Home > InfoFilm > 5 Film Seru tentang Jurnalisme, Ada yang dari Kisah Nyata!

5 Film Seru tentang Jurnalisme, Ada yang dari Kisah Nyata!

Poster Film Spotlight. Sumber: Forbes

Profesi jurnalis memang berdekatan dengan berbagai intrik skala besar. Apalagi jurnalisme investigasi yang kerap menguak kasus-kasus penting yang menyangkut kehidupan masyarakat luas.

Beberapa kisah nyata tentang jurnalisme pun sukses diangkat ke layar lebar menjadi tontonan seru dan menegangkan.

Namun ada pula film-film bertema dunia media dan jurnalisme lainnya yang tak kalah seru. Seperti kelima film tentang jurnalisme ini yang tak boleh kamu lewatkan.

All the President’s Men (1976)

Diangkat dari buku berjudul sama, All the President’s Name biasa menjadi rujukan bagi mereka yang tengah belajar jurnalistik. Film ini menyorot skandal Watergate yang waktu itu menyebabkan Richard Nixon mundur sebagai presiden Amerika Serikat.

Thriller politik ini meceritakan Carl Bernstein dan Bob Woodward, dua jurnalis The Washington Post yang menginvestigasi skandal Watergate. Kasus Watergate sendiri adalah serangkaian skandal politik di lingkup kepresidenan AS pada tahun 1970-an.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor Original Netflix Terbaik

The Insider (1999)

Film satu ini juga berdasarkan kisah nyata yang dirangkum dalam artikel di Vanity Fair berjudul “The Man Who Knew Too Much”. Insider merupakan dramatisasi dari segmen acara tv 60 Minutes tentang Jeffrey Wigand, seorang whistleblower atau pengungkap rahasia dalam industri rokok.

Film ini dibintangi oleh aktor-aktor papan atas seperti Al Pacino, Russell Crowe, dan Christopher Plummer. Meski tak sukses di box office, tetapi film garapan Michael Mann ini mendapat tujuh nominasi Oscar.

Zodiac (2007)

Film bergenre thriller misteri ini menampilkan peran koran dalam mengawal kasus pembunuhan berantai yang dilakukan Zodiac Killer. Zodiac sendiri adalah salah satu pembunuh berantai terkenal yang beraksi di San Fransisco pada sekitar tahun 1970-an.

Rentetan aksi menegangkan yang diperankan sangat baik oleh Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, hingga Robert Downey Jr. ini akan membuatmu tak bisa lepas dari layar selama durasinya yang nyaris 3 jam.

Nightcrawler (2014)

Nightcrawler barangkali adalah penggambaran terbaik soal media massa saat ini yang mementingkan sensasi semata. Kamu bisa membayangkan adanya hubungan antara jurnalisme yang tidak memperhatikan kode etik dan keinginan penonton.

Di sini, Jake Gyllenhaal memerankan Louis Bloom, seorang kontributor yang merekam kejadian-kejadian kekerasan di sekitaran Los Angeles. Ia lalu menjual video-video tersebut kepada stasiun televisi berita.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Terbaik yang Bakal Ubah Cara Pandangmu

Spotlight (2015)

Spotlight adalah film jurnalisme yang bertabur bintang, dari Mark Ruffalo hingga Rachel McAdams. Film ini membahas sekelompok jurnalis investigasi The Boston Globe yang disebut Spotlight. Mereka mengungkap kasus kekerasan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastur Katolik di Amerika Serikat.

Film yang digarap dengan sangat apik ini bahkan memenangkan dua penghargaan Oscar sekaligus, yakni untuk Film Terbaik dan Naskah Asli Terbaik, dari total enam nominasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *