Home > InfoBola > 3 Didikan Akademi La Masia Barcelona yang ‘Dihancurkan’ oleh Lionel Messi

3 Didikan Akademi La Masia Barcelona yang ‘Dihancurkan’ oleh Lionel Messi

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, dikenal sebagai penghancur lini belakang lawan. Kelihaiannya dalam menggiring bola, teknik serta kecepatannya di atas lapangan kerap membuat lini pertahanan lawan ketar-ketir setiap berhadapan dengannya.

Kapten Timnas Argentina itu juga terkenal akan ketajamannya di lini depan La Blaugrana. La Pulga, julukannya, sempat beberapa kali meraih gelar El Pichichi, pencetak gol terbanyak di La Liga Spanyol. Selain terkenal di Spanyol, Lionel Messi juga menjadi ikon sepak bola di era modern ini.

Disandingkan bersama sang rival abadi, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi memiliki banyak sekali gelar individu maupun tim yang berhasil ia torehkan selama berkarier bersama klub semata wayangnya, Barcelona. Bertahun-tahun pula dirinya dan Ronaldo selalu menjadi yang terbaik pasca Ricardo Kaka meraih Ballon d’Or di tahun 2007, dan sebelum keberhasilan Luka Modric meraih Ballon d’Or di tahun 2018 lalu.

Namun, siapa sangka bila Messi yang dikenal sebagai penghancur lini pertahanan lawan, juga dikenal sebagai ‘penghancur’ lulusan La Masia yang berada satu hingga dua tahun di bawahnya. Ya, banyak lulusan La Masia yang berpotensi bersinar justru meredup karena ketenaran Messi kala itu. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Bojan Krkic

Digadang-gadang akan menjadi rekan duet maut Lionel Messi di Barcelona, Bojan justru terdampar di klub ‘antah berantah’ saat ini, Alaves. Bojan sempat memiliki karier yang cukup gemilan di Barcelona, sebelum memutuskan untuk hijrah ke AS Roma pada tahun 2011. Kembali ke Camp Nou setahun kemudian, dirinya pun tidak dimainkan dan dipinjamkan ke Ajax.

Pada musim panas 2014 lalu dirinya memperkuat salah satu klub Liga Primer Inggris, Stoke City, yang mana kemudian meminjamkannya ke Mainz 05 selama setengah musim di tahun 2017. Bojan yang kini berusia 27 tahun itu kembali ke La Liga Spanyol dengan membela Alaves.

Giovani dos Santos

Salah satu lulusan akademi La Masia yang bertalenta namun terbuang karena kalah saing oleh Lionel Messi adalah Giovani dos Santos. Pemain asal Meksiko itu sejatinya tangguh dan lincah di lini pertahanan lawan, namun masih tak mampu terlepas dari bayang-bayang La Pulga.

Tak ayal, dirinya pun memutuskan untuk hijrah ke Tottenham Hotspur pada Juli 2008, setahun pasca dirinya diangkat ke tim senior dari La Masia. Pemain yang kini berusia 28 tahun itu pun menjadi bintang bersama klub asal Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy.

Cristian Tello

Dibesarkan oleh akademi La Masia, nama Cristian Tello mulai mencuat di telinga para penggemar sepakbola saat dirinya bermain untuk Barcelona. Meskipun masih berada di bawah bayang-bayang Messi, selama dua musim Tello sempat menjadi opsi pengganti yang sempurna di lini depan Barcelona.

Hingga pada akhirnya manajemen pun memutuskan untuk meminjamkan Tello ke beberapa klub, seperti Porto selama dua musim, dan Fiorentina selama satu setengah musim. Kini, pemain berusia 26 tahun itu kembali ke Spanyol dengan membela Real Betis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *