Home > InfoBola > Betah Banget, 6 Klub Ini Paling Lama Bertahan di Liga Primer Inggris

Betah Banget, 6 Klub Ini Paling Lama Bertahan di Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris masih menjadi pusat perhatian para pencinta sepakbola di seluruh dunia. Kompetisi kasta teratas Tanah Inggris tersebut masuk dalam jajaran lima liga terbaik di dunia, bersama dengan Serie A Italia, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis.

Selain terkenal karena ketatnya kompetisi yang dihadirkan, banyaknya pemain bintang pun menjadi daya tarik para penggemar sepakbola. Banyaknya klub yang mengutamakan pola permainan kick n rush juga menjadi sebuah tontonan yang asyik untuk dinikmati.

Belum lagi keberhasilan Liverpool dalam menjuarai gelar Liga Champions musim 2018/19 secara fantastis. Tentu kita ingat bagaimana mereka bisa melakukan comeback di babak semifinal leg kedua melawan Barcelona di Anfield. Kala itu mereka telah tertinggal 0-3, sebelum akhirnya mampu memenangkan pertandingan dengan agregat 4-3.

Dalam sejarahnya, pengubahan nama Liga Primer Inggris dari Football League First Division terjadi pada musim 1992/93. Sejak perubahan nama tersebut, terdapat 49 klub yang telah mencicipi ketatnya persaingan di Liga Primer Inggris, dan hanya terdapat enam klub yang mampu bertahan hingga musim 2017/18 ini.

Berikut ini adalah beberapa klub terlama yang masih bertahan di Liga Primer Inggris, dan belum pernah terdegradasi.

Everton

Klub asal Merseyside itu telah berada di Liga Primer Inggris sejak musim 1992/93. Rival sekota Liverpool tersebut beberapa kali hampir mengalami degradasi, dengan duduk di posisi 17 klasemen akhir Liga Primer Inggris sebanyak tiga kali. Posisi terbaik The Toffees adalah posisi empat, yang terjadi pada tahun 2004/05.

Tottenham Hotspur

Spurs menjadi salah satu klub asal London yang masih bertahan di Liga Primer Inggris sejak musim 1992/93. Rival sekota Chelsea dan Arsenal itu juga hampir mengalami degradasi dengan duduk di posisi 15 klasemen akhir pada musim 1993/94. Posisi terbaiknya adalah posisi kedua pada musim 2016/17.

Liverpool

Salah satu klub tersukses di Tanah Inggris, Liverpool juga termasuk dalam klub yang sukses bertahan paling lama di Liga Primer Inggris sejak musim 1992/93. The Reds sempat tiga kali duduk di posisi terburuk mereka, yakni posisi delapan. Posisi terbaik yang pernah mereka rasakan adalah posisi kedua, dan itu dirasakan selama tiga kali.

Arsenal

Salah satu klub terhebat yang berhasil menjuarai gelar Liga Primer Inggris dengan tak terkalahkan di musim 2003/04. Sebelumnya, The Gunners sempat merasakan gelar tersebut pada musim 1997/98 dan 2001/02. Posisi terburuk mereka adalah posisi 12 di musim 1992/93.

Chelsea

Semenjak diambil alih oleh Roman Ibrahimovich pada 2004, Chelsea menjelma dari tim papan tengah menjadi tim papan atas di kancah Liga Primer Inggris. Raihan terbaik mereka adalah menjuarai gelar Liga Primer Inggris sebanyak lima kali. Posisi terburuk mereka adalah posisi 14 di musim 1993/94.

Manchester United

Tak diragukan lagi, Manchester United merupakan klub tersukses di Tanah Inggris. Hal tersebut dibuktikan dengan 13 gelar Liga Primer Inggris yang berhasil mereka raih sejak musim 1992/93. Posisi terburuk Setan Merah adalah duduk di posisi tujuh klasemen akhir, pasca ditinggal pensiun oleh Sir Alex Ferguson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *