Home > InfoBola > 3 Rival Terbesar dalam Skala Tim Nasional Sepakbola

3 Rival Terbesar dalam Skala Tim Nasional Sepakbola

Salah satu kenikmatan yang dapat dinikmati oleh para penggemar sepakbola adalah duel rivalitas klub yang mereka sayangi. Biasanya, dalam pertandingan tersebut kedua klub akan tampil ngotot untuk dapat memenangkan pertandingan, bahkan tidak sedikit pula terdapat kekerasan di atas lapangan.

Namun, rivalitas sepakbola tidak hanya terjadi di level klub saja, tapi juga dalam level timnas. Berikut ini adalah rivalitas terbesar dalam skala level tim nasional.

Jerman dan Italia

Ada yang mengatakan bahwa ketatnya kompetisi akan membawa kesuksesan, dan hal tersebut terbukti nyata dalam persaingan antara Timnas Jerman dan Timnas Italia. Keduanya kini menjadi Timnas asal Eropa tersukses. Terhitung, keduanya berhasil meraih delapan Piala Dunia (masing-masing empat Piala Dunia) serta lima Piala Euro (Jerman empat, Italia satu).

Salah satu pertandingan terbesar yang dilakukan oleh keduanya terjadi pada semifinal Piala Dunia 1970. Pertandingan itu sendiri disebut-sebut sebagai pertandingan terbaik di eranya. Keduanya bermain imbang 1-1 di sepanjang 90 menit, sebelum akhirnya Italia berhasil mememangkan pertandingan tersebut dengan skor 4-3 di perpanjangan waktu.

Italia selalu tampil mendominasi setiap kali bertemu dengan Jerman. Seperti saat final Piala Dunia 1982 yang dimenangkan oleh Italia. Begitu pula dengan semifinal Piala Dunia 2006 dan Euro 2012. Terakhir, Jerman berhasil mengalahkan Italia di babak perempatfinal Euro 2016 melalui adu penalti, setelah hanya mampu bermain imbang 1-1.

Jerman dan Belanda

Salah satu rival terbesar di Eropa, bahkan di dunia. Duel sengit yang terjadi antara Timnas Jerman dengan Timnas Belanda terjadi tak lepas dari satu hal, yakni perang. Baik Jerman di bawah era Partai Nazi dengan Belanda saling baku hantam untuk merebut negara-negara jajahan.

Hal tersebut pun berdampak dalam olahraga sepakbola. Puncaknya adalah di partai final Piala Dunia 1974. Pertandingan berjalan dengan sangat sengit meskipun perang sejatinya telah usai. Dalam laga tersebut, Der Panzer berhasil menyingkirkan Johan Cryuff dkk dengan skor 2-1.

Dalam sejarahnya, keduanya telah bertemu sebanyak 40 kali dengan Jerman berhasil memenangkan 15 laga, sementara Belanda 10 laga dengan sisanya berakhir imbang. Jerman sendiri tidak akan bertemu dengan Belanda di Piala Dunia 2018 lantaran De Oranje gagal lolos dari kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Argentina dan Brasil

Bicara soal rivalitas di level Timnas, maka tak bisa terhindar dari Argentina dan Brasil. Dua negara sepakbola dari Amerika Selatan itu dikenal akan rivalitasnya satu sama lain sejak dahulu kala.

Rivalitas yang terjadi tidak hanya terjadi di atas lapangan saja, namun juga dalam hal melahirkan para pesepakbola terkenal hingga kini. Bila dahulu kita mengenal ada Pele dan Diego Maradona, lalu Ronaldo de Lima-Ronaldinho dan Gabriel Batistuta-Hernan Crespo, kini ada Neymar Jr dan Lionel Messi.

Selain itu, Brasil dan Argentina menjadi dua negara tersukses dalam level internasional. Brasil berhasil menyabet 18 gelar yang terdiri dari Piala Dunia, Piala Konfederasi, Copa America, dan Olimpiade. Sementara Argentina? 19 Gelar.

Hingga kini, Brasil dan Argentina telah bertemu sebanyak 108 kali, dengan Brasil berhasil memenangkan 40 laga, sementara Argentina 38 laga dengan 26 kali imbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *