Home > InfoBola > 5 Bintang Sepak Bola Dunia yang Pernah Bermain di Posisi Mengejutkan

5 Bintang Sepak Bola Dunia yang Pernah Bermain di Posisi Mengejutkan

Kita mengenal bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua orang pemain yang haus akan gol. Keduanya lihai dalam menggiring bola, pintar dalam menemukan posisi yang tepat untuk dapat mencetak gol.

Hal tersebut tak lepas dari peran penyerang yang telah mereka terapkan sejak bermain di akademi. Namun, tahukah kalian bahwa terdapat beberapa pesepakbola hebat lain yang dulu sempat bermain di posisi berbeda dari yang kini mereka mainkan? Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

David De Gea

Siapa yang tak kenal dengan kiper milik Manchester United satu ini? David De Gea yang juga merupakan kiper Timnas Spanyol ini dikenal akan kelincahannya saat menjaga gawang Manchester United.

Namun tahukah Anda bahwa dulunya, kiper yang juga diincar Real Madrid itu adalah seorang penyerang? De Gea sendiri mengakui bahwa dirinya merupakan penyerang andalan untuk tim juniornya kala itu.

“Sebagai pemain muda, saya adalah pemain lapangan (bukan kiper). Saya dulu penyerang dan mencetak banyak gol, namun akhirnya memilih untuk menjadi seorang kiper. Saya selalu suka mengoper dan mendribel bola di tim junior Spanyol,” tuturnya menjelaskan dikutip dari situs resmi Man United.

Gianluigi Buffon

Kiper lainnya yang juga tangguh di bawah mistar gawang, Gianluigi Buffon, juga sempat merasakan bagaimana jadi seorang gelandang serang atau penyerang. Kiper Juventus itu mengakui dirinya sempat bermain sebagai seorang penyerang dan gelandang serang hingga usianya menginjak 13 tahun.

“Saya terinspirasi N’Kono (kiper legendaris). Saya dulu striker sampai berumur 13 tahun. Suatu hari saya diminta untuk menjadi kiper dan beruntung, saya tampil bagus,” tutur Buffon menjelaskan, dikutip dari 90min.

Semenjak dirinya menjadi kiper hasil didikan akademi Parma, Buffon pun kian terkenal. Kini dirinya telah meraih berbagai juara bersama Juventus maupun Italia, dengan puncaknya meraih Piala Dunia 2006 di Jerman.

Gareth Bale

Gareth Bale dikenal sebagai salah satu penyerang sayap terbaik di Eropa. Namun siapa sangka bahwa dulunya, Bale muda hanyanya diplot sebagai pengganti Assou-Ekotto, bek kiri di Tottenham Hotspur.

Keinginan Bale untuk bermain agresif di sisi sayap pun membuat dirinya kerap maju dan membantu dalam melakukan serangan, serta suka membuat assists di laga-laga krusial. Berkat hal itu, dirinya pun dipindahkan menjadi seorang gelandang sayap oleh Harry Redknapp, yang mana berubah menjadi penyerang sayap seiring waktu.

Steven Gerrard

Legenda Liverpool ini dikenal sebagai seorang gelandang serang saat masih muda. Pria kelahiran Liverpool itu kerap mencetak gol-gol spektakuler dari luar kotak penalti. Namun, pernahkah terpikir di pikiran Anda bahwa Gerrard dulunya merupakan pemain yang berposisi di bek kanan?

Saat berusia 9 tahun, Gerrard yang bermain di akademi Liverpool memulai kariernya sebagai bek kanan. Tapi dirinya dianggap tidak berkembang di posisi tersebut. Hingga pada akhirnya di tahun 1999/00 Gerard Houllier menempatkan Gerrard sebagai gelandang tengah bersama Jamie Redknapp.

Di situ ia pun berkembang menjadi pemain yang mematikan di lini tengah Liverpool. Berbagai gol-gol kerasnya dari luar kotak penalti menjadi tontonan setiap kali Liverpool bermain. Puncaknya adalah membawa The Reds menjuarai Liga Champions di tahun 2005.

Roberto Firmino

Salah satu mesin gol Liverpool dan juga Timnas Brasil, Roberto Firmino, diketahui dulunya sempat bermain sebagai seorang bek tengah. Hal tersebut ia ungkapkan langsung dalam wawancaranya bersama Daily Mail.

“Saya awalnya bermain sebagai seorang bek. Saya menjadi bek tengah, lalu pindah menjadi gelandang. Saya bermain di lini belakang sampai tim U18, jujur saja,” ucapnya kala itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *