Home Pilihan 8 Fakta Menarik Sungai Aare di Swiss, Pemecah Rekor

8 Fakta Menarik Sungai Aare di Swiss, Pemecah Rekor

580

Apa Saja Fakta Menarik Sungai Aare di Swiss?

Sebelum mengulas lebih jauh fakta menarik tentang Sungai Aare, ada baiknya mengetahui ulasan singkat tentang Negara Swiss berikut ini.

Ibukota negara Swiss bernama Bern adalah Negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Selain itu, Swiss merupakan Negara yang memiliki luas tanah sekitar 41.325 km persegi, kira – kira sepertiga dari luas pulau Jawa.

Menariknya, satu – satunya sumber alam yang cukup berlimpah di Swiss ialah air karena kontur pegunungan yang mendominasi geografi Swiss. Untuk itu, terdapat sungai terpanjang di Swiss yang menjadi destinasi wisata utama di Negara Swiss.

Salah satu fakta menarik Sungai Aare di Swiss adalah air dengan kualitas sangat baik.
Salah satu fakta menarik Sungai Aare di Swiss adalah air dengan kualitas sangat baik.

Sungai Aare di Swiss memiliki sejuta pesona keindahan yang menawan sehingga menjadi daya tarik tujuan wisata favorit di dunia yang bisa dikunjungi. Penasaran dengan Sungai Aare Swiss? Berikut ini adalah rangkuman deretan fakta menarik Sungai Aare di Swiss, yuk simak ulasannya.

8 Fakta Menarik Sungai Aare di Swiss

1. Pemecah Rekor Arung Jeram

Pada tahun 2012 lalu, Sungai Aare berhasil memecahkan rekor menakjubkan di dunia untuk arung jeram. Ya, sebanyak 1.268 peserta ikut dalam kegiatan tersebut. Ribuan peserta mengarungi sungai dengan perahu karet dengan rute dari Kiesen menuju Eichholz.

2. Kualitas Air Sangat Baik

Fakta tentang Sungai Aare di Swiss selanjutnya adalah kualitas air. Sungai Aare memiliki kualitas air yang sangat baik hal ini sudah dikonfirmasi melalui uji coba sampel air sungai pada tahun 2016 yang diakui oleh Uni Eropa.

Dirangkum dari berbagai sumber, menariknya apabila Anda haus tidak perlu lagi mencari air minum karena Sungai Aare bisa digunakan untuk minum di lebih dari 100 sumur yang ada di Kota Bern. Bagaimana, sangat menarik bukan?

3. Sungai Terpanjang di Swiss

Sungai Aare termasuk salah satu destinasi wisata favorit di dunia karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan menawan. Selain itu, Sungai Aare merupakan sungai terpanjang di Swiss yang mengalir di area seluas 17.780 kilometer persegi dan panjang 288 kilometer.

Perlu diketahui Sungai Aare ini bermuara di Gletser Aare di Pegunungan Alpen Bernese. Menariknya lagi, Sungai Aare melewati tiga kanton ialah Berb, Solothrun dan Aargau.

4. Warisan UNESCO

Tahukah Anda ternyata berenang di Sungai Aare masuk dalam daftar bagian warisan budaya tak benda Swiss yang ditetapkan oleh UNESCO dan menjadi tradisi hidup sejak tahun 2017 lalu. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri Sungai Aare di mata wisatawan dunia.

5. Tingkat Keamanan

Jangan coba-coba berenang di Sungai Aare jika tidak bisa berenang karena aliran sungai memiliki arus yang cukup kuat. Sebagai catatan penting, Sungai Aare disarankan hanya untuk perenang yang berpengalaman.

6. Kondisi Air dan Suhu

Tak hanya memiliki kualitas sangat baik, air Sungai Aare juga begitu indah berwarna hijau tosca yang jernih dan alami. Di rangkum dari berbagai sumber, suhu Sungai Aare berkisar antara 18 hingga sekitar 24 derajat celcius dan pada Februari suhu terendah tercatat mencapai 5,35 derajat Celcius.

7. Terdapat 17 Jembatan yang Melintasi

Fakta menarik tentang Sungai Aare selanjutnya adalah terdapat 17 jembatan yang melintasi di atasnya. Uniknya, terdapat jembatan tertua yang melintasi Sungai Aare yaitu jembatan Untertorbrucke atau Untertor, jembatan ini sebagai penghubung antara distrik Matte dengan Alltenberg.

8. Sumber Listrik Kereta Gantung

Hal yang paling menarik dari Sungai Aare adalah terdapat kereta kabel. Ya, kereta kabel ini bernama Marzilibahn yang merupakan kereta dengan jarak terpendek di Swiss yaitu panjang 105 meter dengan jalur yang menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat kota Bern.

Sebagai informasi tambahan, kereta ini diluncurkan pada tahun 1885. Saat ini, Sungai Aare yang menjadi sumber listrik dapat menggerakkan kereta gantung hingga ketinggian 31 meter.

Nah, itulah beberapa rangkuman fakta menarik Sungai Aare di Swiss, dari mulai pemecah rekor arung jeram, warisan UNESCO hingga sumber listrik untuk kereta gantung. Semoga ulasan singkat fakta tentang Sungai Aare Swiss bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:

Butuh Konten? Inilah 10 Situs Penyedia Gambar Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here