anda berminat mengunjungi Monas? berikut adalah informasi alamatnya, berlokasi di Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Dan buka di jam 08.00–22.00 WIB.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Merupakan taman tema yang memamerkan keberagaman budaya dan kekayaan alam Indonesia. Setiap paviliun mewakili provinsi di Indonesia, memberikan pengunjung pengalaman mengelilingi negeri ini dalam satu tempat.

Buat Anda yang tertarik ke TMII, berikut alamatnya di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dan buka pada jam 06.00–18.00 WIB.

3. Kepulauan Seribu

Sebagai surga tropis di dekat Jakarta, Kepulauan Seribu menawarkan pantai berpasir putih, air laut jernih, dan kehidupan bawah laut yang memukau. Pulau seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung adalah destinasi populer untuk berlibur. Lokasi terletak di Sebelah utara Jakarta, dan buka pada jam 06.00 WIB

4. Taman Impian Jaya Ancol

Merupakan kompleks wisata terbesar di Jakarta yang menyajikan berbagai atraksi, termasuk Dufan (Dunia Fantasi), SeaWorld, Atlantis Water Adventure, dan Pantai Ancol. Cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman-teman.

Ancol terletak di Jl. Lodan Timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dan buka di jam 06.00–22.00 WIB.

5. Museum Nasional Indonesia

Dikenal juga sebagai Gedung Gajah, museum ini menyimpan koleksi seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Dari prasejarah hingga zaman modern, pengunjung dapat menyaksikan kekayaan sejarah Indonesia di sini.

Alamatnya di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Taman Suropati

Sebagai oase hijau di tengah kota, Taman Suropati menawarkan tempat yang nyaman untuk bersantai. Pohon-pohon rindang, jalan setapak, dan patung-patung seni membuat taman ini menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta yang ingin melepaskan penat.

Alamatnya di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dan buka di jam 06.30–17.00 WIB

7. Kota Tua Jakarta

Menyimpan sejarah kolonial Belanda, Kota Tua Jakarta memiliki arsitektur klasik, museum, dan kafe yang menghadirkan nuansa zaman dulu. Kota ini sangat menarik bagi pecinta sejarah dan fotografi. Kota Tua terletak di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Dan buka di jam 09.00–15.00 WIB.

8. Ragunan Zoo

Merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia, Ragunan Zoo menyajikan berbagai spesies hewan dari berbagai belahan dunia. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak yang dapat belajar sambil bersenang-senang.

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Dan jam buka 07.00–14.00 WIB.

9. Pasar Seni Ancol

Bagi pecinta seni dan kerajinan tangan, Pasar Seni Ancol adalah tempat yang tepat. Anda dapat menemukan berbagai produk seni lokal, mulai dari lukisan hingga kerajinan tangan tradisional. Terletak di Jl. Lodan Timur, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dan buka di jam 10.00–20.00 WIB.

10. Gedung Kesenian Jakarta

Merupakan pusat seni pertunjukan yang menyajikan berbagai acara budaya, seperti pementasan teater, dan seni pertunjukan lainnya. Gedung Kesenian Jakarta memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan seni dan budaya di ibu kota. Beralamat di Jl. Gedung Kesenian No.1, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Buka pada jam 08.00–16.00 WIB.

11. Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Merupakan destinasi untuk pecinta seni kontemporer. Museum ini menampilkan karya seniman Indonesia dan internasional, menciptakan ruang inspiratif bagi pengunjung yang ingin mengapresiasi seni modern.

Museum Macan berlokasi di AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Buka jam 10.00–18.00 WIB.

Nah itulah rekomendasi tempat wisata di Jakarta, dengan berbagai pilihan tempat wisata yang menarik dan beragam, Jakarta menawarkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Jelajahi keindahan kota ini dan nikmati pesonanya yang unik.